Kerjasama Pengabdian Masyarakat antara Jurusan Biologi UNAND dengan SITH ITB di Kepulauan Mentawai

Kebijakan Kampus Merdeka yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia membuka peluang besar untuk dilakukan kerjasama di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi di Indonesia. Kesempatan tersebut kemudian dimanfaatkan oleh Jurusan Biologi FMIPA UNAND untuk melanjutkan kerjasama yang telah terjalin sebelumnya dengan SITH ITB.

Tahun 2019 Jurusan Biologi dan SITH ITB telah melakukan rapid assesment Keanekaragaman Hayati dan melakukan Pengabdian Masyarakat di Pulau Siberut Kepulauan Mentawai. Lalu pada hari Selasa, 29 Desember 2020 Jurusan Biologi melakukan diskusi terkait kelanjutan pengabdian masyarakat di pulau Siberut tersebut.



Diskusi dilaksanakan secara daring menggunakan platform Zoom Meetings yang dihadiri oleh Wakil Rektor I Universitas Andalas, Ketua LPPM UNAND, Ketua LPPM ITB, Dekan SITH ITB, Ketua Jurusan Biologi dan Dosen Jurusan Biologi dan SITH ITB. Diskusi ini dimoderatori oleh Dr. Nurainas.

Peserta Diskusi sepakat bahwa pulau Siberut mempunyai potensi yang besar untuk diekplorasi dari segi keanekaragaman hayati dan pemberdayaan masyarakat. Pulau Siberut mempunyai aspek-aspek budaya yang sangat khas, sehingga merupakan potensi yang besar untuk terus dikembangkan oleh perguruan tinggi. Kersama antar perguruan tinggi khususnya di bidang pengabdian masyarakat merupakan harapan yang besar dalam memanfaatkan lebih baik lagi sumberdaya yang ada di daerah-daerah kepulauan, seperti Kepulauan Mentawai.

Diskusi ditutup dengan kesepahaman antara LPPM UNAND dan LPPM ITB untuk menggali lagi kerjasama antar perguruan tinggi yang lebih detail di bidang pengabdian masyarakat.

Read 730 times Last modified on Selasa, 27 September 2022 11:02