Pengabdian Kepada Masyarakat Jurusan Biologi di Desa Talago Gunung, Sawahlunto


Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Andalas selalu berkomitment untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, dimana salah satunya dengan mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat. Dalam pelaksanaannya, seringkali Jurusan Biologi memadukannya dengan prinsip-prinsip dasar keilmuan Biologi yang menjadi pokok keahlian staff yang ada.

Mengambil kesempatan pada hari Sabtu, 27 Februari 2021 dan bertempat di Balai Desa Talago Gunung, Kota Sawahlunto, sebanyak sebelas orang staf pengajar Jurusan Biologi melakukan kegiatan pengabdian masyarakatnya. Disesuaikan dengan agenda desa setempat yang akan menghadapi kompetisi Perberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) tingkat daerah dan nasional, maka topik pengabdian pun disesuaikan dengan ini. Materi pemberdayaan masyarakat tersebut dititikberatkan kepada pemaksimalan penggunaan lingkungan di sekitar rumah tangga untuk mendukung kesejahteraan keluarga yang menjadi inti dari kegiatan PKK selama ini.


Tampil sebagai pemateri adalah Dr. Mairawita yang pernah menjadi anggota tim juri kompetisi PKK tingkat Sumatera Barat didampingi oleh Dr. Nurainas. Selain penyampaian presentasi tentang tata laksana persiapan dan tips untuk tampil terbaik dalam kompetisi PKK tersebut, juga diberikan pengetahuan tentang pembuatan pupuk organik berbahan limbah rumah tangga, pemeliharaan dan perawatan tanaman anggrek serta budidaya jamur secara sederhana. Pada intinya, dengan memaksimalkan kesejahteraan keluarga melalui pemanfaatan lingkungan sekitar dengan bahan-bahan yang tersedia dengan mudah murah menjadi point penting, baik dalam pelaksanaan kegiatan PKK itu sendiri ataupun dalam lingkup perlombaan yang akan diikuti.

Ikut hadir dalam kegiatan ini Camat beserta istri yang menjadi penggerak PKK tingkat kecamatan, serta ketua Kerapatan Adat Nagari. Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi, peninjauan persiapan lomba PKK di lapangan, serta kegiatan makan bersama di balai KAN Nagari.

Kader PKK yang ikut dalam kegiatan ini memberikan respons positif melalui antusiasme dalam sesi diskusi dan peninjauan ke lapangan. Melalui beberapa perwakilannya, kader PKK Nagari lebih lanjut mengharapkan agar Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Andalas dapat menjadi wilayah mereka sebagai binaan ke depannya.

Read 546 times Last modified on Selasa, 27 September 2022 11:01