Program Studi Tadris Biologi UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi Melaksanakan Praktikum Penguatan Konten (PPK Biologi) di Jurusan Biologi FMIPA Unand

Pada hari Kamis tanggal 16 Juni 2022 Program Studi Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negri (UIN) Sulthan Thaha Saifuddin Jambi melaksanakan Praktikum Penguatan Konten (PPK Biologi) di laboratorium Jurusan Biologi FMIPA Unand. Praktikum ini diikuti oleh 72 mahasiswa semester 4 didampingi oleh 5 orang dosen dari Prodi Tadris Biologi. Kedatangan rombongan Prodi Tadris Biologi ini langsung disambut oleh Ketua Jurusan Biologi yang dalam hal ini diwakilkan oleh Sekretaris Jurusan Dr. Nofrita serta kepala laboratorium Mikrobiologi Dr. Anthoni Agustien dan kepala laboratorium Taksonomi Hewan Invertebrata Prof. Dr. Dahelmi serta beberapa staf dosen Jurusan Biologi FMIPA Unand.

Pelaksanaan Praktikum Penguatan Konten Biologi ini terbagi pada praktikum Mikrobiologi dan Taksonomi Hewan invertebrata. Pada pelaksanaan praktikum Mikrobiologi mahasiswa dibagi pada dua kelompok besar yakni kelompok praktikum pengamatan makroskopis dan mikroskopis dari jamur endofitik, khamir, jamur tempe, jamur tongkol jagung dan jamur tanah. Sedangkan kelompok kedua adalah praktikum identifikasi bakteri dengan cara pewarnaan Gram dengan objek mikroba udara, bakteri uji E. coli dan S. aureus. Sementara itu materi untuk praktikum Taksonomi Hewan Invertebrata adalah cara pengkoleksian, pengawetan serta identifikasi serangga yang terbagi atas kupu-kupu dan serangga permukaan tanah.

Adapun pelaksanaan dari PPK ini diawali dengan pemberian asistensi materi serta cara kerja pelaksanaan praktikum pada masing-masing objek oleh dosen masing-masing kelompok labor yang kemudian dilanjutkan dengan praktek langsung oleh masing-masing mahasiswa. Setelah praktek pelaksanaan praktikum, mahasiswa diminta mengumpulkan laporan dari hasil praktikum yang telah dilaksanakannya. Adanya pelaksanaan praktikum penguatan konten Biologi ini menjadi salah satu cara penguatan materi praktikum yang belum dilaksanakan secara menyeluruh di kampus UIN Sultan Thaha Jambi.

 

Read 530 times Last modified on Tuesday, 27 September 2022 10:32