Satu lagi Doktor baru untuk Staff Pengajar Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Andalas

Melanjutkan regenerasi tenaga pengajar baru yang bergelar doktor, Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Andalas belum lama ini kembali mendapatkan kabar gembira dari salah seorang staffnya yang baru saja menyelesaikan pendidikan S3nya tersebut. Muhammad Idris secara resmi menyandang gelar Doktornya dari Graduate School of Science di Osaka City University (OCU), Osaka City, Jepang. Muhammad Idris menyelesaikan disertasinya di bidang fisiologi tumbuhan, dengan meneliti efek fotomorfogenesis dari ultraviolet-B (UV-B) terhadap tumbuhan padi Oryza sativa. Penelitian ini disupervisi oleh Professor Moritoshi Iino sebagai pembimbing utama didampingi oleh beberapa orang pembimbing lainnya.

 

Program doktoral yang baru saja diselesaikan ini dibiayai oleh MEXT Mambukagakusho, didampingi pembiayaan dari Universitas Andalas dan dana pribadi. Beasiswa MEXT sendiri merupakan salah satu skim pendanaan yang disediakan oleh pemerintah Jepang kepada mahasiswa pascasarjana internasional yang diterima di salah satu perguruan tinggi yang ada di Jepang.

 

Supervisor utama: Prof. Moritoshi Iino (2014 – 2021)

Official supervisor 1: Prof. Ryouji Masui (2018 – 2019)

Official supervisor 2: Prof. Toshihiro Yamada (2019 – 2020)

Official supervisor 3: Prof. Shin Goto (2020 – 2021)

 

President of Osaka City University (Rektor): Tetsuo Arakawa

 

 

Osaka City University Global Exchange Office: Kae Nakahara

 

Selain menyelesaikan disertasinya tersebut sebagai salah satu syarat menamatkan pendidikan doktoral, Muhammad Idris juga menelurkan sebuah paper ilmiah di bidang fisiologi tumbuhan berjudul ‘UV‐B signalling in rice: Response identification, gene expression profiling and mutant isolation’ yang diterbitkan di jurnal Plant, Cell & Environment (bagian dari Wiley Online Library).

 

Tentu saja banyak pengalaman dan suka duka yang didapatkan selama menempuh pendidikan doktoral dari tahun 2014 sampai dengan 2021 tersebut. Yang jelas, pengalaman ini akan sangat berguna sekali untuk diaplikasikan saat kembali mengabdi di tanah air, di Jurusan Biologi, Fakultas MIPA, Universitas Andalas.

 

Selamat sekali lagi untuk Dr. Muhammad Idris!

 
 
 

Link Jurnal (Open Access): https://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1111/pce.13988

ResearchGate: https://www.researchgate.net/profile/M-Idris-3

OrcidID: https://orcid.org/0000-0002-5545-9201

Read 1149 times Last modified on Selasa, 27 September 2022 10:53