Diskusi Interaktif Jurusan Biologi Fmipa Unand Bersama Alumni Dalam Pengembangan Kurikulum Prodi S1 dan Prodi S2

 

Jurusan Biologi FMIPA UNAND dalam rangka pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mas Menteri Nadiem Makarim dan dalam internasionalisasi perguruan tinggi melalui kegiatan akreditasi internasional ASIIN melakukan diskusi interaktif bersama para alumni Biologi FMIPA UNAND lintas angkatan. Kegiatan ini diadakan pada hari Sabtu, tanggal 07 November 2020 dimulai pada jam 19.30 WIB hingga dini hari. Kegiatan dilakukan secara daring via platform video conference menggunakan aplikasi Zoom Meeting, kegiatan temu alumni pertama di Biologi yang dilakukan secara daring untuk menekan penularan Covid-19. Alumni Prodi S1 dan Prodi S2 yang hadir lebih dari 150 orang dari berbagai angkatan dan profesi, mulai dari akademisi, praktisi konservasi, pegawai pemerintah, peneliti, analis laboratorium, karyawan di perusahaan nasional, pengusaha, dll.

Kegiatan dibuka langsung oleh Ketua Jurusan Biologi FMIPA UNAND Dr. Mairawita dan dihadiri juga oleh Wakil Rektor Bidang I Universitas Andalas Prof. Dr. Mansyurdin. Pada kesempatan tersebut Prof. Dr. Mansyurdin memaparkan bahwa Universitas Andalas sedang mencanangkan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka untuk semua prodi di Universitas Andalas, hal yang sama juga diteruskan oleh Dr. Mairawita bahwa Jurusan Biologi juga akan melakukan revisi kurikulum untuk menuju Merdeka Belajar Kampus Merdeka tersebut dan juga sedang mempersiapkan akreditasi internasional melalui ASIIN.

Peningkatan kompetensi lulusan yang unggul, berdaya saing, dan responsif terhadap perubahan sejalan dengan revisi kurikulum MBKM dan persiapan menuju akreditasi internasional. Oleh sebab itu, masukan dari para alumni Prodi S1 dan Prodi S2 yang telah terlebih dahulu berkarir di dunia kerja sangat dibutuhkan dalam meningkatkan kurikulum pembelajaran untuk peningkatan kualitas lulusan. Alumni yang hadir mulai dari berbagai generasi, dari yang senior hingga yang paling junior. Setiap lintas angkatan alumni memberikan masukan mereka masing-masing untuk pengembangan kurikulum Prodi S1 dan Prodi S2 jurusan Biologi.

Masukan paling banyak yang diterima yaitu pengembangan softskill mahasiswa di bidang teknologi, baik itu pengembangan teknologi atau adaptasi penggunaan teknologi terbaru yang sesuai dengan zaman untuk efisiensi pekerjaaan. Lalu masukan lainnya berupa pengembangan pembelajaran yang aplikatif yang sedang digunakan oleh kebanyakan industri. Selain itu, skill lapangan mahasiswa Prodi S1 dan Prodi S2 Biologi tetap dipertahankan, karena skill tersebut juga sangat berguna ketika mahasiswa tersebut tamat nantinya. Masukan-masukan bernas lainnya juga banyak datang dari alumni-alumni muda Jurusan Biologi FMIPA UNAND.

 

Masukan-masukan tersebut sangat bermanfaat untuk pengembangan kurikulum Jurusan Biologi kedepannya untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berkontribusi dalam perkembangan zaman, serta kemajuan bangsa dan Negara Republik Indonesia.

Kegiatan kemudian ditutup oleh Penanggung Jawab kegiatan yaitu Dr. Dewi Imelda Roesma yang mengucapkan terima kasih kepada seluruh alumni Prodi S1 dan Prodi S2 Biologi yang telah berkesempatan hadir dan memberikan masukan-masukan yang membangun untuk kemajuan almamaternya. Diharapkan nanti jurusan Biologi bisa menjadi Jurusan yang bereputasi di tingkat nasional dan internasional. 

Read 807 times Last modified on Sabtu, 15 Juli 2023 15:08