PROFIL & KURIKULUM PROGRAM STUDI DOKTOR (S3)
SPESIFIKASI PROGRAM DOKTOR BIOLOGI
Nama Program |
Program Doktor Biologi, Departemen Biologi, FMIPA UNAND |
Tahun Berdiri |
2011 |
Level Akreditasi |
B |
Profil Lulusan |
Dosen dan Peneliti |
Metode Pembelajaran |
SDL, DL dan PbL |
Metode Asesmen |
Penilaian Proses dan Hasil Pembelajaran |
Total Kredit |
42 untuk Jalur Perkuliahan dan 48 untuk Jalur Penelitian |
Masa Studi |
6-8 semester |
I. PROFIL LULUSAN
Profil lulusan Program Studi Biologi Program Doktor Fakultas MIPA Universitas
Andalas adalah sebagai berikut:
- Memiliki kemampuan dalam mengembangkan pengetahuan dan teknologi baru di bidang biodiversitas dan konservasi melalui riset yang mendapat pengakuan secara nasional dan internasional.
- Memiliki kemampuan dalam pengelolahaan lingkungan pada berbagai lembaga untuk pembangunan yang berkelanjutan.
- Memiliki kemampuan dalam kurasi hayati tropis dalam pemecahan masalah biodiversitas dan konservasi.
II. CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi Program Doktor Biologi adalah sebagai berikut:
CPL1: Mampu menyusun landasan ontologis, epistemologis dan aksiologis pada filsafah biologi.
CPL2: Mampu menemukan state of the art (terkini) teori dan konsep biosistematik, evolusi, ekologi, konservasi, dan pengembangan biodiversitas secara terintegrasi.
CPL3: Mampu menemukan kebaharuan dalam biosistematik, evolusi, ekologi, konservasi yang memberikan kontribusi baru pada pengembangan biodiversitas.
CPL4: Mampu mengelola penelitian secara mandiri, dan menjalin kerjasama lintas bidang ilmu.
CPL5: Mampu mendiseminasikan hasil penelitian bertaraf internasional.
III. STRUKTUR KURIKULUM PROGRAM STUDI BIOLOGI PROGRAM DOKTOR
3.1. Jalur Perkuliahan
Berdasarkan kelompok bahan kajian maka struktur kurikukum Program Studi Doktor Biologi, Jalur Perkuliahan terdiri dari mata kuliah wajib dengan bobot 15 sks, mata kuliah pendukung 3 SKS, mata kuliah pelengkap 3 SKS, mata kuliah pemusatan 6 SKS dan tugas akhir 29 sks, dengan rincian sebagai berikut:
No |
Mata Kuliah |
Nama mata kuliah |
Bobot SKS |
Persen tase (%) |
I |
Mata Kuliah Wajib |
|
15 |
34,09 |
A. Inti Biologi (Body of knowledge) |
|
3 |
|
|
Filsafah Biologi |
3 |
|
||
B. Pendukung (Uniqueness) |
|
3 |
|
|
Pengembangan Biodiversitas |
3 |
|
||
C. Pelengkap (Complementary) |
|
3 |
|
|
Penulisan Artikel Ilmiah Internasional |
3 |
|
||
D. Wajib Pemusatan |
|
6 |
|
|
Topik Khusus 1 |
3 |
|
||
Topik Khusus 2 |
3 |
|
||
|
|
|
29 |
|
II |
Tugas Akhir |
Penyusunan Proposal |
3 |
65,91 |
Seminar Proposal |
1 |
|
||
Penelitian Tahap I |
5 |
|
||
Laporan Hasil Penelitian Tahap I |
3 |
|
||
Seminar Hasil Penelitian Tahap I |
1 |
|
||
Penelitian Tahap II |
5 |
|
||
|
|
Laporan Hasil Penelitian Tahap II |
3 |
|
|
|
Seminar Hasil Penelitian Tahap II |
1 |
|
|
|
Seminar Hasil |
1 |
|
|
|
Disertasi dan Ujian Tertutup |
6 |
|
Jumlah |
44 |
100 |
Sebaran mata kuliah program studi biologi program Doktor Jalur Perkuliahan per semester seperti tabel berikut;
