Resensi Buku: Fisiologi Hewan (Prinsip-Prinsip Dasar) oleh: Dr. Putra Santoso

Salah satu tugas staff pengajar universitas selain mengamalkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, juga terus mengembangkan dan menyebarkan keilmuannya melalui karya-karya ilmiah yang dihasilkannya. Staff pengajar Jurusan Biologi, Dr. Putra Santoso belum lama ini menerbitkan buku ajar di bidang yang ditekuninya, Fisiologi Hewan.


Sejak diterbitkannya sampai beberapa saat yang lalu, buku ini telah mendapatkan perhatian dari berbagai khalayak yang menekuni bidang keilmuan yang sama. Sementara buku ini dapat dipesan langsung kepada pengarang. Sedangkan yang penasaran dengan isi buku, dapat membaca sinopsis singkat dari buku tersebut di bawah. Semoga penerbitan buku ini akan disusul dengan buku-buku lain dari berbagai bidang yang ada di bawah payung keilmuan Biologi.

SINOPSIS BUKU

Proses-proses fisiologi yang berlangsung pada tingkat sel, jaringan dan organ serta interkoneksi antar sistem organ pada hewan dan manusia merupakan wujud nyata dari kehidupan secara biologis. Dengan memahami prinsip dasar, mekanisme dan manifestasi dari proses-proses tersebut, kita akan sampai pada suatu kesepakatan bahwa hidup dalam perspektif biologi adalah suatu tatanan kompleksitas yang penuh keteraturan dan terkendali. Kesepakatan ini juga akan membuat kita menjadi lebih cerdas dan arif dalam membaca peristiwa-peristiwa fisiologis yang berjalan di sekujur tubuh hewan dan tubuh kita sendiri sebagai manusia.

Buku ajar untuk universitas ini terdiri atas 14 bab yang memaparkan prinsip-prinsip dasar dari sistem tubuh hewan baik kelompok uniseluler maupun multiseluler. Bab pertama mendeskripsikan tentang deskripsi matakuliah fisiologi hewan serta panduan penyelenggaraan aktivitas pembelajaran bagi dosen dan mahasiswa. Bab kedua membahas tentang konsep sentral dalam fisiologi yaitu HOMEOSTASIS. Selanjutnya, pada bab-bab berikutnya dideskripsikan secara runtun mekanisme kerja dan manifestasi dari sistem-sistem yang ada pada hewan dan manusia mulai dari sistem respirasi hingga sistem reproduksi. Setiap bab terdiri atas capaian pembelajaran, paparan materi, rangkuman dan evaluasi. Khusus untuk evaluasi, terdapat dua tipe yaitu soal-soal (pilihan ganda, soal essai, soal high order thinking atau HOT) dan tugas khusus membuat essai sesuai topik yang terkait dengan pokok pembahasan pada suatu bab.

Buku FISIOLOGI HEWAN ini ditujukan untuk dosen, mahasiswa S1 dan sebagai pengantar bagi mahasiswa pascasarjana biologi, peternakan, kedokteran dan bidang-bidang lainnya yang relevan. Konten buku ini juga sangat cocok untuk peserta olimpiade biologi baik pada level universitas maupun sekolah menengah (olimpiade sains nasional; OSN, dan International Biology Olympiad; IBO).

Read 1588 times Last modified on Selasa, 27 September 2022 11:03