Alumni Jurusan Biologi telah berhasil menamatkan S3 di Ibaraki University Jepang dan peluang student mobility bagi mahasiswa Sarjana

Dr. Alan Handru adalah salah satu alumni S1 dan S2 Jurusan Biologi FMIPA UNAND. Setelah tamat program S2 dan mendapatkan gelar M.Si, Doktor muda yang akrab disapa Alan ini melanjutkan studi S3 di Ibaraki University di Jepang, kampus yang sama tempatnya melakukan student mobility semasa S2.

Alan mendapatkan beasiswa Monbukagakusho (MEXT) jalur U to U dari pemerintah Jepang untuk membiayai studinya. Di bawah bimbingan Prof. Jun-ichi Kojima di Natural History Laboratory, Faculty of Science, Ibaraki University, Alan berhasil menamatkan S3nya tepat waktu tahun ini.



Alan mengatakan bahwa peluang terbuka lebar bagi Alumni Jurusan Biologi untuk melanjutkan studi melalui beasiswa MEXT jalur U to U mengingat jurusan Biologi FMIPA UNAND sudah memiliki Memorandum of Understanding (MoU) dengan Ibaraki University, Jepang, sehingga peluang mendapatkan beasiswa sangat besar. Tidak hanya itu, peluang untuk pertukaran pelajar dan menjadi Research assistant juga sangat besar, beberapa tahun terakhir telah banyak mahasiswa Jurusan Biologi yang melakukan kegiatan student mobility ke sana, begitupun sebaliknya.

Kegiatan Student Mobility bagi program Sarjana sekarang juga sudah didukung oleh Kemendikbud melalui program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Oleh sebab itu, kerjasama yang telah terjalin antara Jurusan Biologi FMIPA UNAND dengan Ibaraki University diharapkan menjadi erat dengan banyaknya mahasiswa yang melakukan student mobility maupun alumni yang melanjutkan studi.

Selama di Ibaraki University Alan melakukan penelitian tentang diversitas serangga tawon sosial,  diharapkan dapat digunakan sebagai bioindikator kualitas lingkungan, predator hama dan serangga penyerbuk tanaman, dsb. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang penelitian dan profil Alan dapat menghubunginya melalui tautan di bawah ini:

LinkedIn : https://id.linkedin.com/in/alan-handru-98300ab2
ResearchGate: https://www.researchgate.net/profile/Alan-Handru

Read 1385 times Last modified on Selasa, 27 September 2022 10:53