Profil & Kurikulum Program Studi Doktor

PROFIL & KURIKULUM PROGRAM STUDI DOKTOR (S3)

 

 

SPESIFIKASI PROGRAM DOKTOR BIOLOGI

Nama Program

Program Doktor Biologi, Departemen Biologi, FMIPA UNAND

Tahun Berdiri

2011

Level Akreditasi

B

Profil Lulusan

Dosen dan Peneliti

Metode Pembelajaran

SDL, DL dan PbL

Metode Asesmen

Penilaian Proses dan Hasil Pembelajaran

Total Kredit

42 untuk Jalur Perkuliahan dan 48 untuk Jalur Penelitian

Masa Studi

6-8 semester

 

I. PROFIL LULUSAN

Profil lulusan Program Studi Biologi Program Doktor Fakultas MIPA Universitas

Andalas adalah sebagai berikut:

  1. Memiliki kemampuan dalam mengembangkan pengetahuan dan teknologi baru di bidang biodiversitas dan konservasi melalui riset yang mendapat pengakuan secara nasional dan internasional.
  2. Memiliki kemampuan dalam pengelolahaan  lingkungan  pada  berbagai lembaga untuk pembangunan yang berkelanjutan.
  3. Memiliki kemampuan dalam kurasi hayati tropis dalam pemecahan masalah biodiversitas dan konservasi.

  

II. CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi Program Doktor Biologi adalah sebagai berikut:

CPL1:  Mampu menyusun landasan ontologis, epistemologis dan aksiologis pada filsafah biologi.

CPL2:   Mampu   menemukan   state   of   the   art (terkini) teori   dan   konsep biosistematik, evolusi, ekologi, konservasi, dan pengembangan biodiversitas secara terintegrasi.

CPL3: Mampu menemukan kebaharuan dalam biosistematik, evolusi, ekologi, konservasi      yang memberikan kontribusi baru pada pengembangan biodiversitas.

CPL4: Mampu mengelola penelitian secara mandiri, dan menjalin kerjasama lintas bidang ilmu.

CPL5: Mampu mendiseminasikan hasil penelitian bertaraf internasional.

 

 

III.  STRUKTUR KURIKULUM PROGRAM STUDI BIOLOGI PROGRAM DOKTOR

 3.1. Jalur Perkuliahan

Berdasarkan kelompok bahan kajian maka struktur kurikukum Program Studi Doktor Biologi, Jalur Perkuliahan terdiri dari mata kuliah wajib dengan bobot 15 sks, mata kuliah pendukung 3 SKS, mata kuliah pelengkap 3 SKS, mata kuliah pemusatan 6 SKS dan tugas akhir 29 sks, dengan rincian sebagai berikut:

 

 

No

 

Mata Kuliah

 

Nama mata kuliah

 

Bobot

SKS

Persen tase

(%)

I

Mata Kuliah Wajib

 

15

34,09

A. Inti Biologi

(Body of knowledge)

 

3

 

Filsafah Biologi

3

 

B. Pendukung

(Uniqueness)

 

3

 

Pengembangan Biodiversitas

3

 

C. Pelengkap

(Complementary)

 

3

 

Penulisan Artikel Ilmiah

Internasional

3

 

D. Wajib Pemusatan

 

6

 

Topik Khusus 1

3

 

Topik Khusus 2

3

 

 

 

 

29

 

II

Tugas Akhir

Penyusunan Proposal

3

65,91

Seminar Proposal

1

 

Penelitian Tahap I

5

 

Laporan Hasil Penelitian Tahap I

3

 

Seminar Hasil Penelitian Tahap I

1

 

Penelitian Tahap II

5

 

 

 

Laporan Hasil Penelitian  Tahap II

3

 

 

 

Seminar Hasil Penelitian Tahap II

1

 

 

 

Seminar Hasil

1

 

 

 

Disertasi dan Ujian Tertutup

6

 

Jumlah

44

100

 

Sebaran mata kuliah program studi biologi program Doktor Jalur Perkuliahan per semester seperti tabel berikut;

Kode MK

Nama Mata Kuliah*

Bobot SKS

Semester I

12

BIO 7111

Falsafah Biologi

3

BIO 7211

Pengembangan Biodiversitas

3

BIO 7212

Topik Khusus I

3

BIO 7213

Topik Khusus II

3

BIO 7214

Ujian Kualifikasi

0

Semester II

12

BIO 7221

Penyusunan Proposal

3

BIO 7222

Seminar Proposal

1

BIO 7223

Penelitian Tahap I

5

BIO 7214

Penulisan Artikel Ilmiah

3

Semester III

4

BIO 8231

Laporan Penelitian Tahap I

3

BIO 8232

Seminar Hasil Penelitian Tahap I

1

Semester IV

9

BIO 8241

Penelitian Tahap II

5

BIO 8242

Laporan Penelitian Tahap II

3

BIO 9251

Seminar Hasil Penelitian Tahap II

1

Semester V

7

BIO 9261

Seminar Hasil

1

BIO 9262

Disertasi dan Ujian Tertutup

6

Total SKS

44

 

 

3.2. Jalur Penelitian 

Berdasarkan kelompok bahan kajian maka struktur kurikukum Program Studi Doktor Biologi, Jalur Penelitian terdiri dari mata kuliah wajib dengan bobot 12 sks, mata kuliah pelengkap 3 SKS, mata kuliah pemusatan 6 SKS dan tugas akhir 32 sks, dengan rincian sebagai berikut:

 

 

No

 

Mata Kuliah

 

Nama mata kuliah

 

Bobot

SKS

Persen

tase

(%)

