Selamat! Dosen Biologi lulus seleksi pendanaan penelitian sebanyak 24 judul dari DIKTI

Jurusan Biologi FMIPA UNAND yang diwakili oleh 13 orang dosen, berhasil lolos sebagai  Penerima Program Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri Program Penelitian Kompetitif Nasional dan Penugasan di Perguruan Tinggi Tahun Anggaran 2022 sebanyak 24 judul penelitian berdasarkan Keputusan Kuasa Pengguna Anggaran Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian Kepada Masyarakat Nomor 033/E5/PG.02.00/2022 tanggal 27 April 2022.

Jumlah tersebut di atas mewakili 25% dari total 96 judul penelitian yang didanai di tingkat Universitas Andalas dan 50% di tingkat FMIPA. Capaian ini tentunya akan menjadi media kolaborasi penelitian antara dosen, mahasiswa dan mitra kerja yang selama ini menjadi salah satu keunggulan Jurusan Biologi. Selain itu, berdasarkan topik dan skema pendanaan (PTM, PDD, PDKN dan PTKN) yang diajukan, menunjukkan adanya diversifikasi kajian dan tingkatan kesiapan penelitian yang dilakukan di Jurusan Biologi. Hal ini memberikan gambaran pengembangan kegiatan penelitian yang bisa dilakukan pada masa datang.

Penelitian bidang biologi membutuhkan pengetahuan, skill, peralatan dan pendanaan tersendiri sehingga menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. Hasil penelitian tersebut bisa dirujuk oleh peneliti lainnya di seluruh dunia, bisa dimanfaatkan sebagai dasar dalam pengambilan kebijakan oleh pemerintah, diaplikasikan di dunia usaha dan juga dunia industri (DUDI). Oleh sebab itu, kegiatan penelitian mesti dikembangkan dan diadaptasikan dengan kebutuhan masa sekarang serta mengantisipasi perkembangan pada masa datang. Hal inilah yang menjadi salah satu kerangka dasar dari kegiatan penelitian yang dilakukan di Jurusan Biologi. Pelibatan mahasiswa dalam kegiatan penelitian dosen diharapkan bisa menjadi media transfer pengetahuan, skill dan sikap sebagai peneliti yang berdaya saing. Lulusan-lulusan jurusan Biologi ini diharapkan bisa berkontribusi bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan berkontribusi dalam upaya pembangunan bangsa di masa yang akan datang.

 

Tabel. Daftar nama, judul penelitian dan skema pendanaan dari Jurusan Biologi yang behasil lolos seleksi  Penelitian Kompetitif Nasional dan Penugasan di Perguruan Tinggi Tahun Anggaran 2022

 

 

 

Read 861 times Last modified on Selasa, 27 September 2022 10:35