PROFIL & KURIKULUM PROGRAM STUDI MAGISTER BIOLOGI (S2)
I. PROFIL LULUSAN
Profil lulusan Program Studi Magister Biologi Fakultas MIPA Universitas Andalas adalah sebagai berikut :
- Memiliki kemampuan dalam meneliti aspek pengembangan dan konservasi biodiversitas tropis pada instansi baik di pemerintahan maupun non-pemerintahan.
- Memiliki kemampuan dalam melayani konsultasi lingkungan pada berbagai lembaga swadaya masyarakat (NGO), perusahaan Amdal dan berbagai perusaaan yang memerlukan analisis dan audit lingkungan.
- Memiliki kemampuan dalam kurasi hayati tropis baik pada biota terestrial maupun
II. CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi Magister Biologi adalah sebagai berikut:
- Menginternalisasikan nilai-nilai inti (core values) sebagai dasar untuk bersikap terpuji dan memiliki soft skills baik intrapersonal maupun interpersonal, kejujuran akademik, berpikiran terbuka, tangguh dan kepedulian penyelamatan biodiversitas.
- Mendalami dan menemukan state of the art teori biologi, mencakup tingkat kajian molekuler, pertumbuhan, biosistematik, ekologi dan mikrobiologi.
- Menguasai prinsip dan konsep pengukuran berbasis pada state of the art dengan menggunakan hardware dan software untuk analisis dan sintesis molekuler, pertumbuhan dan perkembangan, biosistematik, dan ekologi
- Terampil mengidentifikasi dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan keanekaragaman hayati tropis melalui pendekatan induksi dan deduksi.
- Terampil mengasesmen dan menganalisis lingkungan untuk konservasi dan rekayasa lingkungan.
- Mampu menyebarluaskan hasil penelitian keanekaragaman hayati tropis baik pada skala nasional maupun internasional.
III. STRUKTUR KURIKULUM PROGRAM STUDI BIOLOGI PROGRAM MAGISTER
3.1. Jalur Perkuliahan
Berdasarkan kelompok bahan kajian maka struktur kurikukum Program Studi Magister Biologi, Jalur Perkuliahan terdiri dari mata kuliah wajib dengan bobot 20 sks, mata kuliah pilihan dengan bobot 8 sks, dan tugas akhir 14 sks, dengan rincian sebagai berikut:
No. |
Mata Kuliah |
Nama mata kuliah |
Bobot SKS |
Persentase (%) |
I |
Mata Kuliah Wajib |
|
20 |
47,62 |
A. Inti Biologi (Body of knowledge) |
|
8 |
|
|
Biologi Molekuler |
2 |
|
||
Ekologi dan Konservasi Ekosistem |
2 |
|
||
Fisiologi |
2 |
|
||
Biosistematika dan Evolusi |
2 |
|
||
B. Pendukung (Uniqueness) |
|
2 |
|
|
Biodiversitas Tropika |
2 |
|
||
C. Pelengkap (Complementary) |
|
6 |
|
|
Biostatistika |
2 |
|
||
Metodologi Penelitian |
2 |
|
||
Penulisan Artikel Ilmiah Internasional |
2 |
|
||
D. Wajib Pemusatan |
|
4 |
|
|
Mata Kuliah 1 Pemusatan |
2 |
|
||
Mata Kuliah 2 Pemusatan |
2 |
|
||
II |
Tugas Akhir |
|
14 |
33,33 |
Seminar Proposal |
1 |
|
||
Seminar Hasil |
1 |
|
||
Seminar International |
3 |
|
||
Publikasi International |
3 |
|
||
Tesis |
6 |
|
||
III |
Mata Kuliah Pilihan |
|
8 |
|
Pilihan 1 |
2 |
19,05 |
||
Pilihan 2 |
2 |
|
||
Pilihan 3 |
2 |
|
||
Pilihan 4 |
2 |
|
||
Jumlah |
42 |
100 |
Program Studi Magister Biologi FMIPA UNAND mempunyai lima pemusatan, yaitu
