Workshop Pengembangan Kurikulum Jurusan Biologi Berstandar AUN-QA

Untuk melangkah ke jenjang internasional, jurusan Biologi memulai langkahnya dengan melakukan Persiapan Sertifikasi AUN-QA. AUN (Asean University Network) merupakan sebuah organisasi jejaring universitas di Asean yang mempunyai tujuan utama untuk memperkuat dan memperluas kerjasama di bidang pendidikan tinggi antar negara Asean. Dan QA (Quality Assurance) itu sendiri adalah salah satu kegiatan AUN yang bertujuan untuk melakukan penjaminan mutu program studi yang menjadi anggota AUN (bersifat regional Asean). AUN-QA melakukan pemantauan kualitas secara sistematis, terstruktur, dan berkesinambungan untuk mempertahankan dan meningkatkan kualitas.

Salah satu hal terpenting dalam AUN-QA ini adalah adanya kurikulum yang berbasis pada AUN-QA. Untuk itu, dilaksanakan worshop pengembangan kurikulum Biologi pada tanggal 21 dan 23 Februari 2018 yang berstandar AUN-QA. Materi dari workshop ini adalah :

  1. Re-design kurikulum Berbasis KKNI dan KOBI berorientasi AUN-QA,
  2. Singkronisasi capaian pembelajaran/lulusan dengan kriteria AUN-QA,
  3. Perumusan capaian pembelajaran mata kuliah dan capaian pembelajaran tugas akhir,
  4. Memformulasi metode pembelajaran Biologi,
  5. Teknik assesment capaian pembelajaran matakuliah di Biologi.

Hasil dari workshop kurikulum ini berguna sebagai pedoman penyusunan kurikulum, penyusunan RPS dan pembuatan bahan ajar. Dengan selesainya workshop pengembangan kurikulum Biologi yang berstandar AUN-QA ini, kami mengucapkan terimakasih kepada tim panitia dan seluruh peserta

Read 91 times Last modified on Senin, 15 Oktober 2018 09:36