Biologi FMIPA Unand Melangkah Makin Pasti Menyongsong Masa Depan dengan Dua Guru Besar Baru

Senin, 8 November 2021 menjadi hari yang sangat berarti bagi Jurusan Biologi FMIPA UNAND. Pada hari tersebut, kekuatan Biologi FMIPA UNAND bertambah dengan diterimanya SK dua orang Guru Besar yakni Prof. Dr. Dewi Imelda Roesma, M.Si dan Prof. Dr. Chairul, M.S. Dua orang guru besar ini melengkapi jumlah guru besar pada Jurusan Biologi FMIPA UNAND menjadi enam orang.

Prof. Dr. Dewi Imelda Roesma, M.Si, merupakan staf pengajar pada Jurusan Biolgoi FMIPA UNAND yang mendalami kajian dalam bidang studi kekerabatan organisme berdasarkan pendekatan molekuler. Prof. Dewi Imelda melakukan kajian terutama sekali pada kelompok ikan air tawar, selain itu juga membimbing kegiatan penelitian mahasiswa dalam bidang yang sama namun terhadap kelompok organisme yang lebih luas seperti amphibia, burung, dan mamalia seperti harimau sumatera.

Sementara Prof. Dr. Chairul, M.S. merupakan staf pengajar yang mendalami bidang ekologi tumbuhan. Prof. Chairul melakukan kajian bidang dinamika ekologi khususnya produktivitas tumbuhan dengan melakukan pengamatan pada jatuhan serasah. Selain itu Prof. Chairul juga membimbing mahasiswa yang melakukan kajian bidang ekologi tumbuhan, tumbuhan invasive, serta menjadi nara sumber dan tim ahli dalam banyak kajian mengenai Anlisis Dampak Lingkungan (AMDAL).

Segenap keluarga besar Jurusan Biologi menyambut hangat pencapaian tertinggi bidang akademik dua orang staf pengajar tersebut. Tentunya pencapaian ini sekaligus menjadi inspirasi bagi staf pengajar lainnya untuk juga mencapai target yang sama. Secara institusional, penambahan dua orang guru besar ini juga diharapkan bisa menjadi penambah semangat dan tenaga institusi dalam menatap tantangan pengembangan masa datang untuk jurusan Biologi FMIPA Universitas Andalas.

Read 733 times Last modified on Selasa, 27 September 2022 10:46