Webinar Nasional Kultur Jaringan Tumbuhan 2022, Departemen Biologi FMIPA UNAND

Tepat pada hari Sabtu, 26 November 2022 pukul 09.00-11.30 WIB, Departemen Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Andalas, Laboratorium Fisiologi Tumbuhan mengadakan Kegiatan Webinar Kultur Jaringan Tumbuhan dengan tema “Teknik Dasar dan Advance Kultur Jaringan untuk Propagasi, Manipulasi Genetik, dan Konservasi Flora Potensial Indonesia”. Kegiatan webinar ini dilaksanakan oleh panitia yang mengambil mata kuliah Kultur Jaringan Tumbuhan yang dibimbing oleh dosen pengampu mata kuliah yaitu Ibu Dr. Zozy Aneloi Noli dan Bapak Dr. M. Idris. Webinar ini dibuka untuk umum dengan tujuan yang sesuai dengan visi dan misi Departemen Biologi, Universitas Andalas yaitu mengkaji dan mengembangkan biodiversitas dan konservasi sumberdaya hayati, dan melakukan kerjasama untuk mendukung kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi. Tentunya kegiatan ini didukung penuh oleh pihak Departemen Biologi karena disamping menambah wawasan tentang menariknya ilmu kultur jaringan tumbuhan, wabinar ini juga menjadi wadah bagi para mahasiswa Departemen Biologi untuk lebih semangat dan termotivasi dalam memperdalam kajian Kultur Jaringan Tumbuhan.

Pemateri yang dihadirkan di Webinar Kultur Jaringan Tumbuhan ini berasal dari beberapa daerah di Indonesia dan bidang keahlian yang berbeda di lingkup Kultur Jaringan Tumbuhan. Dalam hal ini, semua pemateri memiliki keistimewaan dengan pengalaman yang menarik tantang penelitian yang pernah dilakukan sebelumnya terkait prospek di bidang Kultur Jaringan Tumbuhan. Pemateri pertama yaitu Ibu Resa Sri Rahayu, M.Si dari Pusat Risat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya dan Kehutanan, BRIN, yang memaparkan materi dengan topik Embriogenesis Somatik (Totipotensi & Pemanfaatannya). Pemateri kedua yaitu Bapak Rikno Harnoko, PhD dari Pusat Riset Rekayasa Genetika, BRIN, yang menjelaskan materi dengan topik Transformasi Genetik dengan Agrobacterium: Prinsip Dasar dan Aplikasinya dalam Rekayasa Genetika Tanaman. Pemateri ketiga yaitu Bapak Wahyu Indra Duwi Fanata, PhD dari UPT. Lab Terpadu dan Sentra Inovasi Teknologi, UNEJ, yang memaparkan materi dengan topik pembahasan yaitu Pemanfaatan Teknologi Haploid Ganda dan Genome Editing Untuk Perakitan Varietas Padi Unggul. Pemateri keempat yang juga pelengkap dari semua pemateri yaitu Ibu Widhi Dyah Sawitri, PhD dari Departemen Budidaya Pertanian, UGM, yang memaparkan materi dengan topik pembahasan yaitu Molecular Farming: Potensi Pengembangan Bioteknologi Pertanian di Indonesia.

Webinar ini terlaksana dengan sukses dan mendapat feedback positif dari peserta yang ditinjau dari tingginya jumlah dan antusias peserta saat webinar berlangsung. Selain itu, webinar ini menjadi salah satu kegiatan yang ditungggu-tunggu oleh berbagai kalangan mulai dari guru, mahasiswa, dosen, praktisi, bahkan berbagai instansi penting di seluruh Indonesia. Tidak hanya itu, webinar nasional Kultur Jaringan Tumbuhan ini juga mendapat sorotan penuh oleh beberapa peneliti yang ikut bergabung didalamnya. Gelora antusiasme dari peserta dibuktikan dengan banyaknya yang mendaftar, bahkan tercatat lebih dari 600 orang dengan jumlah kehadiran peserta webinar mencapai lebih dari 400 orang. Kegiatan webinar ini dibuka oleh Bapak Dr. Wilson Novarino selaku Kepala Departemen Biologi, Universitas Andalas. Beliau menyampaikan dukungan penuh terhadap pelaksanaan webinar ini dan berharap kegiatan ini menjadi wadah bagi Departemen Biologi untuk aktif dalam mengembangkan ilmu serta kedepannya dapat mengangkat kegiatan - kegiatan positif untuk mengharumkan nama Departemen Biologi kedepannya. Acara selanjutnya, keempat pemateri menyampaikan materinya dengan sangat semangat yang dimoderatori langsung oleh dosen pengampu mata kuliah Kultur Jaringan Tumbuhan yaitu Dr. M. Idris. Kegiatan diskusi berlangsung sangat menarik bahkan pertanyaan yang diberikan oleh peserta sangat banyak kepada para pemateri. Terakhir kegiatan webinar ditutup oleh Kepala Laboratorium Fisiologi Tumbuhan yaitu Ibu Dr. Zozy Aneloi Noli.

Dengan adanya Webinar Nasional Kultur Jaringan Tumbuhan ini, semoga Departemen Biologi kedepannya bisa terus melaksanakan dan mengangkat kegiatan ini dengan pemateri-pemateri yang luar biasa. Kemudian besar harapan dari pihak Departemen Biologi terutama panitia agar webinar selanjutnya juga diikuti oleh peserta dengan semangat dan antusias yang tinggi. Seluruh panitia mengucapkan terima kasih banyak kepada pihak-pihak yang berpartisipasi dalam kesuksesan dan kelancaran acara Webinar Kultur Jaringan Tumbuhan ini.

 

Penulis Tim Webinar Nasional Kultur Jaringan Tumbuhan 2022

 

 

 

 

 

 

 

Read 478 times Last modified on Selasa, 29 November 2022 19:31