Selamat Marsha M Arifa! Mahasiswa Departemen Biologi yang lolos menjadi Top 100 Awardee ISDP untuk pendanaan bisnis hingga 200 juta rupiah

Marsha M Arifa merupakan salah satu mahasiswa Departemen Biologi angkatan 2019 bersama dengan timnya berhasil menjadi Top 100 Awardee ISDP untuk pendanaan bisnis hingga 200 juta rupiah. Tim dari mahasiswa yang akrab dipanggil Rifa ini terdiri atas kembarannya Marsha M Hafizha dari Departemen Teknik Industri angkatan 2019, Ahmad Shauky dari departemen Kimia angkatan 2019, dan Surya Rezki Admanda dari departemen Teknik Industri angkatan 2019. Rifa dan Shauki sebagai teman satu Tim yang merupakan mahasiswa FMIPA telah memiliki dasar kewirausahaan yang bagus karena telah mengikuti Program Kampus Merdeka KMMI untuk Membangun Star Up Business Edupreneur di Era Digital serta Online Class di Internet mengenai Digital Marketing.



ISDP merupakan singkatan dari Islamic Sociopreneur Development Program yang merupakan beasiswa inkubator bisnis yang menyiapkan mahasiswa menjadi wirausaha muslim yang memiliki kemampuan berwirausaha, memiliki kepedulian sosial dan berdaya guna di masyakat. Tujuan ISDPpun adalah mencetak lulusan sarjana yang memiliki alternatif karir dan tidak lagi berorientasi sebagai pencari kerja (job seeker) tetapi sebagai pencipta lapangan kerja (job creator). ISDP sendiri merupakan salah satu program yang digagas oleh Bank Syariah Indonesia.

Usaha Rifa yang kini didanai oleh ISDP untuk dikembangkan telah dimulai dari tahun 2018 saat masih di bangku SMA, usaha tersebut dirintis bersama kembarannya Hafizha, hingga tahun 2022 sudah banyak produknya yang terjual, meliputi pena, aksesoris, alat perlengkapan sekolah, baju, dan sekarang difokuskan ke Totebag Canvas desain sendiri.

Untuk menjadi awardee ISDP top 100 tidaklah mudah, dimulai dari tahap pendaftaran dengan jumlah peserta 1.457, yang lolos seleksi administrasi hanya 245 tim, lalu lanjut ke seleksi wawancara dengan total yang lulus hanya 217 tim, selanjutnya yang dapat mengikuti tahap persentasi bisnis hanya 151 tim. Kemudian Tim Rifa dengan usaha Cute Store Twins pada tanggal 12 juli 2022 diumumkan sebagai tim nomor urut 13 dari 100 Awardee ISDP seluruh Indonesia dari 50 Kampus pilihan.

Rifa mengatakan bahwa ia percaya rezeki datang dari pintu mana saja jika terus berusaha. Rifa juga mengucapkan terimakasih untuk semua pihak yang terus mendukung dan memberi semangat. Setiap semester, seluruh mahasiswa ISDP akan menerima uang saku sebanyak Rp.500.000,- dengan pendampingan bisnis dari ISDP berupa modal usaha hingg Rp. 200 juta. Dengan ISDP Rifa berharap bisa membuka Offline Store impiannya serta dapat memajukan UMKM lokal juga terutama para penjahit.

Read 597 times Last modified on Selasa, 27 September 2022 10:09