6 Dosen Biologi Lolos Pendanaan Penelitian RKI dan Hibah Kompetitif Nasional Tahap II

 

Perguruan tinggi yang tergabung di dalam 16 PTNBH telah mengumumkan tentang Penelitian yang didanai dalam program Riset Kolaborasi Indonesia (RKI) untuk tahun pelaksanaan 2022. Universitas Andalas turut berpartisipasi sebagai host dan mitra bersama perguruan tinggi lainnya.

 

Dosen jurusan Biologi yang mewakili Universitas Andalas sebagai host yang lulus pendanaan adalah Dr. Henny Herwina dengan mengusung riset tentang peran keanekaragaman serangga sebagai agen servis ekosistem pada pengembangan sistem pertanian berkelanjutan bagi ketahanan pangan. Pada kesempatan kali ini Dosen yang biasa disapa Henny ini bermitra dengan dua orang dosen PTNBH lainnya dari ITS dan USU. Sebagaimana tertulis di dalam pengumuman tersebut, Henny lulus pada pendanaan Skema A yang wajib menyertakan minimal dua PTNBH lainnya sebagai mitra.

 

Dosen Bologi juga berpartisipasi sebagai mitra bersama PTNBH lainnya yang bertindak sebagai host. Dosen Biologi yang menjadi mitra dengan UNP adalah Dr. Djong Hon Tjong dengan topik penelitian studi molekuler dan morfologi untuk mengungkap kekayaan spesies cicak jari lengkung di kawasan karst rawan eksploitasi sumatera barat. Dr. Putra santoso juga menjadi mitra dari USU pada topik penelitian pengembangan nanoherbal gagatan harimau (Vitis gracilis bl) sebagai gen penguat Vitalitas seksual dan non-seksual tikus jantan (Rattus norvegicus): pendekatan Molekuler, hormonal, dan seluler. Selain itu tidak ketinggalan Prof. Dr. Indra Junaidi Zakaria yang menjadi mitra dari UNHAS pada penelitian dengan topik aplikasi dna barcoding pada identifikasi kista dinoflagellata di sedimen dari perairan sumatera, jawa dan sulawesi sebagai deteksi dini kasus alga bloom.

 

Tidak hanya itu, dosen Jurusan Biologi juga berhasi lolos untuk pendanaan penelitian Hibah Kompetitif Nasional 2022 dari RISTEKDIKTI yang diumumkan pada tanggal 27 Mei 2022 lalu. Dosen Biologi yang lolos tersebut diantaranya adalah Dr. Anthoni Agustien pada skema Penelitian Dasar Unggulan Perguruan Tinggi dengan topik penelitian isolasi, skrining dan identifikasi berbasis biomolekuler mikroba endofitik tumbuhan Rhizophora spp. yang berpotensi menghasilkan antioksidan, alkohol dan 1,3 β-glukan yang berguna dalam menghadapi masa pandemi covid-19. Prof. Dr. Dewi Imelda Roesma juga berhasil lolos pada skema yang sama dengan topik penelitian Pergerakan dan Kematian Sel yang Diinduksi Ekstrak Ovarium Ikan Buntal (Tetraodon leiurus Bleeker 1850) Danau Singkarak pada Sel Kanker Payudara.

 

Dengan banyaknya dosen Jurusan Biologi yang lolos dalam pendanaan penelitian tingkat nasional diharapkan nanti dapat memberikan sumbangsih di dalam kemajuan ilmu pengetahuan dengan output berupa artikel-artikel ilmiah yang berkualitas yang diterbitkan di jurnal-jurnal internasional bereputasi. Sumbangsih ini juga diharapkan nantinya dapat meningkatkan peringkat Jurusan Biologi di SINTA dan meningkatkan IKU Universitas Andalas.

 

 

Read 727 times Last modified on Selasa, 27 September 2022 10:34