Dukung Program MBKM, Jurusan Biologi FMIPA Universitas Andalas Mengadakan Sosialisasi MBKM untuk Mahasiswa Biologi

Pendidikan perguruan tinggi merupakan estafet terakhir dalam membentuk dan mengembangkan karakter sumber daya manusia di dunia. Tidak terkecuali di Indonesia, berbagai program dan kebijakan untuk membentuk karakter sumber daya manusia yang mampu bersaing secara global selalu dilakukan secara berkelanjutan. Saat ini, negara Indonesia melalui kementerian pendidikan kebudayaan riset dan teknologi (Mendikbud-Ristek) mengeluarkan kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka yang memberikan kemerdekaan kepada mahasiswa untuk memilih dan menguasai mata kuliah lintas prodi, fakultas bahkan universitas untuk mempersiapkan pimimpin berkualitas serta sumber daya manusia yang siap kerja dengan berbagai tantangan globalisasi masa depan.


Sebagai bentuk tindak lanjut dan dukungan program MBKM ini, Jurusan Biologi FMIPA Universitas Andalas mengadakan sosialisasi tentang program Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka, Sabtu 8 Mei 2020 10:00-12:00 WIB daring di Zoom Meeting. Sosialisasi ini ditujukan kepada mahasiswa Prodi Biologi angkatan 2018 dan 2019.


Sosialisasi ini menghadirkan beberapa narasumber seperti Wakil Rektor I Prof. Dr. Mansyurdin, Kepala UPT MBKM Dr. Tesri Maideliza, bagian Credit Earning UPT MBKM Dr. Putra Santoso dan tim dari WWF Indonesia Dewi Ayu Puspasari, S.Psi. Sosialisasi ini dengan tema tentang peluang Credit Earning, Asistensi Riset dan Magang dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang bisa diambil oleh mahasiswa Biologi FMIPA Universitas Andalas.


WR I dalam sambutannya menyampaikan bahwa Universitas Andalas sangat mendukung berbagai program MBKM yang dicanangkan oleh Kemendikbud. Berbagai kegiatan dan dukungan pendanaan disiapkan oleh Universitas Andalas.


Dr. Tesri Maideliza menyampaikan bahwa UPT MBKM Universitas Andalas mengelola berbagai bentuk program MBKM. Dr. Putra Santoso menjelaskan tentang peluang terdekat yaitu Indonesian International Student Mobility Award, dan Pertukaran Pelajar yang didanai oleh Dikti.


Sedangkan Tim WWF Indonesia menyampaikan tentang peluang magang yang bisa diambil oleh mahasiswa biologi. Terdapat berbagai program magang, mulai dari 1 bulan hingga 12 bulan.


Dalam diskusi yang berlangsung antusias, WWF Indonesia juga memiliki potensi program MBKM lainnya selain magang, seperti asistensi riset. Banyak mahasiswa yang sangat antusias untuk mengikuti program MBKM di semester ganjil 2021- 2022 depan.

 

Read 658 times Last modified on Tuesday, 27 September 2022 10:51