Khasiat Serat Pangan

Fokus dan Konsisten, merupakan hal yang langsung mengkristal saat membalik lembar demi lembar buku “Ragam Khasiat Serat Pangan Tanaman Umbi dan Rimpang” yang ditulis Putra Santoso PhD. Buku setebal 175 halaman terbitan akhir 2022 ini merupakan buku ketiga karangan Putra Santoso PhD yang menguraikan tentang khasiat serat pangan dari umbi dan rimpang yang ada di sekitar kita. Buku pertama “Isolasi dan Uji Khasiat Serat Bengkuang” (2020) dan “Serat Bengkuang Sebagai Anti Penyakit Metabolik” (2021) menjadi tonggak (milestone) bukti tertulis penjelajahan Putra Santoso PhD dalam menggali potensi keanekaragaman hayati yang ada di sekitar, kita baik sebagai sumber pangan alternatif maupun khasiatnya dalam mengatasi berbagai penyakit metabolic yang berkaitan dengan pola konsumsi.

Sebagai salah satu megabiodiversity country, Indonesia dinarasikan memiliki 10 % dari kekayaaan tumbuhan berbunga yang ada di dunia. Berbagai literatur  menguraikan bahwa meskipun baru 300 an jenis yang telah dimanfaatkan, namun hampir 10000 diantara jenis tumbuhan yang bisa dijumpai di Indonesia berpotensi dimanfaatkan sebagai tumbuhan obat. Sementara itu ratusan jenis lainnya juga sangat berpotensi dimanfaatkan sebagai bahan pangan alternatif. Karenanya kajian mengenai pemanfaatan tumbuhan asli Indonesia baik sebagai bahan pangan ataupun bahan obat menjadi salah satu perhatian dewasa ini.

Sebagai Departemen yang menjadikan pemanfaatan keanekaragaman hayati sebagai salah satu misi nya, Departemen Biologi FMIPA UNAND mendorong para dosen dan mahasiswa melakukan kajian  terkait pemanfaatan keanekaragaman hayati. Hal ini tentunya sangat strategis karena selain memeiliki keanekaragaman hayati yang tinggi, budaya Minangkabau di Sumatera Barat juga sangat kaya akan kearifan tradisional dalam memanfaatkan berbagai keanekaragaman hayati baik sebagai sumber pangan, pengobatan, estetika dan upacara adat. Karenanya apa yang dilakukan oleh Putra Santoso PhD sangat sejalan dengan misi Departemen Biologi FMIPA UNAND

Buku Ragam Khasiat Serat Pangan, Tanaman Umbi dan Rimpang menguraikan potensi serta pangaan, proses ekstraksi dan komposisi serat umbi dan rimpang. Buku ini juga membahas secara detail aspek fitokimia, potensi sebagai antiinflamasi, protector, modulator dan stabilisator yang diperankan oleh serat umbi dan rimpang bagi tubuh.

 

Read 396 times