Gresia Puteri, mahasiswa Jurusan Biologi yang menjadi lulusan terbaik Wisuda II Universitas Andalas 2021

Gresia Puteri adalah mahasiswa Jurusan Biologi FMIPA UNAND yang berasal dari Kabupaten Tanah Datar lulus sebagai Sarjana Sains dari Universitas Andalas (Unand) pada wisuda 29 Mei 2021 dan memperoleh predikat sebagai lulusan terbaik. Gresia menamatkan studi dengan predikat cumlaude (dengan pujian) dengan masa studi 3 tahun 8 bulan dan indeks prestasi kumulatif yang cemerlang yaitu 3,89.

Gresia telah menunjukkan prestasi luar biasa sejak di bangku sekolah dasar di SD 22 Balai Janggo Pagaruyung (sekarang SD 12 Balai Janggo). Ia selalu menjadi juara kelas dan berhasil masuk ke SMP 5 Batusangkar, sekolah unggul Tanah Datar. Prestasi tersebut tetap berlanjut hingga bangku SMA yang ia tempuh di SMA 1 Batusangkar. Menjadi juara di berbagai kompetisi pun adalah hal biasa bagi gadis yang akrab disapa Gresia ini.

Gresia melanjutkan studi sarjana di Jurusan Biologi Unand setelah lulus Seleksi Ujian Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2017. Di tahun pertama kuliah, Gresia memperoleh penghargaan Juara II lomba menulis esai mahasiswa tingkat nasional.

Berbagai kejuaraan ajang kepenulisan sering didapatkannya selama di bangku kuliah, membawanya menjadi Mahasiswa Berprestasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Andalas tahun 2020.
Selain cemerlang di bidang akademik, semasa studi di Unand, Gresia pun kerap mendapat amanah untuk menjadi pembawa acara (master of ceremony) di berbagai kegiatan. “Saya senang mengikutinya, karena selain bisa membanggakan banyak pihak, terutama orang tua, bisa dapat reward dan jalan-jalan juga,” ujar anak keempat dari empat bersaudara ini.

Selama masa kuliah di Biologi, Gresia pernah mengikuti pertukaran mahasiswa ke Ibaraki University, Jepang. Gresia juga dapat mengikuti kuliah S2 di jurusan yang sama melalui program jalur cepat (fast track) S1-S2 bagi mahasiswa unggul.

Saat diwisuda sebagai lulusan terbaik sarjana Unand ini, Gresia sudah menempuh semester dua program master (S2). Terakhir, melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, Gresia pun diterima untuk mengikuti pertukaran mahasiswa S2 di National University of Malaysia untuk semester ketiga S2 yang dimulai pada Agustus mendatang. Menurutnya, sangatlah penting untuk membangun relasi dan berwawasan global.

“Saya sangat beruntung karena orangtua dan dosen-dosen saya sangat suportif, program-program yang akan saya apply selalu didukung,” ucap Gresia. Baginya, persoalan finansial bukan hambatan, karena banyak pendanaan dari berbagai program yang dapat diikuti.

“Yang penting coba dulu, masalah finansialnya nanti bisa diakali. Dan alhamdulillah selalu ada jalan keluarnya,” sambung sang Mama yang seorang guru sekolah dasar.

Dalam kesehariannya yang saat ini kuliah online dari rumah, Gresia dapat banyak membantu ayahnya yang seorang kurir paket.

Sumber: https://padek.jawapos.com/iptek/28/05/2021/gresia-puteri-anak-kurir-paket-lulusan-terbaik-universitas-andalas/

Read 1012 times Last modified on Tuesday, 27 September 2022 10:50