Biologi

Biologi

19 Oktober 2023

Tanggal 16 hingga 18 Oktober 2023, Prodi S2 Biologi FMIPA UNAND menjalani proses asemen lapangan akreditasi LAMSAMA. Asesmen lapangan merupakan proses untuk verifikasi atas catatan saat asesmen kelengkapan dan menjadi tahapan yang tidak terpisahkan dalam suatu proses akreditasi. 

Persiapan asesmen lapangan ini telah dilakukan jauh hari sebelumnya. Dr. Mildawati, M.Si, selaku ketua dan anggota tim penyusun borang PS S2 Biologi telah mempersiapkan kelengkapan dokumen untuk proses verifikasi. Sementara untuk memperlancar proses asesmen lapangan, tim PS S2 Biologi diketuai oleh Dr. Henny Herwina, M.Si. Kedua tim, dengan seluruh dosen PS S2 Biologi dipimpin oleh Ketua Prodi S2 Biologi Prof. Dr. Erizal Mukhtar, M.Sc berkerjasama selama persiapan dan proses asesmen lapangan.

16 Oktober 2023

 VISION :

Aligned with the vision of the Faculty of Mathematics and Natural Sciences (FMIPA) at Andalas University, the vision of the Master's Program in Biology at FMIPA Andalas University is to become an internationally renowned Master's program in Biology that studies, develops, and conserves the biodiversity of the Sumatra region by 2028.

VISI :

Sejalan dengan visi FMIPA UNAND, maka visi Prodi S2 Biologi FMIPA UNAND yaitu: “Menjadi Program Magister Biologi yang bereputasi internasional dalam mengkaji, mengembangkan dan menyelamatkan biodiversitas daerah Sumatera pada tahun 2028”

 

MISSION:

To achieve this vision, the Master's Program in Biology at the Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Andalas University has established the following four missions:

  1. To provide quality education in the field of Biodiversity and Biocconservation at the national and international levels.
  2. To conduct research in the field of Sumatran biodiversity that is oriented towards publication in reputable international journals and obtaining intellectual property rights/patents.
  3. To provide community service based on research findings to improve the welfare of the community and environmental safety.
  4. To utilize domestic and international collaborations to support the tri-dharma activities of higher education institutions.

MISI :

Untuk mewujudkan visi tersebut, Prodi S2 Biologi FMIPA Universitas Andalas menetapkan empat misi sebagai berikut:

  1. Melaksanakan proses pendidikan berkualitas dalam bidang Biodiversitas dan Biokonservasi pada tingkat nasional dan internasional.
  2. Melaksanakan penelitian dalam bidang biodiversitas Sumatera yang berorientasi publikasi pada jurnal internasional yang bereputasi dan perolehan HaKI/Paten.
  3. Melaksanakan layanan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan hasil penelitian untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan keselamatan lingkungan.
  4. Memanfaatkan kerjasama dalam dan luar negeri untuk mendukung kegiatan tridharma perguruan tinggi.

 

GOALS :

To achieve the above vision and mission, the Master's Program in Biology at FMIPA UNAND has established four strategic objectives for each mission. These objectives are:

  1. To produce qualified graduates who study, develop, and conserve the field of Sumatran biodiversity, which is recognized at the national and international levels.
  2. To publish in reputable international journals and obtain intellectual property rights/patents in the field of Sumatran biodiversity.
  3. To improve the implementation of research findings in the field of biodiversity and conservation for the welfare of the community and environmental safety.
  4. To enhance the outputs of collaborations in the fields of education, research, and community service.

TUJUAN :

Untuk mewujudkan visi dan melaksanakan misi tersebut di atas, tujuan strategis (strategic goals) Prodi S2 Biologi FMIPA UNAND telah ditetapkan untuk masing-masing misi. Dari keempat misi telah ditetapkan empat tujuan strategis sebagai berikut:

  1.  Menghasilkan lulusan yang berkualitas dalam mengkaji, mengembangkan, dan menyelamatan bidang biodiversitas Sumatera yang mendapat pengakuan pada tingkat Nasional dan Internasional.
  2.  Menghasilkan publikasi pada jurnal internasional yang bereputasi dan perolehan HaKI/Paten dalam bidang Biodiversitas Sumatera
  3.  Meningkatkan implementasi hasil penelitian dalam bidang biodiversitas dan konservasi untuk kesejahteraan masyarakat dan keselamatan lingkungan
  4.  Meningkatkan luaran kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

 

Sasaran Program Studi :

Berdasarkan visi, misi dan tujuan maka disusun sasaran dan strategi pencapaian yang dituangkan dalam Renstra Prodi S2 Biologi FMIPA UNAND 2016-2019 (Revisi), seperti terlampir dalam Borang 3A. Renstra Prodi S2 Biologi FMIPA UNAND 2016-2019 (Revisi) ini merupakan rangkaian kedua dari Renstra Jangka Panjang Prodi S2 Biologi UNAND dari tahun 2009 sampai 2028.

 

 

Gambar. Tonggak-tonggak capaian (milestones) Prodi S2 Biologi FMIPA UNAND tahun 2009-2028.

13 Oktober 2023

Indonesia dihadapkan pada masalah serius terkait kesehatan dengan tingginya angka kematian akibat kanker kolorektal. Data pada tahun 2020 menempatkan Indonesia sebagai negara dengan tingkat kematian tertinggi akibat kanker kolorektal di Asia Tenggara. Salah satu penyebab yang signifikan dari meningkatnya kasus kanker kolorektal adalah perubahan pola makan dan diet, yang cenderung beralih ke arah makanan rendah serat dan tinggi lemak.

Upaya penanganan kanker di Indonesia masih dalam tahap perjuangan, terutama dalam menghadapi tantangan pengobatan kanker. Meskipun kemoterapi telah digunakan secara luas, efek sampingnya yang signifikan membuatnya kurang efektif dalam merawat pasien kanker. Oleh karena itu, penelitian terus dilakukan untuk menemukan senyawa anti-kanker yang lebih aman dan memiliki dampak minimal pada tubuh.

12 Oktober 2023

(Oleh: Stia Prihatiningsih Idris)

Pada tahun ini, salah satu tim PKM-K (Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan) yang berasal dari Universitas Andalas berhasil meraih pendanaan proposal dari Dikti. Tim ini diketuai oleh Stia Prihatiningsih Idris dengan 4 anggotanya yaitu: Atthoriq Fauzan, Amanda Rahmiati, Dwi Suci Mahesa Putri, dan Mellanie Alia Putri, serta di bawah bimbingan Bapak Dr. M. Idris, dosen Biologi, Universitas Andalas. Dimana judul yang diusulkan yaitu “Terrarium Sebagai Produk Inovatif dan Media Kreatif dalam Peningkatan Nilai Komersial dan Pengenalan Status Konservasi Tumbuhan Karnivora Sumatra”. Tentunya keberhasilan dalam mencapai pendanaan ini, menjadi peluang emas tim untuk bisa belajar berwirausaha dan bekerja sama untuk mencapai PIMNAS nantinya.