Mahasiswa Biologi Lolos Pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa 2022

Program Kreativitas Mahasiswa merupakan ajang bergengsi yang telah ditunggu-tunggu oleh mahasiswa di seluruh Indonesia dalam beberapa tahun belakangan. Program ini memberikan pendanaan bagi mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan berupa penelitian, kewirausahaan, dll. Kegiatan ini nanti bermuara pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional yang diadakan setiap tahunnya di Universitas yang berbeda-beda sebagai tuan rumah.



Pada pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa yang biasa disingkat dengan PKM ini pada tahun 2022 terdapat penuurunan anggaran yang sangat besar, sehingga hanya sedikit tim yang bisa didanai usulan kegiatannya. Walaupun hanya sedikit, tim mahasiswa dari Jurusan Biologi tetap berhasil mendapat pendanaan pada tahun ini setelah diseleksi di tingkat nasional. Tim pertama yang digawangi oleh mahasiswa yang bernama Elni Fatimah di bawah bimbingan Dr. Putra Santoso berhasil lolos pada skema PKM-RE dengan topik Efek Antiinflamasi Eko-Enzim dari Fermentasi Kulit Buah terhadap Mencit yang Terinduksi Karagenan. Tim kedua yang digawangi oleh mahasiswa yang bernama Maya Sari di bawah bimbingan Dr. M. Idris juga berhasil lolos dengan skema yang sama dengan topik Koleksi dan Mikropropagasi Kubis Singgalang (Brassica Oleracea Var.Capitata) Sebagai Upaya Konservasi in vitro Berkelanjutan Sayuran Khas Sumatera Barat.

Dengan lolosanya dua tim dari Jurusan Biologi membawa harapan besar kepada Mahasiswa agar penelitiannya berjalan dengan lancar dan dapat lolos pada ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2022. Jurusan Biologi juga memberikan apresiasi kepada mahasiswa yang berprestasi di tingkat nasional pada PIMNAS yaitu tidak perlu lagi mengikuti Seminar Proposal dan Hasil Penelitian dan hanya tinggal mengikuti Ujian Akhir Sarjana dengan catatan jika kegiatan PKM-REnya itu dijadikan sebagai Skripsi.

Read 543 times Last modified on Selasa, 27 September 2022 10:10