SPESIFIKASI PROGRAM DOKTOR BIOLOGI
PROFIL LULUSAN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN
Profil Lulusan
Luaran Program Doktor Biologi dirancang menjadi: Dosen Peneliti
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)
CPL1: Mampu menguasai filsafat keilmuan biologi.
CPL2: Menguasai state of the art (terkini) teori biologi tentang konsep biosistematik
dan evolusi biodiversitas tropis Indonesia.
CPL3: Menguasai state of the art (terkini dan termaju) teori biologi tentang pengem- bangan komunitas dan lingkungannya untuk konservasi biodiversitas tropis Indonesia.
CPL4: Menguasai state of the art (terkini dan termaju) teori biologi tentang pengem- bangan potensi biodiversitas tropis Indonesia untuk memproduksi dan menciptakan produk baru.
CPL5: Mampu menentukan status taksonomi dengan menggunakan berbagai bukti untuk validasi biodivertas tropis Indonesia.
CPL6: Mampu mengelola keragaman ekosistem, spesies dan genetik secara terin- tegrasi untuk tujuan konservasi dan pemanfaatan berkelanjutan.
CPL7: Mampu menggali potensi biodiversitas tropis Indonesia melalui pendekatan bioteknologi untuk mendisain dan menghasil produk baru.
CPL8: Mampu berfikir kreatif, kritis dan analisis, dan pemecahan masalah.
CPL9: Mampu bekerja secara mandiri, menjalin kerjasama lintas bidang ilmu, mengelola penelitian interdisiplin, dan mendiseminasikan hasil penelitian bertaraf internasional.
CPL10: Menginternalisasi nilai kejujuran ilmiah dalam bertindak dan berkarya. CPL11: Memiliki etos kerja keras, displin dan menghargai waktu.
|
Matrik hubungan mata kuliah dengan CPL
SEBARAN MATA KULIAH PER SEMESSTER
Jalur Perkuliahan
Kode MK |
Nama Mata Kuliah* |
Bobot SKS |
Semester I |
11 |
|
BIO 7111 |
Falsafah Biologi |
2 |
BIO 7211 |
Pengembangan Biodiversitas |
3 |
BIO 7212 |
Topik Khusus I |
3 |
BIO 7213 |
Topik Khusus II |
3 |
Semester II |
9 |
|
BIO 7221 |
Penyusunan Proposal |
3 |
BIO 7222 |
Seminar Proposal |
1 |
BIO 7223 |
Penelitian Tahap I |
5 |
Semester III |
6 |
|
BIO 7214 |
Penulisan Artikel Ilmiah Internasional |
2 |
BIO 8231 |
Laporan Penelitian Tahap I |
3 |
BIO 8232 |
Seminar Hasil Penelitian Tahap I |
1 |
Semester IV |
9 |
|
BIO 8241 |
Penelitian Tahap II |
5 |
BIO 8242 |
Laporan Penelitian Tahap II |
3 |
BIO 9251 |
Seminar Hasil Penelitian Tahap II |
1 |
Semester III |
7 |
|
BIO 9261 |
Seminar Hasil |
1 |
BIO 9262 |
Disertasi dan Ujian Tertutup |
6 |
Total SKS |
42 |
|
Jalur Penelitian
DESKRIPSI MATA KULIAH, TOPIK KHUSUS DAN PENELITIAN
Deskripsi Matakuliah
Falsafah Biologi
Mata kuliah Falsafah Biologi mencakup dasar falsafah sains (logika, ontologi, epistomologi, aksiologi, empirisme, kausalitas, teori dan konsep), falsafah ilmu sistematika dan evolusi, falsafah ekologi dan konservasi, dan falsafah pengembangan potensi biodiversitas tropis Indonesia.
Pengembangan Biodiversitas
Mencakup peningkatan integrasi biosistematika, evolusi, evolusi, ekosistem, spesies dan genetika untuk konservasi, dan pengembangan potensi biodiversitas tropis Indonesia.