- Ekologi dan Konservasi Ekosistem
- Genetika dan Molekuler
- Fisiologi
- Biosistematika dan Evolusi
- Mikrobiologi
Sebaran mata kuliah program studi biologi program magister Jalur Perkuliahan per semester seperti tabel berikut;
Kode Mata Kuliah |
Nama Mata Kuliah |
SKS |
Semester 1 |
|
|
BIO81101 |
Biologi Molekuler |
2 |
BIO81102 |
Ekologi dan Konservasi Ekosistem |
2 |
BIO81103 |
Fisiologi |
2 |
BIO81104 |
Biosistematika dan Evolusi |
2 |
BIO81105 |
Biodiversitas Tropika |
2 |
BIO81106 |
Biostatistika |
2 |
|
Jumlah SKS |
12 |
Semester 2 |
|
|
BIO xxxx |
MK I pada Pemusatan |
2 |
BIO xxxx |
MK II pada Pemusatan |
2 |
BIO82101 |
Metodologi Penelitian |
2 |
BIO xxxx |
Pilihan 1 |
2 |
BIO xxxx |
Pilihan 2 |
2 |
BIO xxxx |
Pilihan 3 |
2 |
|
Jumlah SKS |
12 |
Semester 3 |
|
|
BIO xxxx |
Pilihan 4 |
2 |
BIO81107 |
Penulisan Artikel Ilmiah Internasional |
2 |
BIO80101 |
Seminar Proposal |
1 |
BIO80105 |
Seminar Internasional |
3 |
BIO80108 |
Publikasi Internasional |
3 |
|
Jumlah SKS |
11 |
Semester 4 |
|
|
BIO80102 |
Tesis |
6 |
BIO80103 |
Seminar Hasil |
1 |
|
Jumlah SKS |
7 |
|
Total |
42 |
Daftar mata kuliah wajib pemusatan dan pilihan per pemusatan
No. |
Kode |
Mata Kuliah |
Beban SKS |
|
I Pemusatan Ekologi dan Konservasi |
|
|||
A |
Wajib Pemusatan |
|
4 |
|
1 |
BIO82201 |
Ekologi Komunitas |
2 |
|
2 |
BIO82202 |
Ekologi Populasi |
2 |
|
B |
Pilihan |
|
8 |
|
1 |
BIO80201 |
Ekologi Lansekap |
2 |
|
2 |
BIO80202 |
Ekologi Rekayasa |
2 |
|
3 |
BIO80203 |
Ekologi Tingkah Laku |
2 |
|
4 |
BIO80204 |
Ekologi Perairan Tropik |
2 |
|
Jumlah sks |
12 |
|
||
II Pemusatan Genetika dan Molekuler |
||||
A |
Wajib Pemusatan |
|
4 |
|
1 |
BIO82203 |
Ekologi Genetik |
2 |
|
2 |
BIO82204 |
Genomik dan Proteomik |
2 |
|
B |
Pilihan |
|
8 |
|
1 |
BIO80205 |
Konservasi Genetik |
2 |
|
2 |
BIO80206 |
Rekayasa Genetik |
2 |
|
3 |
BIO80207 |
Pensinyalan Sel (Sel signaling) |
2 |
|
4 |
BIO80208 |
Molekuler diagnostik |
2 |
|
Jumlah sks |
12 |
|
||
III Pemusatan Fisiologi |
|
|||
A |
Wajib Pemusatan |
|
4 |
|
1 |
BIO82205 |
Fisiologi Lanjut |
2 |
|
2 |
BIO82206 |
Fisiologi Terapan |
2 |
|
B |
Pilihan |
|
8 |
|
1 |
BIO80209 |
Kultur Jaringan Lanjut |
3 |
|
2 |
BIO80210 |
Bioregulasi |
3 |
|
3 |
BIO80211 |
Fotoreseptor |
3 |
|
4 |
BIO80212 |
Pengembangan Nutrisi dan Biopestisida |
3 |
|
Jumlah sks |
12 |
|
||
IV Pemusatan Biosistematika dan Evolusi |
|
|
||
A |
Wajib Pemusatan |
|
4 |
|
1 |
BIO82207 |
Filogenetik Molekuler |
2 |
|
2 |
BIO82208 |
Spesiasi |
2 |
|
|
|
|
|
|
B |
Pilihan |
|
8 |
|
1 |
BIO80213 |
DNA barcoding untuk autentifikasi |
2 |
|
2 |
BIO80214 |
Co-Evolusi Spesies |
2 |
|
3 |
BIO80215 |
Island Biogeografi |
|
|
4 |
BIO80216 |
Analisis Taksa |
2 |
|
Jumlah sks |
12 |
|
||
V Pemusatan Mikrobiologi |
|
|
||
A |
Wajib Pemusatan |
|
4 |
|
1 |
BIO82209 |
Bioprospeksi Mikroba |
2 |
|
2 |
BIO82210 |
Fisiologi Mikroba |
2 |
|
B |
Pilihan |
|
8 |
|
1 |
BIO80217 |
Biofermentasi |
2 |
|
2 |
BIO80218 |
Biokonversi |
2 |
|
3 |
BIO80219 |
