Jurusan Biologi FMIPA Unand Mengadakan Benchmarking Untuk Persiapan Akreditasi Internasional (ASIIN)

 

Kamis, 26 November 2020 Jurusan Biologi FMIPA Unand Mengadakan Benchmarking Untuk Persiapan Akreditasi Internasional (ASIIN). 

Pengelolaan program studi dewasa ini dihadapkan pada tantangan untuk bisa berkompetisi pada tingkatan global, beradaptasi dengan perkembangan zaman baik itu revolusi industri 4.0 maupun society 5.0. Untuk sebagian besar program studi di Indonesia tantangan tersebut bahkan harus dihadapi dengan segala keterbatasan yang dimiliki, baik dalam hal sarana dan prasarana, serta kualitas input dan proses pembelajaran yang berlangsung. Karenanya dibutuhkan strategi dan tahapan-tahapan yang disesuaikan antara kondisi intrinsik program studi dengan standar yang ditentukan untuk mendapatkan pengakuan pada tingkat internasional.

Mengingat akreditasi internasional untuk program studi Biologi yang cukup banyak dijadikan acuan adalah ASIIN  (Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik), maka Jurusan Biologi FMIPA Universitas Andalas juga bermaksud untuk mengajukan diri untuk mendapatkan akreditasi terkait. Untuk itu dibutuhkan peningkatan pemahaman segenap civitas academica terhadap arti penting, tahapan dan strategi serta mekanisme yang perlu ditempuh untuk mendapatkan akreditasi ASIIN tersebut. Sebagai langkah awal Jurusan Biologi FMIPA Universitas Andalas telah mengadakan kegiatan Pengenalan Akreditasi International Untuk Prodi Biologi yang dilaksanakan pada tanggal 26 November 2020 dengan menghadirkan narasumber yakni Prof. Dr. Mansyurdin, MS (WR I Universitas Andalas) dan Prof. Dr. Budi Setiadi Daryono, M.Agr.Sc (Dekan Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada).

 

Sehubungan angka penyebaran Covid 19 masih cukup tinggi, maka kegiatan ini akan dilakukan secara dalam jaringan (online), dengan menggunakan platform Zoom. Pelaksanaan kegiatan ini juga didukung secara penuh oleh Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Andalas. Hal ini sebagai bentuk nyata dukungan pihak universitas terhadap setiap inisiatif yang dilakukan pada tingkat program studi untuk mengembangkan dan meningkatkan mutu pembelajaran.

Read 866 times Last modified on Selasa, 27 September 2022 11:08