Departemen Biologi Universitas Andalas melaksanakan Guest Lecture Evolusi dan Biosistematika

Senin, 15 Mei 2023, pukul 14.00-16.00 Departemen Biologi, FMIPA Universitas Andalas mengadakan Guest Lecture dengan mengundang Prof. Shuichi Matsumura dari Gifu University, Japan sebagai pemateri di Plaza Biologi. Guest lecture ini dihadiri oleh para dosen dan mahasiswa jurusan Biologi. Kegiatan ini diadakan untuk memperluas wawasan para civitas akademika Biologi UNAND di bidang biosistematika dan evolusi.

Prof. Shuici membawakan materi mengenai penelitiannya yaitu evolusi Japanese Wolf, dimana merupakan subspesies yang sangat berbeda dengan jenis serigala lain. Dari pohon filogenetik yang dihasilkan, masih belum terpecahkan lokasi domestikasi anjing karena berkelompok sama dengan serigala di pohin filogenetik menggunakan mtDNA. Hal ini tentunya sangat menarik untuk dipecahkan.

Selain itu, Prof. Shuici juga mempresentasikan mengenai sejarah evolusi melalui reseptor "taste" atau rasa. Indra perasa penting bagi setiap spesies hewan, karena berhubungan langsung dengan apa yang dimakan/tidak dimakan.Tubuh dan perilaku hewan dapat berubah sesuai dengan habitat, makanan, dan cara hidupnya (evolusi adaptif).Perbedaan urutan DNA reseptor rasa mencerminkan sejarah evolusi masing-masing spesies, menanggapi lingkungannya serta membangun pohon filogenetik memberikan dasar untuk studi tentang sejarah evolusi.

Kegiatan ini berjalan dengan sangat baik, ditandai dengan para peserta baik dosen maupun mahasiswa yang aktif memberikan pertanyaan karna tertarik dengan topik yang dipresentasikan.

Tak hanya itu, Gifu University, Japan juga menjalin kerjasama dengan Departemen Biologi, Universitas Andalas yaitu Sandwhich Program yang diperuntukkan bagi mahasiswa Magister Departemen Biologi. Terdapat kolaborasi pembimbing dari Gifu University yang dibimbing langsung oleh sensei Shuichi dengan ibu Prof. Dewi Imelda Roesma, M.Si (Dosen bidang Genetika dan Biomolekuler, Biologi Unand) dengan mahasiswa PhD di Gifu University yaitu Robi Cahyadi. Harapannya kerjasama tersebut akan terus berjalan baik kedepannya dan menghasilkan kualitas yang lebih baik terutama untuk Departemen Biologi, Universitas Andalas serta kuliah umum ini terus berjalan untuk pengetahuan yang luas untuk civitas akademika Biologi Universitas Andalas.

 

Read 250 times Last modified on Jumat, 19 April 2024 20:57