Penulisan Artikel Ilmiah Internasional
Materi mata kuliah Penulisan Artikel Ilmiah Internasional mencakup: (1) pemilihan jurnal ilmiah internasional yang terindek; (2) pencarian guidline for author; (3) pencarian salah satu artikel; (4) penulisan artikel sesuai petunjuk (penulisan title page, badan artikel, abstrak dan kata kunci, acknowledgement, referensi list, penulisan tabel dan gambar); (5) submitting manuscript; (6) perbaikan manuscript; (7) proof reading; (8) galley proof.
Deskripsi Topik Khusus
Topik Khusus I
Materi Topik Khusus I ditetapkan oleh komisi pembimbing tentang review teori- teori yang berkaitan dengan tema penelitian disertasi yang bersumber dari artikel yang dipublikasi jurnal internasional dalam 10 tahun terakhir.
Topik Khusus II
Materi Topik Khusus II ditetapkan oleh komisi pembimbing tentang kumpulan metode-metode yang berguna untuk pelaksanaan penelitian sesuai dengan tema disertasi yang bersumber dari berbagai sumber referensi.
Deskrips Penelitian disertasi
Penelitian Tahap I
Pengumpulan data melalui penelitian lapangan dan/atau laboratorium secara empiris untuk memecahkan masalah berdasarkan atas teori-teori yang berasal dari sejumlah hipotesis yang telah teruji, dan menjadi landasan untuk tahap penelitian berikutnya serta berkontribusi bagi pengayaan ilmu pengetahuan dalam bidang terkait.
Penelitian Tahap II
Pengumpulan data penelitian lanjutan dari Penelitian Tahap I yang dilaksanakan secara empiris untuk menguji sejumlah hipotesis, dan berkontribusi dalam membangun kebaharuan (novelty) ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang terkait.
Penelitian Tahap III
Pengumpulan data penelitian lanjutan dari Penelitian Tahap II secara empiris untuk menguji atau mengevaluasi temuan kebaharuan (novelty) ilmu penge- tahuan dan teknologi yang bermanfaat untuk pengembangan biodiversitas secara berkelanjutan.
PROSES PEMBELAJARAN
Pelaksanaan proses pembelajaran berlangsung dalam bentuk interaksi antara dosen, mahasiswa, dan sumber belajar dalam lingkungan belajar tertentu. Metode
pembelajaran mencakup Self‐Directed Learning (SDL), Discovery Learning (DL),
dan/atau Project-Based Learning = (PbL).
Self‐Directed Learning (SDL);
Pembelajaran terarah sendiri (self-directed learning = SDL) adalah model pembela-
jaran dimana inisiatif pembelajaran berasal dari mahasiswa dan mereka ber- tanggung jawab untuk menyelesaikan pembelajaran mereka, dengan atau tanpa bantuan orang lain. Dosen melaksanakan rancangan pembelajaran yang telah disusun berdasarkan level self-directed mahasiswa. Untuk program S3 ditetapkan involved learner (learners of intermediate self-direction), yaitu mahasiswa mulai melihat kemampuan dirinya sebagai peserta aktif dari proses pembelajaran, mampu belajar mandiri dengan fasilitator dosen. Untuk menjadi self-directed learner perlu membangun self-concept, meningkatkan percaya diri, sense of direction, dan ke- mampuan bekerja mandiri dan belajar bersama orang lain atau dalam kelompok, serta membangun soft skills.
Discovery Learning (DL)
Pembelajaran penemuan (discovery learning = DL) merupakan suatu metode pem- belajaran yang difokuskan pada pemanfaatan informasi yang tersedia, baik yg diberikan dosen maupun yg dicari sendiri oleh mahasiswa, untuk membangun pengetahuan dengan cara belajar mandiri. Proses pembelajaran yang menggunakan metode DL, materi apa yang akan dipelajari mahasiswa secara detail tidak diberikan oleh dosen, namun ditemukan sendiri oleh mahasiswa. Dosen mendorong mahasiswa agar mempunyai pengalaman dan melakukan eksperimen dengan memungkinkan mereka menemukan prinsip-prinsip atau konsep-konsep bagi diri mereka sendiri. Metode DL dapat mendorong mahasiswa untuk bertanya dan memformulasikan jawaban sementara mereka, serta menyimpulkan prinsip- prinsip umum dari contoh-contoh praktis atau pun pengalaman.
