Perluas Jaringan Kolaborasi Antar Universitas, Jurusan Biologi FMIPA Unand Mengadakan Seminar International Bersama Koahsiung Medical University

Kolaborasi antar universitas menjadi hal krusial bagi peningkatan mutu dan kualitas suatu universitas. Banyaknya umpan balik yang didapatkan dalam lingkup capacity building contohnya student exchange, research collaboration menjadi agenda penting dalam usaha peningkatan perluasan jaringan kolaborasi. Untuk itu, Jurusan Biologi FMIPA Unand mengadakan webinar internasional bersama Koahsiung Medical University (KMU) Taiwan sebagai tindak lanjut realisasi kerja sama antar universitas. Webinar yang diadakan secara virtual ini diadakan pada hari Rabu 9 Maret 2022 dengan tema Building network and research collaboration “in light of step forward collaboration between Kaohsiung Medical University and Andalas University.

Dr. Wilson Novarino selaku ketua jurusan Biologi memberikan sambutan sekaligus membuka acara secara resmi dan langsung dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh empat orang keynote speaker dari Universitas Andalas dan KMU. Webinar ini terbagi dua sesi, sesi pertama dimoderatori oleh Ilham Kurnia, M.Si menghadirkan Dr. Chi Yun Kuo dengan topik “Predator learning and the paradox of warning signal diversity: an integration of modeling and meta-analysis” dilanjutkan dengan Prof. Dr. Dewi Imelda Roesma dengan topik “Freshwater fish phylogeography on the uniqueness of the waters on Sumatera”. Sementara itu pada sesi kedua dimoderatori oleh Dr. Rizaldi dengan pemateri Dr. Su Yong Chao membahas topik “Application of phylogenomic and population genomic tools to biogeography and ecological adaptation – cases arachnids and insects” dan dilanjutkan oleh Dr. Huang Yin Tse yang membahas tentang “Insearch for food of gods: ambrosia symbiosis between beetles and fungi”.

Webinar ini ditutup dengan diskusi rencana penguatan kerjasama antara jurusan Biologi Universitas Andalas dengan Koahsiung Medical University (KMU) dalam bentuk dokumen kerja sama resmi (MOU). Selain itu, Dr. Su Yong Chao menambahkan profil Koahsiung Medical University serta beberapa peluang beasiswa yang disediakan oleh KMU dan pemerintah Taiwan untuk mahasiswa asing.

 

Read 610 times Last modified on Tuesday, 27 September 2022 10:41