Roni Kurniawan

Roni Kurniawan

20 November 2019

Rabu/ 20 November 2019, Plaza Biologi, Jurusan Biologi FMIPA UNAND diresmikan oleh Rektor Universitas Andalas, Prof. Dr. Tafdil Husni, SE, MBA, dalam acara tersebut turut dihadiri oleh Dekan FMIPA Prof. Dr. Mansyurdin, Wakil Dekan II Prof. Dr. Adlis Santoni, Wakil Dekan III Dr. Tesri Maideliza dan Rektor Terpilih 2019-2023 Bapak Prof. Dr. Yuliandri. Hadir juga dalam acara tersebut para tamu dan undangan, staff pengajar dan tendik Jurusan serta Mahasiwa Prodi S1, S2 dan S3 Biologi.

11 Oktober 2019

Kamis/ 10 Oktober 2019, Tim Pengabdian Jurusan Biologi FMIPA UNAND yang diketuai oleh Kurniadi Ilham, M.Si. melakukan salah satu Kegiatan Tri Darma Pergruruan Tinggi yaitu Pengabdian kepada Masyarakat dengan Mengusung tema “Workshop : Menjadi Guru Inspiratif Melahirkan Bintang.” Kegiatan dilaksanakan di Yayasan Dian Andalas Padang, Hadir dalam pengabdian masyarakat tersebut 16 staff pengajar dan tendik Jurusan Biologi UNAND yaitu; 1. Kurniadi Ilham, M.Si, 2. Prof. Dr. Erizal Mukhtar, 3. Dr. Syaifullah, 4. Dr. Mairawita, 5. Dr. Efrizal, 6. Izmiarti, M.S., 7. Dr. Zozy Aneloi Noli, 8. Dr. Nurmiati, 9. Solfiyeni, M.P., 10. Dr. Chairul, 11. Dr. Fuji Astuti Febria, 12. Retno Prihatini, M.Si., 13. Silmi Yusri Rahmadani, M.Si.. 14. Robby Jannatan, M.Si.,15. Roni Kurniawan, S.Kom., 16. Nurhaida, S.Pt.. Acara tersebut dibuka oleh Ibu Ketua Yayasan Dian Andalas dan dilanjutkan dengan materi dari Tim Pengabdian Masyarakat yang dihadiri oleh Guru dan Karyawan di Yayasan Dian Andalas.

 

23 September 2019

BioETI-5 dan IWS-5 terselenggara atas kerjasama antara Biologi Universitas Andalas dan WWF Indonesia. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 19-22 September 2019 dengan rangkaian workshop, seminar utama, seminar paralel dan fieldtrip. Ruang lingkup seminar paralel terbagi ke dalam bidang Biodiversitas, Ekologi, Bioproses, Pengelolaan Sumberdaya Alam Terpadu, Wildlife Conservation (english Session). Acara ini dibuka oleh Bapak Rektor Universitas Andalas, Prof. Dr. Tafdil Husni, M.BA. Dekan Fakultas MIPA Universitas Andalas, Bapak Dr. Masnyurdin, Ketua Jurusan Biologi FMIPA Universitas Andalas, dan Ketua Semnas BioETI-5 dan IWS-5 Bapak Dr. Indra Junaidi Zakaria. Artikel terpilih akan diundang untuk dimuat di Jurnal Biologi Universitas Andalas (J. Bio. U. A) dan Journal of Indonesian Natural History.

Dalam kegiatan ini, kami mengundang 5 orang pembicara utama dari dalam dan luar Universitas Andalas yaitu:

  1. Dr. Irwan Prayitno (Gubernur Sumatera Barat, Indonesia)
  2. Macella Kelly (Virginia Tech, USA)
  3. Junichi Kojima (Ibaraki University, Japan)
  4. Tati Suryati S. (Bandung Institute of Technology)
  5. Erin E. Poor (University of Maryland, USA)
  6. Suhandri (WWF Indonesia)
  7. Prof. Dr. Syamsuardi (Universitas Andalas)

sehari sebelum pembukaan para narasumber dan undangan diundang pada acara galadiner di Auditorium Gubernur Sumatera Barat, para tamu dan undangan disuguhkan kesenian khas sumatera barat dan hiburan lainnya yang dibuka sendiri oleh Bapak Gubernur Sumatera Barat, Prof. Dr. Irwan Prayitno, M.Sc.

30 Agustus 2019

Kamis/ 29 Agustus 2019, Tim Pengabdian Jurusan Biologi FMIPA UNAND yang diketuai oleh Dr. Fuji Astuti Febria melakukan salah satu Kegiatan Tri Darma Pergruruan Tinggi yaitu Pengabdian kepada Masyarakat dengan Mengusung tema “yang diketuai oleh Dr. Fuji Astuti Febria.” Kegiatan dilaksanakan di SMAN 16 Padang, Hadir dalam pengabdian masyarakat tersebut 15 staff pengajar dan tendik Jurusan Biologi UNAND yaitu; Dr. Jabang Nurdin, Dr. Periadnadi, Dr. Rizaldi, Dr. Nofrita, Dr. Nurmiati, Dr. Wilson Novarino, Dr. Feskaharny Alamsjah, tenaga Kependidikan Irmizon dan Roni Kurniawan serta Mahasiswa S1 dan S1 Biologi FMIPA Unand. Acara tersebut dibuka oleh bapak Wakil Kepala Sekolah dan dilanjutkan dengan materi dari Tim Pengabdian Masyarakat yang dihadiri oleh Guru dan Siswa SMAN 16 Padang.