Pelatihan Pengamatan Mitosis dan Meiosis Untuk Guru Biologi SMA Se-Kabupaten Tanah Datar

Mengajak Guru Melihat Kromosom

(Pelatihan Pengamatan Mitosis dan Meiosis Untuk Guru Biologi SMA Se-Kabupaten Tanah Datar)

 

Kamis, 10 Agustus 2017, Tim Dosen di Laboratorium Riset Genetika dan Biomolekuler Jurusan Biologi FMIPA UNAND menyelenggarakan Pelatihan Observasi Pembelahan Sel untuk guru SMA. Peserta kegiatan adalah anggota Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Biologi Se-Kabupaten Tanah Datar , SUMBAR. Layanan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mempertajam pemahaman guru terhadap ilmu biologi khususnya pembelahan sel (mitosis dan meiosis) melalui observasi langsung di laboratorium.

Para peserta pelatihan dipandu oleh dua orang dosen ahli genetika dan biologi sel yaitu Dr. Dewi Imelda Roesma dan Dr. Djong Hon Tjong.  Selama kegiatan, para peserta diarahkan sedemikian rupa untuk dapat mempraktekan prosedur pembuatan preparat kromosom (salah satunya dari sampel testis belalang Locusta sp.) dan mengidentifikasi fase-fase pembelahan sel dengan mikroskop. Guru-guru peserta kegiatan menyatakan sangat puas karena mendapatkan banyak pemahaman konsep dan kecakapan baru langsung dari pakarnya perihal seluk-beluk pembelahan sel.

Foto: Guru-guru peserta pelatihan bersama Dr. Dewi Imelda Roesma dan Dr. Djong Hon Tjong

Aktivitas layanan seperti ini biasanya diselenggarakan oleh Jurusan Biologi FMIPA UNAND dalam rangka memfasilitasi kebutuhan dari pihak sekolah (SMP dan SMA) di SUMBAR maupun di luar SUMBAR. Selain Lab Genetika dan Biomolekuler, laboratorium-laboratorium lainnya juga sering menyelenggarakan layanan serupa baik praktikum, demo sains ataupun kunjungan lab biasa sesuai dengan topik atau materi yang diminta. Bidang-bidang yang ada antara lain meliputi Ekologi, Taksonomi, Fisiologi, Anatomi, Genetika, Perkembangan dan Mikrobiologi. Beragam kegiatan ilmiah tersebut diharapkan dapat memupuk animo generasi muda terhadap dunia sains khususnya biologi sekaligus memantapkan posisi universitas sebagai surga ilmu pengetahuan bagi masyarakat luas. Pihak sekolah ataupun perhimpunan guru yang berminat dapat menyampaikan permohonan resmi kepada Jurusan Biologi dan selanjutnya akan dipertimbangkan untuk diproses dan dipersiapkan oleh lab-lab tertentu sesuai dengan topik yang dibutuhkan. (Kontributor: PS)

 

Read 215 times Last modified on Senin, 21 Agustus 2017 13:20