Biokonversi Maggot Black Soldier Fly (BSF), Solusi Dalam Penyelesaian Masalah Sampah Organik

(Oleh: Dr. Resti Rahayu).


Sampah menjadi masalah nasional yang tidak pernah terselesaikan hingga saat ini, untuk itu perlu inovasi tepat dan ramah lingkungan dalam mengatasinya. Salah satunya adalah dengan menggunakan Maggot Black Soldier Fly (BSF). BSF merupakan biomesin/ biotransformasi/ biokonversi yang efektif mengolah/mendegradasi sampah organik seperti sayuran, buah, sisa makanan, bangkai hewan, serta kotoran dan lain sebagainya dengan cepat, menjadi biomasa untuk pakan ternak berprotein tinggi dan pupuk tanaman. Kemampuan dekomposisi maggot lebih baik dibandingkan dengan organisme lainnya termasuk mikroorganisme, selain itu teknologinya juga mudah untuk diaplikasikan, mempunyai dampak ekonomi yang sangat baik dan yang terpenting adalah sangat ramah lingkungan.
Maggot segar dapat dihasilkan 10-15% dari sampah yang diberikan dalam waktu kurang dari tiga minggu. Bahkan dalam penanganan yang baik, pekerja yang sudah terlatih, jenis pakan berasal dari sampah sisa rumah makan/restoran/dapur bisa menghasilan maggot segar mencapai 30% dari jumlah pakan yang diberikan. Namun masalahnya memang sampah ini belum terpisah antara organik dan anorganik, sehingga perlu sedikit usaha jika ingin memanfaatkanya untuk mendapatkan hasil yang maksimal.


Menurut pemerintah kota Padang bahwa produksi sampah di kota Padang mencapai 650 ton perhari pada tahun 2019 sedangkan selama pandemi 2020-2021 berkurang menjadi 450 ton per harinya. Kemudian, Tempat Pemprosesan Akhir (TPA) Air Dingin yang merupakan TPA andalan pembuangan sampah masyarakat kota Padang pada diperkirakan dalam 3-5 tahun kedepan akan penuh. Maka pengolahan sampah dengan budidaya maggot ini sangat tepat sekali dikembangkan. Kegiatan ini dapat dilakukan oleh para usaha peternkan seperti berternak ikan, ayam dan usaha pertanian. Peran masyarakat dapat dilibatkan sehingga sampah terolah pun akan semakin banya, taraf perekonomianpun dapat ditingkatkan, karena produk turunan dari hasil pengolahan sampah dengan maggot ini sangat banyak dan menjanjikan. Budidaya maggot menjadi solusi alternatif dalam peningkatan ketahanan pangan ditengah pandemic Covid 19 yang melanda, apabila system berjalan dengan baik maka sirkular ekonomipun akan terbentuk. Hal terpenting lainya adalah pengurangan pengiriman sampah ke TPA akan jauh berkurang.

Teori secara umum, cara dan teknik pengolahan dapat dilihat pada bahan seminar yang kami sampaikan dalam acara Webinar Olah Sampah Jadi Berkah, tanggal Disampaikan pada tanggal 23 Mei 2021 yang diadakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Kewirausahaan (KMW) Fakultas MIPA Unand. (Resti Rahayu)

 

Teori dan Cara budidaya dapat dilihat pada link berikut --> 

PDF

Video

 


======================================

Read 1139 times Last modified on Selasa, 27 September 2022 10:42