Terima Kasih atas Pengabdian! Dua Orang Dosen Biologi Memasuki Masa Pensiun

Departemen Biologi FMIPA UNAND memiliki 41 orang Dosen yang bertanggung jawab atas lancarnya proses belajar mengajar, namun Departemen Biologi harus melepas dua orang dosennya di bidang Ekologi karena akan memasuki masa pensiun. Masa pensiun tersebut dimulai jika telah memasuki masa abdi 65 tahun bagi dosen dan 70 tahun bagi guru besar yang diatur di dalam Pasal 67 ayat 5 UU No.4 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen Republik Indonesia.

Dosen Biologi tersebut adalah Bapak Zuhri Syam, MP yang akrab disapa Bapak Je dan Ibu Izmiarti, MS yang akrab disapa Ibu Iz. Bapak Je memulai mengabdi dari tahun 1988 dengan masa abdi selama 34 tahun dan Ibu Iz dari tahun 1985 dengan masa abdi selama 37 tahun di Departemen Biologi UNAND.



Bapak Je menempuh pendidikan S1 di Universitas Andalas dan S2 di Universitas Padjajaran. Selama menjadi dosen beliau aktif mengajar pada mata kuliah Struktur dan Perkembangan Tumbuhan, Biostatistik, Ekologi Tumbuhan, Ekologi Pedesaan, Ilmu Gulma, Morfologi Tumbuhan dan Biomonitoring. Beliau juga aktif melakukan publikasi karya ilmiah dengan beberapa karya yang banyak disitasi berjudul Analisis vegetasi dasar di bawah tegakan jati emas (Tectona grandis L.) dan jati putih (Gmelina arborea Roxb.) di Kampus Universitas Andalas, Pemberian mulsa jerami padi (Oryza sativa) terhadap gulma dan produksi tanaman kacang kedelai (Glycine max (L.) Merr), dan Analisa Vegetasi Gulma pada Pertanaman Jagung (Zea mays L) pada Lahan Olah Tanah Maksimal di Kabupaten Lima Puluh Kota. Hingga tahun ini beliau memiliki jabatan fungsional terakhir sebagai lektor kepala.

Ibu Iz menempuh pendidikan S1 di Universitas Andalas pada tahun 1983 dan S2 di Intitut Teknologi Bandung pada tahun 1990. Selama menjadi dosen  beliau aktif mengajar pada mata kuliah Ekologi Hewan, Ekologi Perairan Tawar, Ekologi Bentos, Planktonologi, Malakologi, dan Biomonitoring.  Beliau juga aktif melakukan publikasi karya ilmiah dengan beberapa karya yang banyak disitasi berjudul Kepadatan Populasi dan Pertumbuhan Kerang Darah Anadara Antiquata L.(Bivalvia: Arcidae) Di Teluk Sungai Pisang, Kota Padang, Sumatera Barat, Kepadatan, Keanekaragaman dan Pola Distribusi Gastropoda di Danau Diatas, Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat, dan Komunitas Algae Epilitik Sebagai Indikator Biologis Di Sungai Batang Ombilin, Sumatera Barat. Hingga tahun ini beliau juga memiliki jabatan fungsional terakhir sebagai lektor kepala.

Departemen Biologi FMIPA UNAND mengucapkan terima kasih atas pengabdian Ibu Izmiarti dan Bapak Zuhri Syam selama ini di Departemen Biologi sehingga telah menghasilkan lulusan-lulusan yang berkualitas dan berguna bagi masyarakat dan kemajuan ilmu pengetahun.

Read 660 times Last modified on Selasa, 27 September 2022 10:29