Webinar tentang Stasiun Penelitian Lapangan di Sumatera

Salah satu elemen yang menunjang kegiatan pembelajaran di bidang biologi adalah ketersediaanya laboratorium alam yang menjadi tempat praktek segala materi yang dipelajari di ruang kelas. Salah satu bentuk laboratorium alam adalah stasiun lapangan yang difungsikan bukan hanya untuk tujuan penelitian dan praktek, tetapi lebih jauh lagi dapat bertindak sebagai situs pelestarian sumber daya alam yang ada di dalamnya. Di Indonesia sendiri, terdapat banyak stasiun penelitian, yang dikelola oleh beragam institusi pemerintah atau swasta dan Lembaga Swadaya Masyarakat.

 

Jurusan Biologi Universitas Andalas sendiri memiliki stasiun lapangan yang dinamakan dengan Hutan Pendidikan dan Penelitian Biologi (HPPB) yang menempati kawasan seluas hampir 150 hektar di sisi sebelah timur kompleks kampus. Kawasan HPPB ini telah banyak menghasilkan penelitian-penelitian di berbagai bidang dalam disiplin Biologi serta berperan besar meluluskan banyak sarjana Biologi.

 

Lebih jauh lagi, untuk dapat memberikan variasi lokasi praktek lapangan bagi mahasiswa dan peneliti di bidang Biologi, telah dilakukan kegiatan webinar yang melibatkan staff pada enam stasiun lapangan yang ada di Sumatera: Stasiun Penelitian Soraya dan Stasiun Penelitian Ketambe di Leuser, Aceh; Stasiun Penelitian Subayang di Kampar Kiri, Riau; Stasiun Penelitian Hutan Harapan di Jambi dan Stasiun Penelitian Way Canguk di Lampung. Universitas Andalas sendiri diwakili oleh Stasiun Penelitian yang ada di kawasan HPPB.

 

Dalam kegiatan ini, masing-masing staff di setiap stasiun penelitian lapangan memaparkan program yang telah dilakukan sejak mulai berdirinya serta sumbangan yang telah diberikan bagi ilmu pengetahuan dan pelestarian alam sejauh ini. Juga dibahas di dalam pertemuan webinar ini kemungkinan-kemungkinan untuk kerjasama di masa yang akan datang, termasuk menerima praktek kerja lapangan dari mahasiswa yang magang atau melakukan penelitian. Kegiatan webinar yang melibatkan berbagai stasiun penelitian lapangan yang ada di Sumatera ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Online Seminar International Wildlife Symposium yang diprakarsai oleh WWF Indonesia Programme bekerja sama dengan universitas-universitas yang ada di Sumatera.

Read 677 times Last modified on Selasa, 27 September 2022 11:07