2 Orang Dosen Biologi Memperoleh Pendanaan Penelitian Bergengsi Melalui Skema Penelitian Riset Dasar

2 orang Dosen Biologi yakni Dr. Fuji Astuti febria, S.Si, M.Si dan Dr. M. Idris, S.Si, M.Si dinyatakan berhasil untuk mendapatkan dana penelitian Riset Dasar sesuai dengan Pengumuman No 57/UN.16.17/PT.06/2022 dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian masyarakat Universitas Andalas.

Penelitian yang dilakukan oleh Dr. Fuji Astuti Febria, S.Si, M.Si berjudul “Bakteri Laut Pembentuk Biofilm Sebagai Bioremediator Dalam Upaya Pengelolaan Perairan Tercemar Logam” dilatar belakangi oleh kajian sebelumnya yang menunjukkan tingginya kandungan logam berat seperti Cadmium (Cd), Crom (Cr), Timbal (Pb) dan Cuprum (Cu) di perairan Teluk Bungus, dengan konsentrasi yang bahkan telah melampaui baku mutu lingkungan. Tingginya kandungan logam berat dalam lingkungan perairan tentunya dapat mengancam ekosistem perairan itu sendiri bahkan lebih jauh bisa memicu permasalahan bagi kesehatan manusia. Melalui penelitian ini diharapkan bisaa dilakukan pemulihan lingkungan perairan yang tercemar logam berat dengan mengguakan teknik teknik yang ramah lingkungan dengan menggunakan pendekatan bioteknologi dengan memanfaatkan potensi mikroorganisme. Dalam jangka panjang penelitian ini diharapkan bisa menghasilkan produk inovatif sekaligus praktis untuk diimplementasikan di lapangan untuk menyelesaikan permasalahan pencemaran logam berat pada ekosistem perairan.

 

Adapun Penelitian yang dilakukan Dr. M. Idris, S.Si, M.Si yang berjudul “Rekayasa Lingkungan dalam Pertumbuhan dan Propagasi Lobak Singgalang (Brassica oleracea L. var. capitata) untuk Pengembangan Smart Farming dan Climate-Resilient Crop” merupakan bentuk kontribusi perguruan tinggi dalam upaya adaptasi terhadap perubahan iklim terutama dengan merakit varietas tanaman budiaya yang bersifat climate-resilient. Apalagi Lobak singgalang (Brassica oleraceae L. var. capitata) merupakan salah satu komoditas sayuran unggulan yang menjadi ciri khas Sumatera Barat yang penanamannya terbatas di area sekitar gunung Singgalang sehingga sangat rentan terhadap dampak dari perubahan iklim. Adapun target khusus yang ingin dicapai melalui penelitian ini yaitu didapatkanya metode standar untuk sistem hidroponik dan pencahayaan terkontrol dalam pengembangan smart farming lobang singgalang. Dari sudut pandang lain, kegiatan penelkitian ini juga merupakan bentuk kontribusi ilmu dasar (Biologi) dalam upaya pengembangan teknologi dibidang pertanian baik teknologi dalam produksi atau yang saat ini dikenal dengan smart farming.

Gambar. Perlakuan sederhana untuk rekayasa lingkungan untuk tanaman lobak singgalang

 

 

Read 702 times Last modified on Tuesday, 27 September 2022 10:37