I

Mata Kuliah Wajib

 

12

27,27

A. Inti Biologi

(Body of knowledge)

 

3

 

Filsafah Biologi

3

 

C. Pelengkap

(Complementary)

 

3

 

Penulisan Artikel Ilmiah

Internasional

3

 

D. Wajib Pemusatan

 

6

 

Topik Khusus 1

3

 

Topik Khusus 2

3

 

 

 

 

32

 

II

Tugas Akhir

Penyusunan Proposal

3

72,73

Seminar Proposal

1

 

Penelitian Tahap I

5

 

Laporan Hasil Penelitian Tahap I

3

 

Seminar Hasil Penelitian Tahap I

1

 

Penelitian Tahap II

5

 

 

 

Laporan Hasil Penelitian  Tahap II

3

 

 

 

Seminar Hasil Penelitian Tahap II

1

 

 

 

Penelitian Tahap III

5

 

 

 

Laporan Hasil Penelitian  Tahap III

3

 

 

 

Seminar Hasil Penelitian Tahap III

1

 

 

 

Seminar Hasil

1

 

 

 

Disertasi dan Ujian Tertutup

6

 

Jumlah

44

100

 

Sebaran mata kuliah program studi biologi program doktor Jalur Penelitian per semester seperti tabel berikut;

Kode MK

Nama Mata Kuliah*

Bobot SKS

Semester I

12

BIO 7111

Falsafah Biologi

3

BIO 7212

Topik Khusus I

3

BIO 7213

Topik Khusus II

3

BIO 7214

Penulisan Artikel Ilmiah

3

BIO 7214

Ujian Kualifikasi

0

Semester II

9

BIO 7221

Penyusunan Proposal

3

BIO 7222

Seminar Proposal

1

BIO 7223

Penelitian Tahap I

5

Semester III

9

BIO 8231

Laporan Penelitian Tahap I

3

BIO 8232

Seminar Hasil Penelitian Tahap I

1

BIO 8241

Penelitian Tahap II

5

Semester IV

9

BIO 8242

Laporan Penelitian Tahap II

3

BIO 9251

Seminar Hasil Penelitian Tahap II

1

BIO 9252

Penelitian Tahap III

5

Semester V

4

BIO 9253

Laporan Penelitian Tahap III

3

BIO 9254

Seminar Hasil Penelitian Tahap III

1

Semester VI

7

BIO 9261

Seminar Hasil

1

BIO 9262

Disertasi dan Ujian Tertutup

6

 

Total SKS

44

 

 

IV. METODE PEMBELAJARAN

  1. Jalur Perkuliahan

Metode  pembelajaran  yang  digunakan adalah cooperative learning,  case  based learning/project-based learning, self-directed learning dan discovery learning. Tabel di bawah ini memperlihatkan mata kuliah wajib menggunakan cooperative learning dan mata kuliah pemusatan gabungan cooperative learning dan problem based learning. Pada mata kuliah pelengkap menggunakan tutorial. Pada mata kuliah pilihan juga sebagian menggabungkan cooperative learning, case based learning dan self-directed learning.  Tugas akhir menggunakan metode self-directed learning dan discovery learning.

 

Tabel Metode pembelajaran pada masing-masing mata kuliah

 

Mata Kuliah

 

Cooperative learning

Case

based learning

Project

based learning

Self-

Directed learning

 

Discovery learning

Falsafah Biologi

 

 

 

Pengembangan

Biodiversitas

 

 

 

Topik Khusus I

 

 

Topik Khusus II

 

 

Penelusian Artikel Imliah

International

 

 

 

Penyusunan Proposal

 

 

 

 

Seminar Proposal

 

 

 

Penelitian Tahap I

 

 

Laporan Penelitian Tahap

I

 

 

Seminar Hasil Penelitian

Tahap I

 

 

Penelitian Tahap II

 

 

Laporan Penelitian Tahap

II

 

 

Seminar Hasil Penelitian

Tahap II

 

 

Seminar Hasil

 

 

Disertasi dan Ujian

Tertutup

 

 

 

2. Jalur Penelitian

Metode pembelajaran yang digunakan adalah pola tutorial, cooperative learning, case method dan project-based learning, problem-based learning, self-directed learning dan discovery learning. Tabel di bawah ini memperlihatkan mata kuliah wajib menggunakan cooperative learning dan mata kuliah pemusatan gabungan cooperative learning dan problem based learning. Pada mata kuliah pelengkap menggunakan tutorial. Pada mata kuliah pilihan juga sebagian menggabungkan cooperative learning, case method dan problem based learning. Tugas akhir menggunakan metode problem based learning, self-directed learning dan discovery learning.

 

 

V. ASESMEN PEMBELAJARAN

Pengukuran ketercapaian CPL, perlu dilakukan asesmen pembelajaran yang mencakup domain kognitif, psikomotorik dan afektif, dengan rincian sebagai berikut:

  1. Asesmen CPL ranah kognitif dilakukan secara measurable dengan teknik tes tertulis dan wawancara dalam bentuk, ujian tengah semester (UTS) dan ujian akhir semester (UAS) serta penilaian tugas proyek/studi kasus.
  2. Asesmen CPL ranah psikomotorik dilakukan secara measurable dengan teknik tes unjuk kerja (work performance skills).
  3. Asesmen CPL ranah afektif untuk generic skills dilakukan secara measurable dengan teknik partisipasi, sedangkan untuk sikap (attitude dan core value) dilakukan dengan teknik observation. Kedua assessment tersebut menggunakan rubrik.

 

Read 11717 times Last modified on Tuesday, 12 December 2023 10:13