Jurusan Biologi Bergerak Mewadahi Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Pada hari Senin, 15 November 2021, Jurusan Biologi FMIPA Universitas Andalas melaksanakan kegiatan diskusi terpumpung (focus Group Discussion/FGD) dengan mitra strategis yakni Yayasan Arsari Djojohadikusumo sebuah yayasan yang bergerak pada bidang pendidikan, kebudayaan dan pelestarian lingkungan;  PT Solusi Prima Caraka sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang pengendalian hama / Pest Control; Pusat Riset Oseanologi - Badan Riset Inovasi Nasional / BRIN sebagai lembaga pemerintahan yang menaungi bidang penelitian; Balai Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Barat sebagai Unit Pelaksana Teknis yang membidangi masalah konservasi di Propinsi Sumatera Barat, serta dari Dinas Kehutanan Propinsi Sumatera Barat sebagai Organisasi Perangkat Daerah yang mengelola kawasan hutan di Sumatera Barat.

Kegiatan yang dibuka oleh Dr. Mahdivan Syafwan sebagai Wakil Dekan Bidang Akademik FMIPA Universitas Andalas ini bertujuan untuk membangun kesepahaman dan membuka peluang bagi mahasiswa Jurusan Biologi dalam melaksanakan kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Kegiatan diawali dengan pemaparan kurikulum program studi S1 Biologi dan strategi dalam mengantisipasi kegiatan MBKM. Pada kesempatan ini, Dr. Catrini Pratihari Kubontubuh dari Yayasan Arsari Djojohadikusumo menyampaikan adanya peluang magang bagi mahasiswa pada unit kegiatan Yayasan Arsari Djojohadikusumo seperti pada Pusat Rehabilitasi Harimasu Sumatera Dharmasraya dan Areal Konservasi Profesor Sumitro Djojohadikusumo (PRHSD dan AKPSD). Selain itu, kegiatan lain yang juga bisa dilaksanakan adalah memberikan materi dalam pekuliahan sesuai kebutuhan kurikulum pada Biologi UNAND dan kepakaran yang dimiliki Yayasan Arsari Djojohadikusumo.

Budi Novela S.Hut. M.Si sebagai perwakilan dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Barat (BKSDA SUMBAR), turut menyampaikan bahwa terbukanya peluang bagi mahasiswa dan bahkan staf pengajar Jurusan Biologi FMIPA  untuk berkegiatan dalam kawasan yang dikelola oleh BKSDA SUMBAR. Meskipun selama ini kegiatan bersama telah sangat sering dilakukan antara Biologi UNAND dan BKSDA SUMBAR, namun untuk masa yang akan datang dirasakan perlu untuk ditindaklanjuti dalam suatu bentuk kerjasama formal.

Pada kegiatan FGD perwakilan dari Pusat Riset Oseanologi - Badan Riset Inovasi Nasional yakni Muhammad Abrar M.Si yang juga alumni Jurusan Biologi FMIPA Unand memaparkan peluang-peluang Merdeka Belajar yang bisa dilakukan pada lembaga PRO-BRIN. Kegiatan tersebut seperti ikut serta dalam kegiatan pemantauan ekosistem pesisir, berperan serta dalam kegiatan ekspedisi serta berbagai bentuk layanan lainnya yang telah disediakan secara terstruktur pada BRIN melalui ELSA (E-layanan Sains). Muhammad Abrar M.Si juga menyampaikan adanya Sertifikasi Kompetensi yang dikeluarkan oleh PRO-BRIN yang bisa diikuti oleh mahasiswa.

Andre Dian Permana dari PT Solusi Prima Caraka menguraikan pengalaman yang telah dilakukan perusahaan terkait kegiatan magang yang telah ada selama ini baik unuk tingkat Sekolah Menangah Umum ataupun Perguruan Tinggi. Andre Dian Permana juga merupakan anggota Gerakan Kompetensi Nasional Indonesia (GKNI) menyatakan perlunya pemetaan pada bahagian mana mahasiswa akan dimagangkan pada suatu unit kegiatan sehingga bisa sejalan dengan kompetensi yang akan dibangun.

Dr. Ferdinal Asmin, Sekretaris Dinas Kehutanan Propinsi Sumatera Barat juga menyampaikan kesiapan Dinas Kehutanan dalam memfasilitasi kegiatan MBKM. Implementasi dari kegiatan tersebut memibutuhkan Petunjuk Teknis yang rinci sehingga bisa mencapai target (Intended Learning Outcome) yang telah digariskan. Dinas Kehutanan memiliki kegiatan terkait keanekaragaman hayati seperti fasilitas pembibitan dan pembangunan Arboretum pada beberapa lokasi. Peluang lainnya seperti pendataan keanekaragaman hayati dan pengembangan kegiatan ekowisata.

Kegiatan yang dilakukan ini akan ditindaklanjuti oleh Jurusan Biologi FMIPA Universitas Andalas dengan membangun kerjasama formal dengan lembaga-lembaga yang potensial dijadikan wadah pemagangan, serta perumusan SOP atau Petunjuk Teknis pelaksanaan kegiatan Magang Bersertifikat sehingga bisa sejalan dengan ILO yang telah dirumuskan oleh Jurusan Biologi.

Read 676 times Last modified on Selasa, 27 September 2022 10:46