Items filtered by date: Juni 2023
24 Juni 2023 In Berita

Tanggal 23 Juni 2023 Program Studi S1 dan S2 Biologi berhasil mendapatkan pengakuan akreditasi dari ASIIN (Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik), yang merupakan lembaga akreditasi internasional untuk bidang teknik, ilmu komputer, ilmu alam dan matematika. Pengakuan akreditasi pada tingkat internasional tentunya bukan merupakan wujud dari kemampuan menyusun narasi laporan evaluasi diri (borang/SAR), namun sebagai refleksi kinerja sivitas akademik biologi dalam berbagai aspek.

 

20 Juni 2023 In Berita

(Dari kiri kekanan : Prof. Dr. Erizal Mukhtar, Ayu Smarnia Putri, S.Si, Silvana Sukmana, S.Si dan Dr. Wilson Novarino)

Khabar gembira. Dua alumni mhs S1 Biologi Unand berhasil lulus untuk Program S2 di Universitas Shizuoka, Japan. Ayu Smarnia Putri (KBI angkatan 2018) diterima di Interfaculty Graduate School of Mountain Watershed, Shizuka Universty sedangkan Silvana Sukmana (KBI Angkatan 2016) di Departement of Forestry, Faculty of Agriculture, Shizuoka University. Keduanya diterima dan mendapatkan beasiswa dalam The English-based Master’s Degree Course of Asia Bridge Program (ABP) Shizuoka University, Japan. Direncanakan keduanya akan berangkat Bulan September 2023 mendatang. Kedua alumni diatas adalah dibawah bimbingan Prof. Dr. Erizal Mukhtar dalam Bidang Ilmu Ekologi Tumbuhan.

Selanjutnya menurut Prof. Dr. Erizal Mukhtar (Ketua Prodi Pasca Sarjana Biologi) Departemen Biologi telah lama melakukan kerjasama dengan Prof. Mizunaga (Shizuoka University) dan juga sejak 5 tahun yang lalu telah mengundang mahasiswa S2 Biologi untuk mengikuti Sakura Science Program di Universitas Shizuoka. Dalam tahun ini salah seorang mahasiswa S2 Biologi Thoriq Alfath Febriamansyah juga diundang untuk mengikuti Program tersebut dan direncanakan akan berangkat Bulan September 2023 ini bersama dengan mahasiswa S2 dari ITB, UGM, IPB, UPM, Kasetsat University dan Vietnam National Forestry University. Menurut Dr. Wilson Novarino, Ketua Departemen Biologi mengharapkan keberhasilan mereka akan memotivasi mahasiswa S1 Biologi terutama Klas KBI dan juga mahsiswa Pasca Biologi agar dapat melanjutnya studinya di berbagai universitas di Luar Negeri.

Thoriq Alfath Febriamansyah

12 Juni 2023 In Berita

Tiga mahasiswa Departemen Biologi Universitas Andalas lolos seleksi Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ONMIPA-PT) di tingkat wilayah dan siap untuk bersaing di kompetisi nasional yang akan dihelat Institut Teknologi Bandung pada tanggal 13-17 Juni mendatang.

Aldi Tamara Rahman, Riris Srikandi Mahardika dan Aulia Rahmi merupakan perwakilan Universitas Andalas untuk mengikuti ONMIPA-PT bidang Biologi di tingkat nasional setelah melaju dari seleksi perguruan tinggi dan wilayah. Tiga mahasiswa biologi ini siap untuk bersaing dengan perwakilan dari perguruan tinggi lainnya dari seluruh Indonesia.

Persiapan yang matang dilakukan oleh tim pelatih dari Departemen Biologi FMIPA UNAND untuk melatih dan memotivasi para mahasiswanya dalam menghadapi kompetisi olimpiade tingkat nasional ini. Departemen Biologi mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kesiapan mahasiswa biologi termasuk para pelatih. Berikut Departemen juga berharap keikutsertaan dan prestasi Mahasiswa biologi di ONMIPA nanti dapat mengharumkan nama Universitas Andalas.

Sebagaimana yang telah kita ketahui ONMIPA-PT adalah event tahunan yang dilaksanakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbud Republik Indonesia. Kegiatan ONMIPA-PT ini merupakan salah satu kegiatan ajang talenta jenjang pendidikan tinggi yang bertujuan untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi mahasiswa dibidang Matematika dan IPA (Kimia, Fisika dan Biologi). Even ini dihelat dari seleksi perguruan tinggi, seleksi wilayah dan kompetisi nasional.

 

Lampiran Pengumuman >> klik disini