Berita

Berita (9)

Kamis, 30 Agustus 2017 Jurusan Biologi FMIPA UNAND meyelenggarakan kuliah tamu istimewa sebagai salah satu rangkaian kegiatan ulang tahun jurusan yang ke-55. Pada kesempatan ini, Prof. Fumio Hashimoto dari Kagoshima University diundang sebagai keynote speaker. Kegiatan ilmiah yang bertempat di Plaza FMIPA tersebut dihadiri oleh ratusan peserta baik dari kalangan dosen maupun mahasiswa di lingkungan FMIPA UNAND.  

Foto: Prof. Fumio Hashimoto

 

Dalam presentasinya yang berdurasi lebih dari satu jam, Prof. Hashimoto memaparkan dua topik yang berbeda. Pertama tentang identifikasi senyawa aktif yang terdapat pada tumbuhan jahe liar berpotensi biopestisida asal Indonesia Elettariopsis slahmong (Proyek kerjasama dengan peneliti dari Jurusan Biologi FMIPA UNAND, Dr. Nasril Nasir). Menurut lulusan Gradute School of Pharmaceutical Sciences Kyushu University tersebut, diantara senyawa penting yang terkandung dalam jahe E.  slamong adalah 2-nonenal dan 2-nonenoic acid. Kedua substansi ini berpotensi besar untuk disintesis dalam skala industri dan dikembangkan sebagai biopestisida masa depan. Pada topik kedua, Prof. Hashimoto memaparkan tentang riset-riset unggulan yang telah dilakukannya di Department of Agricultural Sciences and Natural Resources, Faculty of Agriculture, Kagoshima University. Sebagai spesialist dibidang Floriculture and Chemistry of Natural Products, Prof. Hashimoto bersama timnya telah mengidentifikasi dan mensintesis ratusan senyawa bioaktif dari berbagai tumbuhan ornamental seperti Camelia (Tsubaki), Delphinium, dan Eustoma. Selain melakukan separasi dan isolasi senyawa aktif antosianin, ilmuwan kelahiran Fukuoka Prefecture ini juga meneliti filogeni tumbuhan Camelia berbasis chemosystematics (berdasarkan pada similaritas senyawa kimia yang terkandung di dalamnya).

 

(Foto: Prof. Fumio Hashimoto bersama staf dosen Jurusan Biologi)

(Foto: Prof. Fumio Hashimoto bersama mahasiswa peserta guest lecture)

 

Even istimewa yang diketuai oleh Prof. Erizal Mukhtar ini berlangsung sangat meriah dimana para peserta terutama dari kalangan mahasiswa begitu antusias mengajukan berbagai pertanyaan dan komentar. Pada akhir acara, para peserta melakukan sesi foto bersama dengan Prof. Hashimoto dan diskusi bebas. Kegiatan seperti ini telah menjadi rutinitas sejak lama di Jurusan Biologi FMIPA UNAND dalam rangka menciptakan atmosfir akademis yang bernuansa world class university. (Kontributor: P. Santoso)

SENIN, 28 AGUSTUS 2017, Jurusan Biologi FMIPA UNAND kedatangan tiga orang peneliti primata dari Ehwa Women University. Kehadiran mereka di kampus Limau Manis dalam rangka memberikan kuliah tamu dengan topik “Javan Gibbon Research and Conservation Project: What Can We Learn From 10 Years of Research Activity.

(Foto: Suasana Kuliah Tamu di Jurusan Biologi)

 

Dalam kgiatan ceramah dan diskusi ilmiah yang dihadiri oleh staf dosen, mahasiswa dan alumni Jurusan Biologi ini dipaparkan progres riset satu dekade terakhir tentang kera endemik ‘Owa Jawa’ (Hylobates moloch) di Gunung Halimun Jawa Barat. Tim Korea bekerja sama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) telah mengkaji berbagai aspek biologi kera Jawa terutama berkenaan dengan social behavior seperti home range, teritorial, dinamika kelompok (interaksi individu dalam dan antar kelompok), demografi, dan aspek-aspek lain terkait strategi kehidupan kera dalam hubungannya dengan sistem kawin mereka yang bersifat monogami.