Project-Based Learning = (PbL)
Pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning = PbL) merupakan salah
satu metode pembelajaran sistematis yang mengajak mahasiswa mempelajari pengetahuan dan keterampilan-keterampilan melalui proses penyelidikan yaang
Ujian Kualifikasi
KURIKULUM TIDAK TERSTRUKTUR
terstruktur tentang pertanyaan dan produk serta tugas yang kompleks, otentik dan dirancang secara hati-hati. PbL mengarahkan mahasiswa melalui proyek/penelitian untuk mengembangkan daya pikir, mencari sendiri cara pemecahan masalah- masalah, mengembangkan kemampuan kerjasama, menelusuri literatur, menyampaikan informasi, dan melakukan evaluasi sendiri terhadap temuan- temuannya. Proyek-proyek dikembangkan dari situasi nyata di kehidupan sehari-hari sehingga kurikulum menjadi lebih menarik dan bermakna.
Ujian Prakualifikasi (Prelim) adalah ujian kualifikasi terhadap mahasiswa Program Doktor, dengan tujuan mengevaluasi kesiapannya menjadi kandidat doktor dan melakukan penelitian mandiri untuk sebuah disertasi, dengan bobot 0 (nol) SKS. Mahasiswa program doktor baik jalur perkuliahan maupun jalur penelitian dapat mengajukan ujian kualifikasi apabila memenuhi syarat akademik utama adalah telah mengambil semua beban studi yang diwajibkan pada semester I (satu), dan telah menyelesaikan konsep atau draft rencana penelitian yang disetujui oleh promotor. Penilaian ujian kualifikasi ini berkaitan dengan kesiapan mahasiswa baik secara teori, konsep maupun teknis untuk pelaksanaan penelitian disertasinya, dengan materi pokok ujian sebagai berikut: (a) penguasan konsep dan falsafah sains dibidang keilmuannya; (b) penguasan konsep strategis yang mendukung rancangan penelitian yang diajukan; (c) pemahaman masalah penelitian, pemahaman metodologi, pengetahuan state of the art dari topik penelitian; dan (d) kesiapan kerja mandiri dalam penelitian dan penulisan disertasi. (e) Ujian kualifikasi dilaksanakan secara lisan dihadapan tim penguji.
Publikasi Ilmiah
Hasil penelitian disertasi ditulis menjadi artikel ilmiah dan dipublikasikan minimal pada 1 (satu) artikel ilmiah pada jurnal internasional yang bereputasi untuk jalur perkuliahan, sedangkan untuk jalur penelitian ditambah dengan 2 (dua) artikel ilmiah pada jurnal ilmiah nasional terakreditasi atau jurnal ilmiah internasional yang terindeks.
Ujian terbuka
Sidang ujian terbuka merupakan ujian promosi doktor dihadapan tim penguji dan bersifat terbuka yang dapat dihadiri oleh dosen, mahasiswa dan undangan tertentu. Sidang ujian terbuka memiliki bobot 0 (nol) sks. Setiap mahasiswa program doktor yang telah menempuh ujian terbuka dapat memilih untuk tidak mengikuti sidang ujian terbuka jika telah memiliki 1 (satu) artikel ilmiah yang dipublikasikan pada jurnal ilmiah internasional yang bereputasi dan 1 (satu) tambahan jurnal ilmiah nasional terakreditasi atau jurnal ilmiah internasional yang terindeks (Scopus).
DOSEN
LABORATORIUM DAN PRASARANA PENDUKUNG
Prasarana Utama
|
Laboratorium
Plant Taxonomy Animal Taxonomy Plant Ecology Animal Ecology
Genetics and Cell Biology
Microbiology Plant Physiology Animal Physiology
Plant Structures and Functions Animal Structures and Functions Herbarium Andalas (ANDA) Museum of Zoology
Prasarana untuk Proses Pembelajaran
Reading room and Library
Greenhouse and animal maintenance room
The Biological Educational and Research Forest (HPPB) Arboretum Andalas
Sarana dan Prasarana Pendukung
Mosque, Hospital, Polyclinic, Campus Bus, Sport Facilities, Convention Center, Lan- guage Center, Guest House, etc