Mahasiswa Departmen Biologi FMIPA UNAND Menjadi Salah Satu Tokoh Perempuan Penggerak Perlindungan Perempuan dari Kekerasan Berbasis Gender (KBG) pada Masa Bencana di Sumatera Barat

Perempuan penggerak perlindungan perempuan dari kekerasan berbasis gender (KBG) pada masa bencana di Sumatera Barat merupakan program yang dilaksanakan oleh pemerintah di bawah naungan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlingungan Anak Sumatera Barat bekerja sama dengan Yayasan Kerti Kraja dan UNFPA. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan apresiasi pada para perempuan yang telah berjasa dalam mengurangi kekerasan gender di tengang masyarakat terutama ketika adanya bencana di daerah sumatera barat.

Cheria Hafizah Putri merupakan mahasiswa Departemen Biologi Universitas Andalas angkatan 2019 yang menjadi salah satu tokoh yang terpilih dalam kegiatan ini. Penghargaan ini diberikan atas partisipasi beliau dalam menjadi relawan dalam kegiatan kebencaan yang terjadi di Sumtera Barat. Cheria hafizah putri yang merupakan anggota aktif KCA-LH RAFFLESIA FMIPA UNAND mewakili lembaga untuk turun menjadi relawan gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Pasaman dan Pasaman Barat pada bulan Februari 2022 lalu.

Ketika kegiatan kebencanaan banyak kegiatan yang dilakukan, seperti membantu di dapur umum, pendataan korban, penyaluran bantuan, pencarian korban dan tentunya upaya utnuk menghindari kekerasan gender ketika kondisi bencana.

Harapannya dalam terpilihnya Cheria Hafizah Putri sebagai tokoh perempuan Penggerak Perlindungan Perempuan dari Kekerasan Berbasis Gender (KBG) dapat menjadi penggerak dalam menguruangi kekerasan gender yang terjadi di lingkungan kampus. Dan dapat memsosialisasikan permasalahan ini kepada mahasiswa Universitas Andalas agar tidak menjadi korban dan pelaku dalam kekerasan seksual.

Read 613 times Last modified on Wednesday, 21 December 2022 14:16