Kode MK |
Nama Mata Kuliah* |
Bobot SKS |
Semester I |
12 |
|
BIO 7111 |
Falsafah Biologi |
3 |
BIO 7211 |
Pengembangan Biodiversitas |
3 |
BIO 7212 |
Topik Khusus I |
3 |
BIO 7213 |
Topik Khusus II |
3 |
BIO 7214 |
Ujian Kualifikasi |
0 |
Semester II |
12 |
|
BIO 7221 |
Penyusunan Proposal |
3 |
BIO 7222 |
Seminar Proposal |
1 |
BIO 7223 |
Penelitian Tahap I |
5 |
BIO 7214 |
Penulisan Artikel Ilmiah |
3 |
Semester III |
4 |
|
BIO 8231 |
Laporan Penelitian Tahap I |
3 |
BIO 8232 |
Seminar Hasil Penelitian Tahap I |
1 |
Semester IV |
9 |
|
BIO 8241 |
Penelitian Tahap II |
5 |
BIO 8242 |
Laporan Penelitian Tahap II |
3 |
BIO 9251 |
Seminar Hasil Penelitian Tahap II |
1 |
Semester V |
7 |
|
BIO 9261 |
Seminar Hasil |
1 |
BIO 9262 |
Disertasi dan Ujian Tertutup |
6 |
Total SKS |
44 |
3.2. Jalur Penelitian
Berdasarkan kelompok bahan kajian maka struktur kurikukum Program Studi Doktor Biologi, Jalur Penelitian terdiri dari mata kuliah wajib dengan bobot 12 sks, mata kuliah pelengkap 3 SKS, mata kuliah pemusatan 6 SKS dan tugas akhir 32 sks, dengan rincian sebagai berikut:
No |
Mata Kuliah |
Nama mata kuliah |
Bobot SKS |
Persen tase (%) |
I |
Mata Kuliah Wajib |
|
12 |
27,27 |
A. Inti Biologi (Body of knowledge) |
|
3 |
|
|
Filsafah Biologi |
3 |
|
||
C. Pelengkap (Complementary) |
|
3 |
|
|
Penulisan Artikel Ilmiah Internasional |
3 |
|
||
D. Wajib Pemusatan |
|
6 |
|
|
Topik Khusus 1 |
3 |
|
||
Topik Khusus 2 |
3 |
|
||
|
|
|
32 |
|
II |
Tugas Akhir |
Penyusunan Proposal |
3 |
72,73 |
Seminar Proposal |
1 |
|
||
Penelitian Tahap I |
5 |
|
||
Laporan Hasil Penelitian Tahap I |
3 |
|
||
Seminar Hasil Penelitian Tahap I |
1 |
|
||
Penelitian Tahap II |
5 |
|
||
|
|
Laporan Hasil Penelitian Tahap II |
3 |
|
|
|
Seminar Hasil Penelitian Tahap II |
1 |
|
|
|
Penelitian Tahap III |
5 |
|
|
|
Laporan Hasil Penelitian Tahap III |
3 |
|
|
|
Seminar Hasil Penelitian Tahap III |
1 |
|
|
|
Seminar Hasil |
1 |
|
|
|
Disertasi dan Ujian Tertutup |
6 |
|
Jumlah |
44 |
100 |
Sebaran mata kuliah program studi biologi program doktor Jalur Penelitian per semester seperti tabel berikut;
Kode MK |
Nama Mata Kuliah* |
Bobot SKS |
Semester I |
12 |
|
BIO 7111 |
Falsafah Biologi |
3 |
BIO 7212 |
Topik Khusus I |
3 |
BIO 7213 |
Topik Khusus II |
3 |
BIO 7214 |
Penulisan Artikel Ilmiah |
3 |
BIO 7214 |
Ujian Kualifikasi |
0 |
Semester II |
9 |
|
BIO 7221 |
Penyusunan Proposal |
3 |
BIO 7222 |
Seminar Proposal |
1 |
BIO 7223 |
Penelitian Tahap I |
5 |
Semester III |
9 |
|
BIO 8231 |
Laporan Penelitian Tahap I |
3 |
BIO 8232 |
Seminar Hasil Penelitian Tahap I |
1 |
BIO 8241 |
Penelitian Tahap II |
5 |
Semester IV |
9 |
|
BIO 8242 |
Laporan Penelitian Tahap II |
3 |
BIO 9251 |
Seminar Hasil Penelitian Tahap II |
1 |
BIO 9252 |
Penelitian Tahap III |
5 |
Semester V |
4 |
|
BIO 9253 |
Laporan Penelitian Tahap III |
3 |
BIO 9254 |
Seminar Hasil Penelitian Tahap III |
