Asesmen Lapangan re-Akreditasi Lamsama Program Magister (S2) Biologi FMIPA UNAND

Tanggal 16 hingga 18 Oktober 2023, Prodi S2 Biologi FMIPA UNAND menjalani proses asemen lapangan akreditasi LAMSAMA. Asesmen lapangan merupakan proses untuk verifikasi atas catatan saat asesmen kelengkapan dan menjadi tahapan yang tidak terpisahkan dalam suatu proses akreditasi. 

Persiapan asesmen lapangan ini telah dilakukan jauh hari sebelumnya. Dr. Mildawati, M.Si, selaku ketua dan anggota tim penyusun borang PS S2 Biologi telah mempersiapkan kelengkapan dokumen untuk proses verifikasi. Sementara untuk memperlancar proses asesmen lapangan, tim PS S2 Biologi diketuai oleh Dr. Henny Herwina, M.Si. Kedua tim, dengan seluruh dosen PS S2 Biologi dipimpin oleh Ketua Prodi S2 Biologi Prof. Dr. Erizal Mukhtar, M.Sc berkerjasama selama persiapan dan proses asesmen lapangan.

Pembukaan kegiatan asesmen lapangan dilaksanakan di ruang siding Dekanat FMIPA UNAND, dengan dihadiri oleh perwakilan lembaga di tngkat Universitas Andalas Prof. Dr. Mansyurdin, M.S selaku Wakil Rektor I, perwakilan dari Lembaga Penjaminan Mutu, Lembaga Penelitian dan Pengabdian masyarakat, LPTIK, PDK, laboratorium Sentral, Pustaka. Sementara dari tingkat fakultas, dihadiri oleh seluruh unsur pimpinan. Bertindak sebagai asesor LAMSAMA adalah Prof. Dr. L. Hartanto Nugroho, M.Agr dari Universitas Gajah Mada, dan Bapak Sony Heru Sumarsono, M.Sc, Ph.D dari Institut Teknologi Bandung. Kegiatan dipandu langsung oleh Bapak Wakil Dekan I bidang pendidikan FMIPA UNAND, Dr. Mahdivan Syafwan.

Setelah pembukaan acara oleh Prof. Dr. Mansyurdin, M.S selaku Wakil Rektor I, proses asemen lapangan dilanjutkan dengan pemaparan oleh Prof. Dr. Syukri Arif, M.Si, selaku Dekan FMIPA. Dalam kesempatan ini dipaparkan standar visi misi, tata pamong, dan standar mutu PS S2 Biologi, yang kemudian dibahas secara mendalam dalam diskusi tentang pengelolaan PS S2 Biologi oleh UPPS. Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi dengan tim pengelola PS S2 Biologi terkait dengan pengelolaan program studi, kurikulum, capaian pembelajaran, sarana dan prasarana, serta hasil evaluasi mahasiswa, serta verifikasi data-data yang sebelumnya telah dicentumkan dalam LKPS dan LED.

Kegiatan asesmen lapangan juga dilakukan dengan rangkaian diskusi antara asesor dengan kepala Kelompok Bidang Keilmuan (KBK), Kepala Laboratorium, Dosen Program Studi, Alumni, Pengguna alumni, Mahasiswa dan Tenaga akademik serta Laboran. Rangkaian diskusi ini selain diisi dengan penggalaian informasi untuk melengkapi data dari proses asesmen kelengkapan sebelumnya, juga diwarnai dengan berbagai pengalaman pembelajaran  (share learning) dan bentuk pengelolaan terbaik (Best Management Practice) dalam pengelolaan program dan pengembangan program studi. Kegiatan asesmen lapangan hari kedua, diakhiri dengan kunjungan asesor ke beberapa fasilitas yang digunakan pada PS S2 Biologi, seperti laboratorium dasar dan sentral, Hutan Pendidikan dan Penelitian Biologi, Herbarium ANDA dan Laboratorium Genetika dan Biomolekuler. Rangkaian kegiatan ditutup dengan diskusi dan menelaah secara bersama berita acara asemen lapangan. Kegiatan ini dihadiri oleh dosen PS S2 Biologi, dan secara bersama memberikan verifikasi, tambahan data dan upaya perbaikan terhadap dokumen.

Secara institusional, asemen lapangan ini diharapkan bisa memberikan gambaran yang memuaskan kepada para asesor, sehingga bias memebrikan penilaian terbaik untuk PS S2 Biologi. PS S2 Biologi UNAND saat ini telah mendapatkan pengakuan sertifikasi secara internasional melalui akreditasi ASIIN. Pengakuan internasional ini tentunya akan lebih lengkap dengan pengakuan terbaik pula pada tingkat nasional. Pengakuan tersebut tentunya selain bias mencerminkan kualitas proses pemeblajaran pada PS S2 Biologi FMIPA UNAND, sekaligus diharapkan bias menjadi nilai tambah bagi segenap lulusan yang saat ini sudah tersebar di seluruh wilayah nusantara. Proses asemen lapangan yang juga diwarnai diskusi dan memberikan banyak catatan nantinya akan ditndaklanjuti oleh pengelola PS S2 Biologi dalam penyusunan program pembelajaran pada masa datang.

 

 

 

 

Read 838 times Last modified on Wednesday, 25 October 2023 15:24