(Foto: Hylobates moloch atau Owa Jawa)

Disamping menyampaikan hasil temuan mereka, para ahli primata dari negeri gingseng ini juga bermaksud untuk melakukan studi perbandingan terhadap  spesies kera Hylobates agilis yang terdapat di Sumatra termasuk juga di Hutan Penelitian dan Pendidikan Biologi (HPPB) UNAND. Sebagai gambaran, kera H. agilis memperlihatkan vokalisasi yang unik dimana pola vokalisasinya bersifat khas per individu dan vokalisasi anak dipelajari dari induk betinanya. Keunikan tersebut kian menambah ketertarikan para peneliti Korea Selatan. Dr. Rizaldi, pakar primata UNAND yang juga menjadi penanggung jawab utama kegiatan ini, menjelaskan bahwa kedepannya terbuka peluang besar untuk membina kerjasama penelitian antara tim Korea dengan Jurusan Biologi FMIPA UNAND. (Kontributor: PS)

 

Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) Ke-30 Tahun 2017 yang diselenggarakan di Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar sejak tanggal 23 Agustus lalu resmi ditutup pada tanggal 26/8. Pada malam penutupan tersebut, telah diumumkan para pemenang lomba pada kategori presentasi dan poster, yang terbagi ke dalam 7 bidang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), yaitu PKM Penerapan Teknologi (PKM-T), PKM Penelitian bidang sosial humaniora (PKM-PSH), PKM Penelitian bidang eksakta (PKM-PE), PKM Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-M), PKM Karsa Cipta (PKM-KC), PKM Kewirausahaan (PKM-K), dan PKM Gagasan Tertulis (PKM-GT). Masing-masing kategori, baik presentasi maupun poster, terbagi ke dalam 21 kelas penilaian pemenang.

Ucapan Selamat kepada TIM dari Jurusan Biologi FMIPA Unannd yang terdiri dari Clara Sinar Mauli Siboro, Annisa Darmis, Sonia Mardhatillah, dan Diki Lois Fernando dengan Dosen Pembimbing Dr. Jabang Nurdin dengan judul penelitian "PENGARUH PEMBANGUNAN PESISIR PANTAI TERHADAP KEPADATAN DAN DISTRIBUSI Telescopium telescopium DI EKOSISTEM MANGROVE PANTAI MAILEPPET, SIBERUT SELATAN, KEPULAUAN MENTAWAI" yang mendapatkan Medali perunggu untuk Katagori Poster PKM-PE6.

Selamat untuk para pemenang!



Mengajak Guru Melihat Kromosom

(Pelatihan Pengamatan Mitosis dan Meiosis Untuk Guru Biologi SMA Se-Kabupaten Tanah Datar)

 

Kamis, 10 Agustus 2017, Tim Dosen di Laboratorium Riset Genetika dan Biomolekuler Jurusan Biologi FMIPA UNAND menyelenggarakan Pelatihan Observasi Pembelahan Sel untuk guru SMA. Peserta kegiatan adalah anggota Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Biologi Se-Kabupaten Tanah Datar , SUMBAR. Layanan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mempertajam pemahaman guru terhadap ilmu biologi khususnya pembelahan sel (mitosis dan meiosis) melalui observasi langsung di laboratorium.

Para peserta pelatihan dipandu oleh dua orang dosen ahli genetika dan biologi sel yaitu Dr. Dewi Imelda Roesma dan Dr. Djong Hon Tjong.  Selama kegiatan, para peserta diarahkan sedemikian rupa untuk dapat mempraktekan prosedur pembuatan preparat kromosom (salah satunya dari sampel testis belalang Locusta sp.) dan mengidentifikasi fase-fase pembelahan sel dengan mikroskop. Guru-guru peserta kegiatan menyatakan sangat puas karena mendapatkan banyak pemahaman konsep dan kecakapan baru langsung dari pakarnya perihal seluk-beluk pembelahan sel.

Foto: Guru-guru peserta pelatihan bersama Dr. Dewi Imelda Roesma dan Dr. Djong Hon Tjong

Aktivitas layanan seperti ini biasanya diselenggarakan oleh Jurusan Biologi FMIPA UNAND dalam rangka memfasilitasi kebutuhan dari pihak sekolah (SMP dan SMA) di SUMBAR maupun di luar SUMBAR. Selain Lab Genetika dan Biomolekuler, laboratorium-laboratorium lainnya juga sering menyelenggarakan layanan serupa baik praktikum, demo sains ataupun kunjungan lab biasa sesuai dengan topik atau materi yang diminta. Bidang-bidang yang ada antara lain meliputi Ekologi, Taksonomi, Fisiologi, Anatomi, Genetika, Perkembangan dan Mikrobiologi. Beragam kegiatan ilmiah tersebut diharapkan dapat memupuk animo generasi muda terhadap dunia sains khususnya biologi sekaligus memantapkan posisi universitas sebagai surga ilmu pengetahuan bagi masyarakat luas. Pihak sekolah ataupun perhimpunan guru yang berminat dapat menyampaikan permohonan resmi kepada Jurusan Biologi dan selanjutnya akan dipertimbangkan untuk diproses dan dipersiapkan oleh lab-lab tertentu sesuai dengan topik yang dibutuhkan. (Kontributor: PS)