Probiotik |
2 |
|
4 |
BIO80220 |
Mikroba dan Host |
2 |
|
Jumlah SKS |
12 |
|
3.2. Jalur Penelitian
Berdasarkan kelompok bahan kajian maka struktur kurikukum Program Studi Magister Biologi, Jalur Penelitian terdiri dari mata kuliah wajib dengan bobot 12 sks, mata kuliah tugas khusus dengan bobot 4 sks, dan tugas akhir 22 sks, dengan rincian sebagai berikut:
No. |
Mata Kuliah |
Nama mata kuliah |
Bobot SKS |
Persentase (%) |
I |
Mata Kuliah Wajib |
|
12 |
31,58 |
A. Inti Biologi (Body of knowledge) |
|
2 |
|
|
Biologi Molekuler |
2 |
|
||
B. Pendukung (Uniqueness) |
|
2 |
|
|
Biodiversitas Tropika |
2 |
|
||
C. Pelengkap (Complementary) |
|
6 |
|
|
Metodologi Penelitian |
2 |
|
||
Penulisan Artikel Ilmiah Internasional |
2 |
|
||
Publikasi Artikel Review |
2 |
|
||
D. Wajib Pemusatan |
|
2 |
|
|
Mata Kuliah Pemusatan |
2 |
|
||
II |
Tugas Akhir |
|
22 |
57,89 |
Seminar Proposal |
1 |
|
||
Penelitian dan Laporan Tahap I |
4 |
|
||
Penelitian dan Laporan Tahap II |
4 |
|
||
Seminar Hasil |
1 |
|
||
Seminar Ilmiah International |
3 |
|
||
Publikasi International |
3 |
|
||
Tesis |
6 |
|
||
III |
Mata Kuliah Tugas Khusus |
|
4 |
10,53 |
Tugas Khusus I |
2 |
|
||
Tugas Khusus II |
2 |
|
||
Jumlah |
42 |
100 |
Sebaran mata kuliah program studi biologi program magister Jalur Penelitian per semester seperti tabel berikut;
Kode Mata Kuliah |
Mata Kuliah |
SKS |
Semester 1 |
|
|
BIO81101 |
Biologi Molekuler |
2 |
BIO81105 |
Biodiversitas Tropika |
2 |
BIO82101 |
Metodologi Penelitian |
2 |
BIO xxxx |
MK Pemusatan * |
2 |
BIO81108 |
Tugas Khusus I** |
3 |
BIO81109 |
Tugas Khusus II** |
3 |
|
Jumlah SKS |
14 |
Semester 2 |
|
|
BIO80101 |
Seminar Proposal |
1 |
BIO81107 |
Penulisan Artikel Ilmiah Internasional |
2 |
BIO80104 |
Publikasi Artikel Review |
2 |
BIO80105 |
Penelitian dan Laporan Tahap 1 |
4 |
BIO80107 |
Seminar Ilmiah Internasional |
3 |
|
Jumlah SKS |
12 |
Semester 3 |
|
|
BIO80108 |
Penelitian dan Laporan Tahap II |
4 |
BIO80110 |
Publikasi Ilmiah Internasional terindeks |
3 |
BIO80103 |
Seminar Hasil |
1 |
BIO80111 |
Thesis |
6 |
|
Jumlah SKS |
14 |
|
|
42 |
Note: * mata kuliah pemusatan wajib dipilih satu sesuai dengan pemusatan penelitian.
** Studi independent terarah merupakan kajian pendalaman yang spesifik sesuai dengan pendekatan teori dan/atau empirik yang ditetapkan oleh pembimbing.
IV. METODE PEMBELAJARAN
a.Jalur Perkuliahan
Metode pembelajaran yang digunakan adalah pola tutorial, cooperative learning, case method dan project-based learning, problem-based learning, self-directed learning dan discovery learning. Tabel di bawah ini memperlihatkan mata kuliah wajib menggunakan cooperative learning dan mata kuliah pemusatan gabungan cooperative learning dan problem based learning. Pada mata kuliah pelengkap menggunakan tutorial. Pada mata kuliah pilihan juga sebagian menggabungkan cooperative learning, case method dan problem based learning. Tugas akhir menggunakan metode problem based learning, self-directed learning dan discovery learning.
