Mahasiswa Biologi Unand Terpilih Menjadi Duta Pepelingasih Sumatera Barat 2022

Usaha dan kerja keras dari Elni Fatimah, seorang mahasiswa dari Departemen Biologi FMIPA UNAND dalam menggerakkan upaya peduli lingkungan dalam berbagai kegiatan yang selama ini dilakukan tidak meenghianati hasil. Usaha bersama yang selama ini dilakukan teman- teman organisasi MAPALA menghantarkan dia menjadi salah seorang dari 2 orang yang terpilih di ajang Pemilihan Duta Pemuda Peduli Lingkungan Asri dan Bersih (Pepelingasih) Sumatera Barat 2022 yang diselenggarakan Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Barat.

Elni Fatimah yang akrab disapa Imah ini merupakan seorang mahasiswa jurusan biologi FMIPA Universitas Andalas. Perannya dalam kegiatan pemerhati Lingkungan dimulai sejak dia aktif berkegiatan di organisasi pecinta alam fakultas MIPA yaitu KCA-LH RAFFLESIA FMIPA UNAND. KCA-LH RAFFLESIA FMIPA UNAND merupakan organisasi kepecintalaman yang khusus bergerak di bidang konservasi dan lingkungan hidup.


"Awalnya saya masuk organisasi ini, karena banyak berhubungan dengan perkuliahan saya di biologi. Namun, seiring berjalan waktu tidak hanya skill lapangan yang berguna di biologi yang saya dapatkan, kami banyak membahas terkait isu lingkungan dan peran pemuda dalam menjaga pelestarian lingkungan" akunya Imah. berawal dari hal tersebut dan dorongan dari berbagai pihak akhirnya Imah memutuskan untuk ikut Pemilihan Duta Pemuda Peduli Lingkungan Asri dan Bersih (Pepelingasih) Sumatera Barat 2022
Imah sangat bersyukur dan tak menyangka sama sekali bisa menang dan bisa mewakili Sumatera Barat, soalnya persaingan tahun sekarang cukup ketat, untuk tahun sebelumnya boleh mengirimkan 4 orang per provinsi, namun tahun sekarang maksimal hanya 2 untuk tiap-tiap provinsi. Namun, Alhamdulillah setelah melengkapi semua syarat-syarat yang dibutuhkan dan mengikuti seleksi wawancara Allah memberi kesempatan kepada Imah untuk mewakili Sumatera Barat pada tahun 2022.

“Usaha dan niat yang lurus tidak akan mengkhianati hasil. Lakukan apa yang bisa untuk lingkungan. Ketika kita menjaga lingkungan, maka kita juga sedang menjaga masa depan generasi kita" tutur Mahasiswa berprestasi FMIPA 2022 ini.

Selain itu, imah juga sudah sudah mengikuti Training of Trainer (ToT) Pemuda Peduli Lingkungan Asri dan Bersih (Pepelingasih) 2022 yang diadakan oleh Kemenpora RI. Dan tanggal 19 November kemaren sudah resmi dilantik sebagai Duta Pepelingasih nasional bersama dengan perwakilan duta Pepelingasih lainnya dari berbagai provinsi.

ToT Pepelingasih itu sendiri merupakan pelatihan pengembangan sumber daya manusia dengan tujuan utamanya adalah melatih peserta menjadi pemimpin dan pelatih di bidang lingkungan hidup yang mencakup perbaikan lingkungan di darat, laut dan udara serta pengolahan sampah atau limbah menjadi barang tepat guna dan bernilai ekonomis tinggi.

Menpora RI mengatakan bahwa urusan lingkungan bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi tanggung jawab seluruh masyarakat Indonesia. Peran serta masyarakat untuk melestarikan dan menjaga lingkungan sangat dibutuhkan. "Kita sebagai negara kepulauan tentunya banyak sumber daya alam, baik yang ada di daratan, lautan dan lainnya untuk dijaga kelestariannya. Apalagi kita sudah mencanangkan pembangunan yang berkelanjutan. Karena itu, sekarang ini kita harus memastikan bahwa sumber daya alam bisa diperuntukan untuk satu kehidupan yang panjang.”

Harapan Imah setelah dilantik sebagai Duta Pepelingasih Sumatera Barat dan Duta Pepelingasih Nasional untuk tahun 2022 bisa menjadi role model yang baik untuk masyarakat luas dan bisa menginspirasi muda-mudi Sumatera Barat lainnya, untuk bisa aktif dalam kegiatan pelestarian lingkungan. " Mari kita mulai dari hal-hal kecil untuk menjaga lingkungan sekitar kita" tuturnya diakhir wawancara.

Read 471 times