BAMBUSA 2022 (Bantuan Mahasiswa Biologi Untuk Bersama)

Bantuan Mahasiswa Biologi Untuk Bersama

[Oleh:  Inaya Cita Aristy (Biologi Angkatan 2021) ]

 

Tepat pada Minggu, 11 September 2022, Departemen Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan alam, Universitas Andalas angkatan 2021 mengadakan sebuah kegiatan sosial yang bertemakan “Menyebarkan Kebaikan dan Menanamkan Silaturrahmi”. Bentuk kegiatan dari BAMBUSA itu sendiri adalah mahasiswa melakukan penggalangan dana dan melakukan pengumpulan barang-barang bekas layak pakai untuk didonasikan kepada Panti Asuhan Ashabil Rayyan yang berlokasi di Jalan Makkah, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang. Mahasiswa juga memberikan edukasi mengenai pentingnya menjaga lingkungan.

 

Kegiatan BAMBUSA merupakan wadah dari segala bentuk kegiatan bakti sosial Mahasiswa Biologi Untuk Bersama. Kegiatan ini dapat menjadi media silaturrahmi antar mahasiswa dan civitas akademika Departemen Biologi dengan masyarakat luar, agar relasi antar sesama umat manusia dapat tetap terjaga. Kegiatan ini memiliki banyak tujuan dan manfaat yaitu:

  1. Meningkatkan nilai-nilai Ukhuwah Islamiyah mahasiswa Biologi.
  2. Meningkatkan hubungan kekerabatan antar mahasiswa Biologi Universitas Andalas.
  3. Melakukan kegiatan sosial untuk membantu anak-anak di Panti Asuhan Ashabil Rayyan.
  4. Membuka wawasan anak-anak Panti Asuhan Ashabil Rayyan dengan pemberian edukasi umum mengenai Pentingnya Menjaga Alam.
  5. Memotivasi diri mahasiswa Biologi Universitas Andalas agar terus menyebarkan ilmu-ilmu pengetahuan baik akademik maupun non-akademik.
  6. Meningkatkan mutu Sumber Daya Manusia (SDM) mahasiswa Biologi Universitas Andalas dalam bidang sosial.
  7. Memupuk rasa kepedulian terhadap sesama.
  8. Menumbuhkan semangat baru anak-anak Panti Asuhan Ashabil Rayyan dalam menimbah ilmu.
  9. Menumbuhkan rasa syukur pada diri mahasiswa Biologi Universitas Andalas.
  10. Menanamkan pentingkan cara mengontrol diri dalam mejaga kesabaran dan ketekunan.

 

Kegiatan BAMBUSA diawali dengan penggalangan dana yang dimulai dari tanggal 10 Agustus 2022 sampai dengan 8 September 2022. Kegiatan penggalangan dana berlangsung secara daring (online) via pengiriman uang melalui bank atau dompet digital dan juga secara (offline) dengan mendatangi beberapa kotak sumbangan yang telah disediakan di lingkungan Departemen Biologi Universitas Andalas. Kegiatan penggalangan dana ini nantinya sebagian akan dibelikan beberapa barang yang dibutuhkan oleh panti asuhan dan sebagian lain akan diberikan langsung kepada pengurus panti asuhan.

 

Kegiatan inti dari BAMBUSA sendiri dilaksanakan pada hari Minggu, 11 September 2022. Kegiatan tersebut merupakan acara penyerahan donasi yang telah dikumpulkan kepada Panti Asuhan Ashabil Rayyan. Acara berlangsung lancar dan disertai juga dengan kegiatan gotong royong panti asuhan yang dilakukan oleh para panitia Bambusa itu sendiri. Kegiatan gotong royong sudah dilakukan sejak hari Sabtu 10 September 2022 dan dilanjutkan besoknya untuk kegiatan penyerahan dana dan edukasi mengenai pentingnya menjaga alam dan lingkungan. Kegiatan Bambusa berlangsung lancar dan ditutup dengan gotong royong sebelum meninggalkan panti asuhan.

 

“Semoga Ukhuwah Islamiyah ini dapat berjalan dengan lancar, serta segala bentuk kegiatan serta donasi yang diberikan berguna dan bermanfaat bagi anak-anak Panti Asuhan Ashabil Rayyan saat ini maupun dimasa yang akan datang. Sesungguhnya pemberian yang membawa berkah adalah pemberian yang bermanfaat bagi orang lain.” Ujar Elzam selaku Ketua Pelaksana BAMBUSA tahun 2022 .

 

Kami selaku panitia dan seluruh bagian dari rangkaian kegiatan BAMBUSA 2022 berharap dengan berlangsungnya kegiatan BAMBUSA ini dapat melahirkan banyak manfaat baik itu untuk penerima donasi dan juga untuk untuk para panitia yang telah berpartisipasi dalam kegiatan Bambusa itu sendiri. Para panitia diharapkan mampu mengambil banyak pelajaran dari kegiatan ini terutama makna berbagi kepada sesama, peduli terhadap lingkungan sekitar, dan terciptanya ukhuwah Islamiyah antar mahasiswa Departemen Biologi Universitas Andalas.

 

 

Oleh:  Inaya Cita Aristy (Biologi Angkatan 2021)

Read 558 times Last modified on Selasa, 27 September 2022 10:08