Roni Kurniawan

Roni Kurniawan

09 Maret 2020

Senin/  9 Maret 2020, telah dilaksanakan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Lancang Kuning (UNILAK) dengan FMIPA Universitas Andalas (UNAND) Penandatangan nota kesepahaman (MoU) dilakukan langsung oleh Dekan FMIPA Unand Prof. Dr. Safni, M.Eng dengan Dekan FKIP  UNILAK dan didampingi oleh Wakil Dekan I, II, III, Kajur, dan Dosen-dosen kedua belah pihak. Adapun isi dari Nota kesepahaman tersebut adalah mengenai kerjasama dibidang Pendidikan dan Penelitian.

19 Februari 2020

Jurusan Biologi FMIPA Unand kembali kedatangan peserta student exchange Machi Hanawa dari Universitas Ibaraki Jepang. Machi diantar oleh Dosen Pembimbingnya Prof. Jun-ichi-Kojima. Keduanya yang didampingi oleh Dr. Heny Herwina dan Prof. Dahelmi dari Jurusan Biologi disambut dengan hangat oleh Dekan dan Wakil Dekan I FMIPA Unand di Ruang Dekan FMIPA, Kampus Limau Manis. Machi akan mengikuti beberapa kegiatan di Prodi Biologi, seperti Kuliah, Seminar, Penelitian dan kegiatan lain terkait dengan Jurusan Biologi dan Budaya Minangkabau hingga tanggal 11 Maret 2020.

21 Februari 2020

Kamis, 21 Februari 2020, Jurusan Biologi menerima kedatangan Guru-guru Biologi Tingkat dalam rangka Pelatihan Peningkatan Kompetensi  Dan Professional Guru Biologi Dalam Keterampilan Praktik Laboratorium. Pelatihan dilakukan di dua laboratorium, yaitu laboratorium Genetika dan Fisiologi Tumbuhan Jurusan Biologi FMIPA Unand. Kegiatan dilakukan diawali dengan penyampaian materi dan dilanjutkan dengan praktek langsung di Laboratorium Fisiologi Tumbuhan dan Genetika Biologi FMIPA Unand.

Mekanisme dan rancangan kegiatan yang akan dilaksanakan berupa :

  1. Para guru diberi materi dengan cara tatap muka di dalam kelas.
  2. Guru diajarkan bagaimana cara mempersiapkan sampel yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan praktek laboratorium Fisiologi tumbuhan dan Genetika.
  3. Hasil persiapan sampel dimanfaatkan sebagai modal dalam melaksanakan praktek laboratorium Fisiologi tumbuhan dan Genetika.
  4. Guru diberi pelatihan bagaimana cara-cara sederhana yang mudah diterapkan di laboratorium sekolah bagaimana cara pengamatan dan perlakuan dalam praktek laboratorium Fisiologi tumbuhan dan Genetika.
  5. Guru diberi pelatihan bagaimana memakai alat, bahan dan sarana sederhana yang bisa diterapkan di laboratorium sekolah.

Hasil yang didapat dari pengabdian yang telah dilakukan ini cukup menggembirakan karena para guru yang mengikuti jadi sangat mengerti apa yang dimaksudkan dengan kultur jaringan tumbuhan dan genetika sekaligus dapat melakukannya dengan baik. Pada akhir kegiatan para peserta dan mahasiswa asisten laboratorium diberikan sertifikat.

03 Maret 2020

Selasa, 3 Maret 2020, Rombongan Guru dan Siswa SMAN 4 Bukittinggi yang diketua oleh Dra. Lustiani, M.Si, bersama Guru, Tenaga Laboratoirum dan Siswa mengunjungi 4 Laboratorium pada Jurusan Biologi: Laboratorium Fisiologi Tumbuhan, Laboratorium Fisiologi Hewan, Laboratorium Taksonomi Hewan dan Herbarium ANDA Universitas Andalas.

Dalam kunjungan ini rombongan SMAN 4 Bukittinggi disambut oleh Sekretaris Jurusan Biologi, Drs. Suwirmen, MS, dan didampingi Wakil Dekan III, Dr. Tesri Maideliza, Kaprodi S3 Prof. Dr. Dahelmi, serta Dosen-dosen Jurusan Biologi FMIPA Universitas Andalas. Di laboratorium siswa mendapatkan pengalaman dan wawasan dari Dosen-dosen dan Asisten Laboratorium yang merupakan mahasiswa Biologi.