Peringatan Hari Lingkungan Hidup 2022 Sukses Digelar oleh Departemen Biologi FMIPA UNAND

Tanggal 5 Juni setiap tahunnya semenjak tahun 1974 diperingati sebagai Hari Lingkungan Hidup. Penetapan ini untuk memperingati pelaksanaan Konferensi Perserikatan Bangsa Bangsa tentang Human Habitat di Stockholm pada 5-16 Juni tahun 1972. Pertemuan tersebut dianggap menjadi awal dari berbagai pertemuan berikutnya terkait kesadaran mengelola lingkungan seperti kesadaran akan bahaya polusi, kenaikan suhu bumi, berkurangnya lapisan ozon, perubahan iklim, meningkatnya produksi limbah sampai dengan kekhawatiran akan bahaya kekeringan, penggurunan dan kelangkaan air. Adapun tujuan penetapan hari lingkungan hidup tersebut adalah sebagai media kampanye penyadartahuan masyarakat luas akan arti penting pengelolaan lingkungan hidup. Peringatan setiap tahunnya dilakukan dengan mengangkat tema-tema spesifik untuk memfokuskan isu yang dikampanyekan. Pada peringatan tahun 2022 ini tema yang digaungkan adalah “Only One Earth: Living Sustainably in Harmony with Nature”.



Departemen Biologi yang merupakan salah jurusan di Universitas Andalas yang fokus pada pengelolaan lingkungan dan sumberdaya hayati tropika di Indonesia juga ikut serta memperingati Hari Lingkungan Hidup sedunia ini. Kegiatan yang diselenggarakan adalah Webinar dengan tema yang sama yaitu Only One Earth, Living Sustainably in Harmony with Nature. Webinar dilaksanakan secara online menggunakan media zoom meeting pada hari Minggu tanggal 5 Juni 2022 dari jam 13.30-16.30 WIB. Webinar diisi oleh pemateri dari Departemen Biologi UNAND yaitu Dr. Aadrean yang mengupas tentang penguatan lubuk larangan sebagai aksi konservasi berbasis kearifan lokal. Tidak ketinggalan pemateri dari Departemen Matematika UNAND yaitu Dr. Dodi Devianto dengan topik tentang pemodelan dan prediksi iklim di masa yang akan datang. Pemateri ketiga adalah Ketua IKABIOLOGI UNAND yaitu Herry Yusumandra, M.Si yang membahas tentang peran masyarakat dan lembaga non-pemerintah dalam pengolaan sampah. Webinar dan diskusi dipandu oleh salah satu dosen Departemen Biologi yaitu Silmi Yusri Rahmadani, M.Si.. Webinar dihadiri oleh berbagai kalangan yaitu akademisi, mahasiswa, praktisi, dan umum.  

Pada peringatan Hari Lingkungan Hidup 2022 ini Departemen Biologi UNAND bekerjasama dengan Pascasarjana Ilmu Lingkungan UNAND, Himpunan Mahasiswa Biologi UNAND, dan IKABIOLOGI UNAND. Kegiatan yang diselenggarakan kali ini diharapkan menjadi salah satu momentum dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan arti penting perlindungan dan pengelolaan lingkungan.

 

Link Sertifikat -->> Klik Disini

 

Read 597 times Last modified on Tuesday, 27 September 2022 10:33