Pengabdian kepada Masyarakat: Teori dan Praktek Budidaya Magot Lalat Tentara Hitam (BSF) bersama Jurusan Biologi UNAND dan Koperasi MDM

Lalat tentara hitam atau biasa dikenal dengan Black Soldier Fly (BSF) atau dalam bahasa latin bernama Hermetia illucens merupakan salah satu jenis lalat yang mempunyai banyak manfaat bagi manusia. Lalat ini bukanlah vektor penyakit seperti jenis lalat lainnya yang hinggap di tempat kotor dan membawa kuman ke makanan kita. BSF adalah jenis lalat bersih dan bukan vektor penyakit. Magot atau larva dari BSF ini mempunyai banyak manfaat seperti untuk makan ayam, makan ikan, subtitusi protein pakan, makan burung dan lain-lain. Magot menjadi protein alternatif untuk makanan ternak, oleh sebab itu budidaya maggot untuk berbagai keperluan akan mengefisiensikan produksi pakan bagi para peternak.

Jurusan Biologi Universitas Andalas dan Bank Sampah & Eco-Enzyme Koperasi Mandiri dan Merdeka Kota Padang mengadakan kegiatan teori dan praktek budidaya magot BSF pada hari Sabtu tanggal 06 Maret 2021 di Rumah Magot Komplek Bukit Belimbing Indah Blok A5 Kota Padang. Yang memberikan materi terkait teori dan cara praktek magot tersebut adalah Dr. Resti Rahayu yang sekaligus pemilik rumah magot, Dosen Jurusan Biologi dan Praktisi budidaya magot BSF. Peserta kegiatan sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Para peserta datang dari berbagai profesi, dimulai dari peternak ayam, pembudidaya ikan koi, praktisi hidroponik, dosen, jurnalis dan lain-lain yang sekaligus anggota Koperasi MDM.


Dr. Resti Rahayu mengatakan bahwa magot adalah solusi untuk protein alternatif bagi ternak baik itu diberikan secara langsung atau dijadikan subtitusi protein pakan. Maggot menjadi solusi penanganan sampah organik di perkotaan, karena dalam beberapa gram maggot saja bisa menghabiskan berkilo-kilo sampah organik. Budidayanya juga tergolong murah dan mudah untuk dilakukan oleh siapa saja.

Harapannya dari terselenggaranya kegiatan ini bisa memotivasi masyarakat untuk mengolah sampah organik rumah tangga dan mendapatkan hasil secara ekonomi dari produksi larva magot melalui jaringan yang terintegrasi bersama koperasi dan perguruan tinggi.

Read 1394 times Last modified on Selasa, 27 September 2022 11:00