Kuliah Tamu: Potensi Karir Jurusan Biologi di Bidang Pertanian

Jurusan Biologi adalah salah satu jurusan di FMIPA Universitas Andalas yang fokus mengkaji potensi sumberdaya hayati tropika. Oleh sebab itu, dalam rangka meningkatkan wawasan dan perspektif mahasiswa agar mempunyai tujuan yang jelas ketika berkuliah di Jurusan Biologi, maka diadakanlah kuliah tamu pada hari Jumat, tanggal 11 Desember 2020 secara Daring menggunakan platform video conference Zoom Meeting. Kuliah tamu tersebut mengambil topik Peluang Biologi dalam Penelitian dan Pengembangan Karir di Bidang Pertanian dengan narasumber Yunimar, S.Si., M.Si. dari Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika, Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Kuliah tamu dilaksanakan dari jam 13.30-15.30 WIB yang dihadiri oleh civitas akademika Biologi dan umum. Kuliah tamu dibuka oleh Ketua Jurusan Biologi Dr. Mairawita dan dimoderatori oleh salah satu dosen pengampu mata kuliah perspektif Biologi Dr. Resti Rahayu. Peserta sangat antusias mengikuti materi yang dipaparkan oleh Narasumber.



Yunimar, S.Si., M.Si. sebagai narasumber mengatakan bahwa bidang ilmu Biologi dapat diterima di berbagai bidang pekerjaan, karena cakupan ilmu Biologi yang sangat luas. Lulusan Ilmu Biologi juga bisa mengambil andil di bidang pertanian, baik sebagai peneliti, konsultan, maupum swasta. Beliau juga menyampaikan bahwa mahasiswa bidang ilmu Biologi juga harus menyiapkan diri untuk masa yang akan datang, karena ilmu pengetahuan dan teknologi yang dinamis dan terus bergerak, maka keahlian juga harus terus ditingkatkan agar tidak digilas oleh zaman.

Kegiatan kuliah tamu kali ini diharapkan menjadi pionir untuk kuliah tamu selanjutnya agar bisa membuka wawasan dan pandangan mahasiwa terhadap dunia yang luas dan potensi lulusan ilmu Biologi di masyarakat.

Read 1348 times Last modified on Selasa, 27 September 2022 09:29