1 |
Semester VI |
7 |
|
BIO 9261 |
Seminar Hasil |
1 |
BIO 9262 |
Disertasi dan Ujian Tertutup |
6 |
|
Total SKS |
44 |
IV. METODE PEMBELAJARAN
- Jalur Perkuliahan
Metode pembelajaran yang digunakan adalah cooperative learning, case based learning/project-based learning, self-directed learning dan discovery learning. Tabel di bawah ini memperlihatkan mata kuliah wajib menggunakan cooperative learning dan mata kuliah pemusatan gabungan cooperative learning dan problem based learning. Pada mata kuliah pelengkap menggunakan tutorial. Pada mata kuliah pilihan juga sebagian menggabungkan cooperative learning, case based learning dan self-directed learning. Tugas akhir menggunakan metode self-directed learning dan discovery learning.
Tabel Metode pembelajaran pada masing-masing mata kuliah
Mata Kuliah |
Cooperative learning |
Case based learning |
Project based learning |
Self- Directed learning |
Discovery learning |
Falsafah Biologi |
√ |
|
|
√ |
|
Pengembangan Biodiversitas |
√ |
|
|
√ |
|
Topik Khusus I |
|
√ |
√ |
√ |
|
Topik Khusus II |
|
√ |
√ |
√ |
|
Penelusian Artikel Imliah International |
√ |
|
|
√ |
|
Penyusunan Proposal |
|
|
|
√ |
|
Seminar Proposal |
√ |
|
|
√ |
|
Penelitian Tahap I |
√ |
|
|
√ |
√ |
Laporan Penelitian Tahap I |
√ |
|
|
√ |
√ |
Seminar Hasil Penelitian Tahap I |
√ |
|
|
√ |
√ |
Penelitian Tahap II |
√ |
|
|
√ |
√ |
Laporan Penelitian Tahap II |
√ |
|
|
√ |
√ |
Seminar Hasil Penelitian Tahap II |
√ |
|
|
√ |
√ |
Seminar Hasil |
√ |
|
|
√ |
√ |
Disertasi dan Ujian Tertutup |
√ |
|
|
√ |
√ |
2. Jalur Penelitian
Metode pembelajaran yang digunakan adalah pola tutorial, cooperative learning, case method dan project-based learning, problem-based learning, self-directed learning dan discovery learning. Tabel di bawah ini memperlihatkan mata kuliah wajib menggunakan cooperative learning dan mata kuliah pemusatan gabungan cooperative learning dan problem based learning. Pada mata kuliah pelengkap menggunakan tutorial. Pada mata kuliah pilihan juga sebagian menggabungkan cooperative learning, case method dan problem based learning. Tugas akhir menggunakan metode problem based learning, self-directed learning dan discovery learning.
V. ASESMEN PEMBELAJARAN
Pengukuran ketercapaian CPL, perlu dilakukan asesmen pembelajaran yang mencakup domain kognitif, psikomotorik dan afektif, dengan rincian sebagai berikut:
- Asesmen CPL ranah kognitif dilakukan secara measurable dengan teknik tes tertulis dan wawancara dalam bentuk, ujian tengah semester (UTS) dan ujian akhir semester (UAS) serta penilaian tugas proyek/studi kasus.
- Asesmen CPL ranah psikomotorik dilakukan secara measurable dengan teknik tes unjuk kerja (work performance skills).
- Asesmen CPL ranah afektif untuk generic skills dilakukan secara measurable dengan teknik partisipasi, sedangkan untuk sikap (attitude dan core value) dilakukan dengan teknik observation. Kedua assessment tersebut menggunakan rubrik.