 

Clara Sinar Mauli Siboro

Annisa Darmis

Sonia Mardhatillah

Diki Lois Fernando

Dr. Jabang Nurdin (Pembimbing)

 

PENGARUH PEMBANGUNAN PESISIR PANTAI TERHADAP KEPADATAN DAN DISTRIBUSI Telescopium telescopium DI EKOSISTEM MANGROVE PANTAI MAILEPPET, SIBERUT SELATAN, KEPULAUAN MENTAWAI

 

Telescopium telescopium merupakan salah satu hewan moluska dari kelas gastropoda yang ditemukan di ekosistem mangrove salah satunya Ekosistem mangrove di Siberut Selatan. Ekosistem tersebut  merupakan wilayah yang dilindungi dan telah terjadi kerusakan akibat eksploitasi serta  pembangunan kawasan pesisir pantai seperti pelabuhan, jalan dan permukiman. Untuk itu, telah dilakukan penelitian tentang kepadatan dan distribusi T. telescopium di Pantai Maileppet sejak Januari sampai Mei 2017 untuk upaya konservasi keong bakau teresebut dan mempertahankan salah satu sumber makan masyarakat Mentawai. Pengambilan sampel sebanyak 10 stasiun dengan menggunakan petak kuadrat 1 x 1 m2 dan dilakukan pengukuran faktor lingkungan. Hasil menunjukkan bahwa kepadatan tertinggi terdapat di stasiun 1 yaitu 36,67 ind/m2 dan yang terendah terdapat di stasiun 6 yaitu 0,33 ind/m2. Kepadatan antar stasiun umumnya adalah berbeda nyata. Disribusi T. telescopium adalah mengelompok dan dipengaruhi oleh substrat dan bahan organik substrat. Data yang dihasilkan dapat digunakan sebagai acuan

SEMIRATA BKS -MIPA PTN Wilayah Barat Tahun 2017

Jurusan Biologi FMIPA Unand menugaskan 13 orang staf dosen untuk mengikuti SEMIRATA BKS -MIPA PTN Wilayah Barat yang akan dilaksanakan pada tanggal 12 - 14 Mei 2017 di Ratu Convention Center - Universitas Jambi.

Staf dosen Jurusan biologi tersebut akan menyampaikan makalah sesuai dengan bidang masing masing. Ke 13 staf tersebut antara lain :

Prof. Dahelmi Zuhri Syam, MP
Izmiarti, MS Dr. phil. nat. Periadnadi
Dr. Anthoni Agustien Dr. phil. nat. Nurmiati
Suwirmen, MS Dr. Feskaharny Alamsjah
Dr. Efrizal Dr. Nurainas
Dr. Jabang Nurdin M. Nazri Janra, M.Si. MA
Mildawati, M.Si  

 

 

Kamis, 13 April 2017 13:46

Seminar Nasional BioETI 4 2017

Written by

Daftar dan Ikuti Seminar Nasional Biologi - Biodiversitas dan Ekologi Tropika Indonesia ke-4 (BioETI 4), Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Andalas, 15-17 September 2017

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

"Implemantasi Kajian Biodiversitas Dalam Upaya Pengelolaan Lingkungan dan Ekowisata”

15 s/d 17 September 2017

Convention Hall Universitas Andalas

 

KEYNOTE SPEAKER

Dr. Dirhamsyah, MH

Kepala Pusat Penelitian Oceanografi LIPI

Prof. Motomi Ito

The University of Tokyo, Japan (dalam konfirmasi)

Dr. Dolly Priatna

Yayasan Belantara

Prof. Dr. Syafruddin Ilyas, M. Biomed

Univ. Sumatera Utara

Prof. Dr. Erizal Mukhtar, M.Sc 

Univ. Andalas

Informasi Kegiatan

Penerimaan Abstrak 1 April s/d 15 Agustus 2017

Pengiriman Makalah Lengkap 30 September 2017

Field Trip  17 September 2017

1. Wisata MANDEH

2. Ngarai Sianok, Harau, Kelok Sambilan, Pagaruyung

 

 

  

  

Kamis, 13 April 2017 13:44

Launching Buku Pariwisata Primata Indonesia

Written by

Ditandai dengan penanaman tumbuhan Maskot Sumbar persembahan Lab Fistum Bio di HPPB, dilanjutkan dgn Kuliah Umum dan Launching Buku di Plaza FMIPA, mari bergabung

 

Terimakasih Pimpinan, civitas akademika dan masyarakat, atas segala dukungan dan semangatnya untuk revitalisasi Hutan Pendidikan dan Penelitian Biologi (HPPB) dan Kebun Percobaan Pertanian UNAND. Semangat UNAND untuk Kedjayaan Bangsa