Edukasi Kesehatan dan Pengolahan Sampah di Lingkungan Nelayar Pasir Jambak, Padang (Di Rumah Anak Sholeh (RAS)

Tim Pengabdian Kepada masyarakat Jurusan Biologi FMIPA UNAND melakukan kegiatan bersama dengan Rumah Anak Shaleh pada hari minggu tanggal 22 November 2020 di tepian pantai Pasir Jambak Kota Padang. Anak-anak datang dengan wajah sumringah dengan hati yang senang, anak-anak tersebut adalah anak-anak yang dibina oleh Rumah Anak Shaleh (RAS).

Kegiatan yang dilakukan diprakarsai oleh Tim Pengabdian Masyarakat dari Jurusan Biologi Unand dengan topik Pemanfaatan koran bekas untuk keterampilan bernilai ekonomi dan juga pengenalan kesehatan diri di masa Pandemi Covid-19 bagi anak-anak. Tim Pengabdian Masyarakat Jurusan Biologi yang diketuai oleh Dr. Resti Rahayu mengatakan Anak-anak diajarkan cara cuci tangan dan memasang masker yang benar, tetap jaga jarak dan tetap berzikir dan bersalawat. Ibu yang akrab dipanggil Ibu Ayu ini berharap kegiatan ini mampu menambah keterampilan anak-anak dalam memanfaatkan barang-barang bekas dan lebih menjaga diri dan kesehatan di masa Pandemi. Dalam rangka mengurangi jumlah sampah plastik dan menyelamatkan bumi, kegiatan tidak menyediakan air minum kemasan sekali pakai, namun menyediakan air isi ulang sekaligus pembagian botol minum yang bisa dipakai berulang kali oleh anak-anak RAS dalam kesehariannya.

Tim disambut oleh Bunda Fristina Yeni  yang merupakan koordinator lapangan RAS Pasir Jambak dan juga merupakan perwakilan dari Yayasan Anak Shaleh 85. Bunda Yeni bersama para mentor RAS, menyampaikan kegiatan dilakukan ini sangat mendukung pengembangan karakter dari anak-anak yang dibina oleh Rumah Anak Shaleh. Rizol Arjismi sebagai kakak pendamping di RAS mengungkapkan bahwa mereka telah melakukan pendampingan dan pengembangan karakter anak-anak selama 8 tahun di Pasir Jambak. Sehingga dukungan moril dan materil semua pihak sangat diharapkan untuk pengembangan karakter berkelanjutan anak-anak di sepanjang pesisir pantai kota Padang.

Kegiatan dilakukan hingga siang hari dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19 atau 3 M Plus (Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak) plusnya Meminta Perlindungan kepada yang Satu, Tuhan YME. Tim Pengabdian Jurusan Biologi kemudian juga memberikan bantuan berupa buku-buku untuk penunjang pengembangan karakter anak-anak dan peralatan kesehatan berupa masker, faceshield, peralatan cuci tangan untuk penunjang kesehatan demi kelancaran kegiatan RAS di masa pandemi Covid-19. Bantuan yang diberikan  merupakan titipan dari para Dermawan.

Kegiatan ini juga bekerjasama dengan Warung Ikhlas Dunsanak yang sudah sangat familiar dikalangan anak-anak RAS dan Masyarakat disekitar Kampung nelayan Pasir Jambak dan Ibu Epi dari Bank Sampah Kuranji serta juga melibatkan para Adik-Adik Mahasiswa S1 dan S2 dari jurusan Biologi.  Ketua Jurusan Biologi FMIPA UNAND Dr. Mairawita, yang turut hadir menyampaikan, Unand mengapresiasi program yang dilakukan oleh Yayasan Anak Shaleh 85. Sehingga program tersebut bisa menarik Universitas salah satunya Jurusan Biologi melakukan Pengabdian kepada masyarakat yang merupakan salah satu Tri Dharma perguruan tinggi yang diilakukan sebagai agenda rutin tahunan. Anak-anak berkarakter dan shaleh adalah generasi penerus bangsa yang akan menjadikan Indonesia maju di masa yang akan datang.

Tim Pengabdian Masyarakat Jurusan Biologi FMIPA UNAND juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung, membantu, dan berdonasi, terutama Ketua Jurusan dan segenap Dosen di Jurusan Biologi dan Matematika FMIPA UNAND. Semoga kegiatan yang mendukung kegiatan pembinaan karakter anak-anak penerus bangsa dapat dilakukan secara berkelanjutan karena dukungan dan bantuan semua pihak.

 

Read 847 times Last modified on Selasa, 27 September 2022 11:08