BIOLOGI FMIPA UNAND MERAIH AKREDITASI INTERNASIONAL

Tanggal 23 Juni 2023 Program Studi S1 dan S2 Biologi berhasil mendapatkan pengakuan akreditasi dari ASIIN (Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik), yang merupakan lembaga akreditasi internasional untuk bidang teknik, ilmu komputer, ilmu alam dan matematika. Pengakuan akreditasi pada tingkat internasional tentunya bukan merupakan wujud dari kemampuan menyusun narasi laporan evaluasi diri (borang/SAR), namun sebagai refleksi kinerja sivitas akademik biologi dalam berbagai aspek.

 

Sejalan dengan roadmap institusi yang telah dirancang oleh Departemen Biologi, periode 2023-2028 adalah rentang waktu untuk mendapatkan reputasi pada skala internasional. Hal ini terus diupayakan dengan meningkatkan jumlah kegiatan penelitian dan publikasi internasional, menerima mahasiswa asing, menjamin ketersediaan peralatan penelitian yang mutakhir, serta mensinergikan kegiatan penelitian dosen dengan tugas akhir mahasiswa. Pada kurun dua tahun terakhir, Biologi merupakan departemen dengan perolehan jumlah dan besaran dana penelitan tertinggi di lingkup Universitas Andalas. Baik itu untuk Penelitian Dasar, Riset Kolaborasi Indonesia, Penelitian Tugas Magister dan Penelitian Disertasi Doktor serta sumber pendanaan lain seperti Matching Fund, kerjasama luar negeri JSPS (Japan Society for Promoting Science), Manday Nature (Singapore), serta kerjasama dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri. Capaian ini dimungkinkan dengan kompetensi staf pengajar yang hampir 80 % diantaranya bergelar doctor (S3), yang masing-masingnya aktif melakukan aktivitas dalam jejaring bidang ilmu yang ditekuni.

 

Salah satu upaya mewujudkan visi dalam melindungi, melestarikan dan memanfaatkan sumber daya hayati tropis, Departemen Biologi berperan aktif dalam mengkaji pemanfaatan alternative berbagai sumber daya hayati. Hal ini dibuktikan mulai dari berbagai kegiatan inventarisasi sumber daya hayati yanga menghasilkan temuan atau pendeskripsian jenis-jenis baru, pendataan jenis-jenis potensial sebagai sumber pangan alternative, mengembangkan pengolahan pangan tradisional sebagai dasar pengolahan pada skala industri, serta optimalisasi pemanfaatan sumber daya hayati secara berkelanjutan. Upaya tersebut tidak saja menhasilkan luaran berupa publikasi pada jurnal internasional bereputasi, namun langsung disebarluaskan kepada masyarakat melalui kegiatan pengabdian masyarakat.

 

Perolehan akreditasi ASIIN oleh Prodi S1 dan S2 Biologi tentunya menjadi modal bagi Departemen Biologi untuk meningkatkan kinerjanya. Dukungan dari LPM UNAND dalam menerapkan PPEPP dalam setiap kegiatan akademik diharapkan akan terus mendorong Departemen Biologi meningkatkan penjaminan mutu sehingga bisa mewujudkan visi memiliki reputasi di dunia internasional.

Tim asesor dari ASIIN pada saat verifikasi lapangan pada bulan maret 2023

 

Pimpinan Universitas Andalas memberikan penjelasan pada saat visitasi lapangan

 

Tim asesor diantar oleh Prof. Dr. Henny Lucida, Apt, selaku kepala Lembaga Penjaminan Mutu UNAND untuk melihat dan mendapatkan penjelasan tenttang Hutan Pendidikan dan Penelitian Biologi yang menjadi salah satu keunggulan Departemen Biologi'

 

Tim asesor mendapatkan penjelasan mengenai Herbarium ANDA dari Dr. Nurainas selaku kepala Herbarium

 

Tim asesor mendapatkan penjelasan mengenai molekuler dan genetika dari Prof. Dr. Dewi Imelda Roesma selaku kepala Laboratorium Genetika dan Biomolekuler

 

link berita universitas -->>

Read 291 times Last modified on Selasa, 15 Agustus 2023 06:39