Departemen Biologi FMIPA UNAND melakukan sosialisasi dan menyelenggarakan praktikum sederhana serta pengenalan alternatif usaha berbasis tumbuhan bagi siswa SMAN 4 Sijunjung

Departemen Biologi FMIPA UNAND menggelar program pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk memberikan pemahaman ilmiah kepada siswa SMA berbasis tumbuhan di SMAN 4 Sijunjung. Kegiatan yang berlangsung di Laboratorium IPA SMAN 4 Sijunjung pada hari Sabtu, 21 Oktober 2023, ini mengusung tema "Praktikum Sederhana Isolasi DNA Tumbuhan dan Pengenalan Terrafor untuk Alternatif Usaha Kreatif."

Peserta kegiatan, yang terdiri dari siswa IPA SMAN 4 Sijunjung, dibersamai oleh dua narasumber ahli dari Departemen Biologi FMIPA UNAND, yakni Dr. Rita Maliza dan Dr. M. Idris, dalam menjalani praktikum sederhana mengenai isolasi DNA tumbuhan. Kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman dasar mengenai teknik isolasi DNA, suatu langkah awal yang penting dalam pemahaman ilmiah di bidang biologi. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan pengenalan terrafor, yang merupakan alternatif usaha kreatif berbasis tumbuhan yang bisa dikembangkan oleh siswa SMA. Kegiatan ini juga bisa memacu minat siswa dalam berwirausaha dengan memanfaatkan tumbuhan.

Selain praktikum, acara ini juga mencakup sosialisasi tentang Departemen Biologi FMIPA UNAND. Dr. Wilson Novarino selaku kepala departemen, menjadi narasumber yang menjelaskan beragam program dan potensi yang bisa dijelajahi oleh siswa dalam bidang biologi di Universitas. Ini menjadi kesempatan bagi siswa untuk mengenal lebih dekat dunia akademik dan peluang yang tersedia di Departemen Biologi UNAND.

Kegiatan ini menjadi bentuk nyata dari upaya Departemen Biologi FMIPA UNAND dalam memperluas pengetahuan dan kreativitas siswa SMA di Sijunjung. Dengan memberikan pemahaman ilmiah dan alternatif usaha kreatif berbasis tumbuhan, diharapkan siswa bisa mengembangkan minat dan bakat mereka dalam dunia biologi serta berkontribusi pada pengembangan masyarakat di masa depan.

Read 526 times Last modified on Rabu, 25 Oktober 2023 15:12