Pengabdian Kepada Masyarakat : Budidaya Anggrek sebagai salah satu usaha untuk peningkatan Ekonomi Keluarga di Koto Kaciak, Mata Air, Padang

Sebagai salah satu komitmen dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan tinggi Jurusan Biologi Fakultas matematika dan Ilmu Pengetahuan Universitas Andalas telah melakukan pengabdian kepada masyarakat di kampung KB desa Mato Air Padang. Bentuk pengabdian kali ini bertema praktek budidaya anggrek skala rumah tangga sebagai salah satu alternative daam meningkatkan perekonomian keluarga.

Pengabdian ini dilaksakanan pada Sabtu 6 Maret 2021 bertempat di salah satu perumahan warga yang telah lama berkecimpung dan menjadi praktisi dalam budidaya anggrek. Dr. Mairawita, M.Si selaku narasumber menjelaskan bagaimana teknik dan kiat-kiat sukses dalam budidaya anggrek serta dapat dijadikan tambahan pendapatan keluarga. Dalam kesempatan ini warga diberikan teori perbanyakan anggrek dan bagaimana pemeliharaan anggrek yang sering selama ini masyarakat salah kaprah dan menganggap sulit dalam budidaya anggrek tersebut.

 

Pada pengabdian kali ini masyarakat juga disuguhi berbagai macam varietas anggrek mulai dari yang murah sampai yang bernilai ekonomi tinggi. Hal ini bertujuan bertujuan memberikan semangat masyarakat dalam budidaya anggrek. Masyarakat juga diserahkan satu pot anakan anggrek sebagai awal dari semangat budidaya anggrek dalam skala rumah tangga. Selain itu, masyarakat juga diajak berkeliling melihat kebun bunga anggrek milik salah satu warga yang telah lama membudidayakan anggrek dan memiliki berbagai jenis anggrek.

 

Sebanyak dua puluh tiga orang staf dosen Jurusan Biologi melakukan pengabdian kepada masyarakat ini. Ikut serta dalam kegiatan ini komunitas anggrek dari daerah wisata Bukittinggi dan juga  kota Padang.  Selama berlangsungnya kegiatan pengabdian ini, dapat dilihat antusias warga untuk berbudidaya anggrek dengan hadir tepat pada waktu dan memberikan beberapa pertanyaan baik selama diskusi berlangsung maupun kunjungan ke lapangan.

 

Read 430 times Last modified on Selasa, 27 September 2022 11:00