Terima Kasih Alumni! Tracer Study Departemen Biologi Lulusan Tahun 2021 Lengkap 100%

Tracer study merupakan salah satu instrumen yang digunakan oleh Universitas untuk sensus kondisi terkini dari alumninya. Data yang dikumpulkan nanti akan digunakan sebagai monitoring kondisi alumni dan evaluasi pembelajaran di program studi. Berdasarkan data tersebut juga nanti kurikulum ditinjau kembali untuk memenuhi dinamika zaman yang terus berubah. Tracer study akan melacak alumni apakah sudah mendapatkan pekerjaan yang layak atau melanjutkan pendidikan atau berwirausaha.


Data tracer study juga digunakan oleh perguruan tinggi nantinya untuk menjadi sumber indikator kinerja utama perguruan tinggi yang mencakup jumlah penghasilan, lama masa tunggu, mulai bekerja, referensi tempat kerja, referensi jenis tempat kerja dan referensi UMR untuk alumni yang bekerja. Masa tunggu, jenjang pendidikan, dan lokasi pendidikan untuk alumni yang melanjutkan pendidikan. Jumlah penghasilan, mulai wirausaha, referensi peran dan referensi UMR bagi alumni yang berwirausaha.

Universitas Andalas telah melakukan tracer study terintegrasi untuk seluruh prodi pada tahun ini untuk alumni lulusan 2021. Pengumpulan data dilakukan oleh surveyor dan PIC dari prodi masing-masing. Alumni lulusan Biologi tahun 2021 berjumlah 88 orang, seluruh alumni telah tersebar di berbagai daerah dengan berbagai profesi baik bekerja, melanjutkan pendidikan ataupun berwirausaha. Berkat kerja keras surveyor di Jurusan Biologi atas nama Ahmad Fakhri dan PIC yang langsung dipegang oleh Kepala Prodi S1 Departemen Biologi Dr. Aadrean, M.Si., telah berhasil menghubungi dan mengoleksi data tracer untuk alumni Departemen Biologi lulusan tahun 2021. Robby Jannatan, M.Si. Selaku ketua pelaksana Tracer Study Universitas Andalas pada tahun 2022 ini juga mengatakan bahwa tracer study terintegrasi ini akan dilakukan setiap tahun, dan juga harapannya nanti bagi alumni yang baru lulus, juga berpartisipasi aktif di masa yang akan datang untuk kemajuan dan peningkatan kualitas lulusan Departemen Biologi melalui tracer study.

Atas pencapaiannya ini, segenap civitas akademika di Departemen Biologi mengucapkan terima kasih kepada seluruh alumni lulusan tahun 2021 yang telah memberikan data dan masukannya pada kegiatan tracer study lulusan 2021 ini, sehingga capaian tracer study Departemen Biologi penuh 100%. Data yang terkumpul akan digunakan untuk evaluasi pembelajaran dan peningkatan kompetensi lulusan Departemen Biologi di masa yang akan datang. Segenap civitas akademika di Departemen Biologi juga mengucapkan selamat dan sukses kepada seluruh alumni Biologi dimanapun berada.

Read 614 times Last modified on Jumat, 22 Juli 2022 14:22