Membanggakan, Alumni Biologi FMIPA Unand Lolos Beasiswa LPDP di University of Zurich Swiss dan Global Korean Scholarship (GKS) di Yeungnam University Korea

Menjadi salah satu awardee dari program beasiswa bergengsi LPDP Indonesia merupakan sebuah anugerah besar bagi pemburu beasiswa saat ini. Tak terkecuali bagi salah satu alumni Biologi Unand Muhammad Azwar yang menamatkan sarjananya dimasa pandemi Covid-19 tahun lalu. Azwar lulus untuk beasiswa program Master of Science bagian Plant Science Division, Faculty of Natural Science pada salah satu Universitas top Eropa, University of Zurich di Swiss. Bagi Azwar, selain dukungan dari kedua orang tuanya yang sangat peduli dengan pendidikan, menjadi diri sendiri dan mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin merupakan kunci dari kesuksesannya meraih beasiswa ini.

Serupa tapi tak sama, Nola Suryani Putri juga berhasil meraih beasiswa studi luar negri dengan beasiswa Global Korean Scholarship (GKS) untuk program Doctoral degree. Alumni Biologi ini baru saja menamatkan studi Pascasarjana di jurusan Biologi FMIPA Unand dan langsung melanjutkan sekolah program Doktor, bagian Department of Biotechnology, Yeungnam University di Korea Selatan. Melanjutkan sekolah di negri gingseng Korea sudah menjadi cita-cita Nola sejak dibangku Sekolah Menengah Atas. Kecintaanya dengan hal yang berhubungan dengan korea memotivasinya untuk selalu mencoba program beasiswa ini. Pernah gagal meraih beasiswa tersebut untuk melanjutkan sekolah sarjana tidak mengurungkan semangatnya untuk mencoba lagi ketika sedang melanjutkan sekolah di pascasarjana Biologi Unand. Membangun komunikasi yang baik diiringi dengan persiapan yang matang merupakan kunci dari keberhasilan Nola meraih beasiswa ini.

Hal ini menjadi berita bahagia sekaligus membanggakan bagi Jurusan Biologi FMIPA Unand. Adanya kiprah alumni yang melanjutkan studi di beberapa Universitas bergengsi dunia secara tidak langsung memberikan good impact untuk pengembangan jurusan Biologi kedepannya. Harapannya, dengan adanya contoh kiprah alumni yang membanggakan ini mejadi motivasi dan trigger tersendiri bagi para mahasiswa Biologi agar mempunyai semngat yang kuat untuk meingkatkan dan melanjutkan studi mereka.

Selamat Azwar dan Nola. SYRD

Read 988 times Last modified on Selasa, 27 September 2022 10:47