Pemberdayaan Masyarakat Lingkungan Sekitar Kampus Unand Tentang Budidaya Tanaman Anggrek Di Kelurahan Limau Manis, Kecamatan Pauh, Kota Padang

Masih banyaknya anggapan dari masyarakat bahwa anggrek merupakan tumbuhan yang sukar untuk dipelihara, dibudidayakan atau dijadikan sebagai tumbuhan berbunga, karena mempunyai bentuk dan habit tumbuh yang berbeda dari tanaman hias pada umumnya. Padahal sebenarnya tumbuhan ini dapat dikembangbiakan dalam skala rumah tangga, dengan biaya yang tidak terlalu besar bahkan dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan di sekitar kita. Untuk itulah kegiatan ini dilakukan, untuk memberikan masukkan pengetahuan kepada kaum ibu dan perempuan yang ada di Kelurahan Limau Manis Padang, sehingga dapat dipergunakan untuk memajukan kehidupannya.

Tumbuhan anggrek mempunyai banyak manfaat, yaitu nilai estetikanya sebagai tanaman hias, memberikan citarasa dalam makanan, mempunyai efek penenang, sebagai bahan obat-obatan, sebagai bahan kerajinan dan lain sebagainya. Berdasarkan kajian yang telah dilakukan, dengan ketekunan, anggrek dapat dibudidayakan secara mandiri dalam skala kecil sampai menengah oleh ibu rumah tangga. Namun kendala teknis berupa pengetahuan praktis tentang tata cara budidaya anggrek dalam skala rumah tangga masih belum begitu diketahui oleh masyarakat, sehingga hal ini menjadi hal utama yang harus diatasi dengan menyelenggarakan pelatihan yang diperlukan.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tema budidaya anggrek ini memberikan tambahan pengetahuan yang sangat besar kepada pesertanya yang terdiri dari kaum ibu dan perempuan di Kelurahan Limau Manis Padang. Selain itu juga memotivasi mereka untuk dapat melakukan budidaya tumbuhan tersebut secara mandiri di rumah tangganya. Kegiatan ini disambut dengan antusias, serta di masa yang akan datang diharapkan untuk dapat terus dilakukan pembinaan kepada kelompok masyarakat tersebut.

Read 1070 times Last modified on Selasa, 27 September 2022 11:17