Tabel Metode pembelajaran pada masing-masing mata kuliah
Mata Kuliah |
Tutorial |
Cooperative learning |
Case study |
Project based learning |
Problem based learning |
Self-Directed learning |
Discovery learning |
Biologi Molekuler |
|
√ |
|
|
|
|
|
Ekologi dan Konservasi Ekosistem |
|
√ |
|
|
|
|
|
Fisiologi |
|
√ |
|
|
|
|
|
Biosistematika dan Evolusi |
|
√ |
|
|
|
|
|
Biodiversitas Tropika |
|
√ |
|
|
|
|
|
Ekologi Genetik |
|
√ |
|
|
|
|
|
Genomik dan Proteomik |
|
√ |
|
|
|
|
|
Fisiologi Lanjut |
|
√ |
|
|
|
|
|
Fisiologi Terapan |
|
√ |
|
|
|
|
|
Filogenetik Molekuler |
|
√ |
|
|
|
|
|
Spesiasi |
|
√ |
|
|
|
|
|
Ekologi Komunitas |
|
√ |
|
|
|
|
|
Ekologi Populasi |
|
√ |
|
|
|
|
|
Fisiologi Mikroba |
|
√ |
|
|
|
|
|
Bioprospeksi Mikroba |
|
√ |
|
|
|
|
|
Biostatistika |
√ |
|
|
|
|
|
|
Metodologi Penelitian |
√ |
|
|
|
|
|
|
Penulisan Artikel Ilmiah Internasional |
√ |
|
|
|
|
|
|
Konservasi Genetik |
|
√ |
|
|
√ |
|
|
Rekayasa Genetik |
|
√ |
|
|
|
|
|
Pensinyalan Sel (Sel signaling) |
|
√ |
|
|
|
|
|
Molekuler Diagnostic |
|
√ |
|
|
√ |
|
|
Kultur Jaringan Lanjut |
|
√ |
|
|
√ |
|
|
Bioregulasi |
|
√ |
|
|
|
|
|
Fotoreseptor |
|
√ |
|
|
|
|
|
Pengembangan Nutrisi dan Biopestisida |
|
√ |
|
|
√ |
|
|
Ekologi Lanskap |
|
√ |
√ |
|
|
|
|
Ekologi Restorasi |
|
√ |
√ |
|
√ |
|
|
Ekologi Tingkah Laku |
|
√ |
√ |
|
√ |
|
|
Ekologi Perairan Tropik |
|
√ |
√ |
|
√ |
|
|
DNA barcoding untuk autentifikasi |
|
√ |
|
|
√ |
|
|
Co-Evolusi Spesies |
|
√ |
|
|
√ |
|
|
Island Biogeografi |
|
√ |
|
|
√ |
|
|
Analisis Taksa |
|
√ |
√ |
|
√ |
|
|
Biofermentasi |
|
√ |
√ |
|
|
|
|
Biokonversi |
|
√ |
√ |
|
|
|
|
Probiotik |
|
√ |
√ |
|
|
|
|
Mikroba dan Host |
|
√ |
√ |
|
|
|
|
Seminar Proposal |
|
|
|
|
√ |
√ |
√ |
Seminar Hasil |
|
|
|
|
√ |
√ |
√ |
Tesis |
|
|
|
|
√ |
√ |
√ |
b.Jalur Penelitian
Metode pembelajaran yang digunakan adalah pola tutorial, cooperative learning, case method dan project-based learning, problem-based learning, self-directed learning dan discovery learning. Tabel di bawah ini memperlihatkan mata kuliah wajib menggunakan cooperative learning dan mata kuliah pemusatan gabungan cooperative learning dan problem based learning. Pada mata kuliah pelengkap menggunakan tutorial. Pada mata kuliah pilihan juga sebagian menggabungkan cooperative learning, case method dan problem based learning. Tugas akhir menggunakan metode problem based learning, self-directed learning dan discovery learning.
Tabel Metode pembelajaran pada masing-masing mata kuliah
Mata Kuliah |
Tutorial |
Cooperative learning |
Case study |
Project based learning |
Problem based learning |
Self-Directed learning |
Discovery learning |
Biologi Molekuler |
|
√ |
|
|
|
|
|
MK Pemusatan |
|
√ |
|
|
|
|
|
Metodologi Penelitian |
√ |
|
|
|
|
|
|
Penulisan Artikel Ilmiah Internasional |
√ |
|
|
|
|
|
|
MK Pilihan |
|
√ |
|
|
√ |
|
|
Seminar Proposal |
|
|
|
|
√ |
√ |
√ |
Penelitian dan Laporan Tahap 1 |
|
|
|
|
|
√ |
|
Penelitian dan Laporan Tahap 2 |
|
|
|
|
|
√ |
|
Publikasi International |
|
|
|
|
|
√ |
|
Seminar Hasil |
|
|
|
|
√ |
√ |
√ |
Tesis |
|
|
|
|
√ |
√ |
√ |
V. ASESMEN PEMBELAJARAN
Pengukuran ketercapaian Learning Outcome (LO), perlu dilakukan asesmen pembelajaran yang mencakup domain kognitif, psikomotorik dan afektif, dengan rincian sebagai berikut:
- Asesmen LO kognitif dilakukan secara measurable dengan teknik tes tertulis dan wawancara dalam bentuk kuis, ujian tengah semester (UTS) dan ujian akhir semester (UAS).
- Asesmen LO psikomotorik dilakukan secara measurable dengan teknik tes unjuk kerja (work performance skills).
- Asesmen afektif untuk generic skills dilakukan secara measurable dengan teknik partisipasi, sedangkan untuk sikap attitude dan core value dilakukan dengan teknik observation. Kedua assessment tersebut menggunakan rubrik.
SK KURIKULUM PROGRAM STUDI MAGISTER (S2) BIOLOGI -->> DOWNLOAD