Memupuk Animo Sains Remaja Melalui Aktivitas Observasi Lab

REMAJA adalah pilar bangsa dimasa depan yang mutlak harus dijamin kualitas dan kapabilitas keilmuwannya. Oleh sebab itu, Jurusan Biologi FMIPA UNAND secara proaktif melakukan kegiatan-kegiatan edukatif yang bertujuan untuk membangun animo remaja terhadap sains terutama BIOLOGI melalui program pengabdian masyarakat. Salah satu kegiatan yang telah dilakukan adalah pelatihan observasi langsung bidang Fisiologi Hewan dan Struktur Perkembangan Hewan yang diikuti oleh siswa-siswi SMA 15 Padang, SUMBAR. Program ini mendapat dukungan finansial dari anggaran DIPA UNAND tahun 2017.

Pada Tanggal 15 November 2017 lalu, sebanyak 20 orang siswa termasuk guru pembimbing secara aktif mengikuti kegiatan observasi di Lab Teaching II Jurusan Biologi. Materi-materi observasi yang dilakukan adalah pembuatan preparat mikroskopis apusan darah katak dengan pewarnaan giemsa, isolasi dan observasi sperma dari testis dan ductus epididimis katak, bedah dan observasi anatomi mencit putih dan kodok serta tes golongan darah sistem ABO.

Pelaksana kegiatan ini terdiri atas tim Fisiologi Hewan yaitu Dr. Resti Rahayu (Kepala Lab Fisiologi Hewan), Dr. Putra Santoso (Ketua Pelaksana Kegiatan), dan Dr. Efrizal serta M. Syukri Fadil, M.Si. dan tim Struktur Perkembangan Hewan yaitu Dr. Warnety Munir dan Kurniadi Ilham, M.Si. Selain itu, juga dibantu oleh analis Lab dan para mahasiswa S1 dan S2.

Sebagai bentuk diseminasi program, kegiatan ini telah dipresentasikan pada Konferensi Nasional Klaster dan Hilirisasi Riset Berkelanjutan III Universitas Andalas Tanggal 24 November 2017. Selain itu, materi kegiatan yang disampaikan kepada siswa peserta kegiatan telah disusun menjadi Modul Praktis Observasi Lab Biologi Untuk Siswa SMA yang didistribusikan secara online di https://www.slideshare.net/secret/ChxRiOD7B7VNGG. Kegiatan edukatif seperti ini  diharapkan dapat berlangsung secara rutin dan melibatkan sekolah-sekolah di berbagai daerah (Kontributor: P.Santoso).

Read 291 times Last modified on Minggu, 17 Desember 2017 09:15