Roni Kurniawan

Roni Kurniawan

23 April 2018

 Senin/ 23 April 2018, Jurusan Biologi mengadakan Kuliah Tamu dan Kunjungan Edukasi dari UIN Raden Fatah Palembang dengan Narasumber:

1. Dr. Andi Ang (Jane Goodall Institute, Singapore & IUCN SSC Primete Specialist Group (ASIA))

  Topik : "Conserving an Endangered Leaf Monkey: Banded Langur in Southeast Asia".

2. Prof. Dr. Ewald Daltrozzo (Universitat Konstanz, Germany)

  Topik : "Use of Spectroscopic Methods for The Determination of Molecular Structure".

Kuliah Tamu diakhiri dengan penyerahan plakat dari UIN Raden Fatah Palembang dari Ketua Jurusan Biologi UIN Raden Fatah Palembang kepada Ketua Jurusan Biologi ibu Dr. Mairawita Yang kemudian dilanjutkan dengan kunjungan edukasi ke laboratorium yang ada di Jurusan Biologi.

03 April 2018

Selasa/ 3 April 2018, Jurusan Biologi mengadakan Kuliah Tamu Ornithologi dengan Narasumber:

  1. Subir B. Shakya (Louisiana State University)
  2. Mohammad Irham, M.Sc. (Pusat Studi Biologi LIPI)
  3. Tri Haryono, M.Sc. (Pusat Studi Biologi LIPI)

 

25 September 2018

VISI, MISI, TUJUAN DAN SASARAN PROGRAM STUDI S2 BIOLOGI

 

Visi Program Studi :

 Sejalan dengan visi FMIPA UNAND, maka visi Prodi S2 Biologi FMIPA UNAND yaitu: “Menjadi Program Magister Biologi yang bereputasi internasional dalam mengkaji, mengembangkan dan menyelamatkan biodiversitas daerah Sumatera pada tahun 2028”

 

Misi Program Studi :

 Untuk mewujudkan visi tersebut, Prodi S2 Biologi FMIPA Universitas Andalas menetapkan empat misi sebagai berikut:

  1. Melaksanakan proses pendidikan berkualitas dalam bidang Biodiversitas dan Biokonservasi pada tingkat nasional dan internasional.
  2. Melaksanakan penelitian dalam bidang biodiversitas Sumatera yang berorientasi publikasi pada jurnal internasional yang bereputasi dan perolehan HaKI/Paten.
  3. Melaksanakan layanan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan hasil penelitian untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan keselamatan lingkungan.
  4. Memanfaatkan kerjasama dalam dan luar negeri untuk mendukung kegiatan tridharma perguruan tinggi.

 

Tujuan Program Studi :

 Untuk mewujudkan visi dan melaksanakan misi tersebut di atas, tujuan strategis (strategic goals) Prodi S2 Biologi FMIPA UNAND telah ditetapkan untuk masing-masing misi. Dari keempat misi telah ditetapkan empat tujuan strategis sebagai berikut:

  1.  Menghasilkan lulusan yang berkualitas dalam mengkaji, mengembangkan, dan menyelamatan bidang biodiversitas Sumatera yang mendapat pengakuan pada tingkat Nasional dan Internasional.
  2.  Menghasilkan publikasi pada jurnal internasional yang bereputasi dan perolehan HaKI/Paten dalam bidang Biodiversitas Sumatera
  3.  Meningkatkan implementasi hasil penelitian dalam bidang biodiversitas dan konservasi untuk kesejahteraan masyarakat dan keselamatan lingkungan
  4.  Meningkatkan luaran kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

 

Sasaran Program Studi :

 Berdasarkan visi, misi dan tujuan maka disusun sasaran dan strategi pencapaian yang dituangkan dalam Renstra Prodi S2 Biologi FMIPA UNAND 2016-2019 (Revisi), seperti terlampir dalam Borang 3A. Renstra Prodi S2 Biologi FMIPA UNAND 2016-2019 (Revisi) ini merupakan rangkaian kedua dari Renstra Jangka Panjang Prodi S2 Biologi UNAND dari tahun 2009 sampai 2028.

 

Gambar. Tonggak-tonggak capaian (milestones) Prodi S2 Biologi FMIPA UNAND tahun 2009-2028.

25 September 2018

VISI, MISI TUJUAN DAN SASARAN PROGRAM STUDI S1 BIOLOGI

 

Visi

 “Menjadi Program Studi yang unggul dalam mengkaji dan mengembangkan biodiversitas dan konservasi sumberdaya hayati tropika serta menghasilkan lulusan yang berdayasaing di tingkat ASEAN pada tahun 2028”

Misi

  1. Melaksanakan proses pendidikan berkualitas untuk menghasilkan lulusan yang mampu bersaing pada tingkat ASEAN.
  2. Melaksanakan penelitian dalam bidang biodiversitas dan konservasi sumberdaya hayati untuk yang berorientasi publikasi internasional dan perolehan HaKI.
  3. Melaksanakan layanan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan hasil penelitian biodiversitas dan konseravasi sumberdaya hayati untuk kesejahteraan masyarakat.
  4. Memanfaatkan  kerjasama  untuk mendukung kegiatan tridharma perguruan tinggi.

Tujuan

Berdasarkan visi dan misi tersebut maka ditetapkan tujuan strategis (strategic goals) Prodi Biologi dirumuskan sebagai berikut:

  1. Menghasilkan lulusan yang berkualitas yang mampu bersaing pada tingkat ASEAN.
  2. Meningkatkan produktivitas penelitian dalam bidang biodiversitas dan konservasi sumberdaya hayati untuk menghasilkan publikasi internasional dan perolehan HaKI.
  3. Meningkatkan implementasi hasil penelitian dalam bidang biodiversitas dan konseravasi sumberdaya hayati untuk kesejahteraan masyarakat.
  4. Meningkatkan pemanfaatan  kerjasama  untuk mendukung pengembangan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat

Sasaran

Sasaran Prodi  Biologi  disusun berdasarkan Rencana Strategis Jangka Menengah Prodi Biologi  2016-2019 (Revisi), yang merupakan rangkaian kedua dari rencana jangka panjang Prodi Biologi  dari tahun 2009 sampai 2028 (Gambar 1.1). Tonggak-tonggak pencapaian (milestones) jangka panjang Prodi Biologi  adalah sebagai Berikut:

  • Tahap pertama adalah periode 2009-2013. Periode ini merupakan tahap capaian pembenahan prodi danpengembangan sumberdaya manusia serta pemenuhan standar nasional pendidikan tinggi,
  • Tahap kedua adalah periode 2014-2018. Pada periode ini dilakukanuntuk capaian berdayasaingpada tingkat nasional, Pada periode ini program studi diharuskan mencapai reputasi nasional.
  • Tahap ketiga adalah periode 2019-2023. Pada periode ini, merupakan persiapan menuju reputasi regional (ASEAN),berupa pemenuhan standar-standar mutu regional.
  • Tahap keempat/terakhir adalah periode 2024-2028. Pada periode ini, Prodi Biologi harus mencapai reputasi regional/ASEAN dengan menyiapkan standar mutu regional sehingga mendapat pengakuan pada tingkat Regional/ASEAN.