Kepala Labor : Dr. Nurainas

Herbarium Universitas Andalas ANDA dikelola di bawah otoritas Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Andalas, diprakarsai oleh Prof. Dr. Meijer (1954-1958), didirikan sejak 20 Desember 1980 oleh Rusdi Tamin sebagai kurator pertama. Herbarium Universitas Andalas ANDA merupakan salah satu laboratorium di Jurusan Biologi, yang merupakan 1 dari 4 Jurusan yang ada pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Andalas yaitu, Jurusan Biologi, Jurusan Kimia, Jurusan Fisika, dan Jurusan Matematika.

Herbarium berfungsi untuk penyimpanan koleksi specimen tumbuhan dan dokumentasi keanekaragaman tumbuhan tingkat tinggi daerah tropika. Herbarium dibuka untuk kepentingan praktikum, penelitian dan jasa. Seluruh mahasiswa jurusan Biologi Unand baik mahasiswa baru, pra penilitian/penelitian mapupun mahasiswa tugas akhir. Selain itu, laboratorium ini bisa juga digunakan oleh dosen atau lembaga lain yang hendak melakukan penelitan dan identifikasi tumbuhan.

Herbarium Universitas Andalas (ANDA) merupakan Herbarium tertua di Sumatera yang menyimpan data dokumentasi flora Sumatera khususnya Sumatera Barat dalam bentuk material spesimen baik kering ataupun basah. Herbarium Universitas Andalas (ANDA) didirikan pada 20 Desember 1980 yang merupakan salah satu laboratorium di Jurusan Biologi FMIPA Universitas Andalas sekaligus Herbarium ke dua terbesar di Indonesia setelah Herbarium Bogoriense di Bogor dan sudah meyimpan sekitar 60.000 sheet spesimen. Herbarium Universitas Andalas telah terdaftar Index Herbariorum of The New York Botanical Garden sejak Oktober 2010 dengan kode herbarium ANDA.

Spesimen yang tersimpan pada Herbarium Universitas Andalas (ANDA) sebagian berasal dari Sumatera Barat, Jambi, dan Riau. Koleksi ini umumnya hasil dari kegiatan-kegiatan mahasiswa baik dalam bentuk penelitian tugas akhir maupun tugas mata kuliah tertentu. Disamping itu beberapa koleksi dari staf pengajar (dosen) ataupun peneliti lain di luar Universitas Andalas yang mengadakan penelitian di Sumatera, beberapa spesimennya telah disimpan di Herbarium Universitas Andalas (ANDA). Koleksi spesimen herbarium yang ada pada saat ini terdiri dari; 70% kelompok tumbuhan dikotil, 15% monokotil, 3% Gymnospermae, 10% paku-pakuan, dan 2% lumut.

SOP & Instruksi Kerja Penggunaan Alat Laboratorium

Kepala Labor : Dr. Henny Herwina

Laboratorium Taksonomi Hewan dibuka untuk kepentingan praktikum, penelitian dan jasa. Seluruh mahasiswa jurusan Biologi Unand baik mahasiswa baru, pra penilitian/penelitian mapupun mahasiswa tugas akhir. Selain itu, laboratorium ini bisa juga digunakan oleh dosen atau lembaga lain yang hendak melakukan penelitan bidang Taksonomi Hewan.

SOP & Instruksi Kerja Penggunaan Alat Laboratorium

Kepala Labor : Dr. Mairawita (ex. Officio)

Laboratorium Riset Struktur Perkembangan Hewan. Laboratorium ini bekerja dibidang struktural, analogi, anatomi dan teratologi (Kelainan) khusus pada hewan. Hewan yang diteliti berada dalam lingkupan aves, reptil, amfibi, dan mamalia kecuali manusia. 

Labor ini dibuka untuk seluruh mahasiswa jurusan Biologi Unand baik mahasiswa baru, pra penilitian/penelitian mapupun mahasiswa tugas akhir. Selain itu, laboratorium ini bisa juga digunakan oleh dosen dan mahasiswa yang ingin membuat preparat. Tidak hanya riset, laboratorium ini juga menghasilkan mahasiswa berprestasi diantaranya beberapa mahasiswa yang telah melanjutkan S2 di Universitas Indonesia, UGM, Gajah Mada dan Universitas Andalas sendiri. Tahun ini, laboratorium ini juga mengirim beberapa mahasiswa untuk exchange ke Jepang.

SOP & Instruksi Kerja Penggunaan Alat Laboratorium

Kepala Labor : Dr. Wilson Novarino

Museum Zoologi berfungsi untuk penyimpanan koleksi dan dokumentasi keanekaragaman hewan daerah tropika. Museum dibuka untuk kepentingan praktikum, penelitian dan jasa. Seluruh mahasiswa jurusan Biologi Unand baik mahasiswa baru, pra penilitian/penelitian mapupun mahasiswa tugas akhir. Selain itu, laboratorium ini bisa juga digunakan oleh dosen atau lembaga lain yang hendak melakukan penelitan dan identifikasi hewan.

SOP & Instruksi Kerja Penggunaan Alat Laboratorium

Kepala Labor : Izmiarti, MS

Laboratorium Ekologi Perairan dibuka untuk kepentingan praktikum, penelitian dan jasa. Seluruh mahasiswa jurusan Biologi Unand baik mahasiswa baru, pra penilitian/penelitian mapupun mahasiswa tugas akhir. Selain itu, laboratorium ini bisa juga digunakan oleh dosen atau lembaga lain yang hendak melakukan penelitan dan identifikasi hewan perairan.

 SOP Instruksi Kerja Penggunaan Alat Laboratorium

Kepala Labor : Prof. Dr. Erizal Mukhtar

Laboratorium Ekologi Tumbuhan dibuka untuk kepentingan praktikum, penelitian dan jasa. Seluruh mahasiswa jurusan Biologi Unand baik mahasiswa baru, pra penilitian/penelitian mapupun mahasiswa tugas akhir. Selain itu, laboratorium ini bisa juga digunakan oleh dosen atau lembaga lain yang hendak melakukan penelitan ekologi.

SOP & Instruksi Kerja Penggunaan Alat Laboratorium

Kepala Labor : Dr. Resti Rahayu

Laboratorium Fisiologi Hewan dibuka untuk kepentingan praktikum, penelitian dan jasa. Seluruh mahasiswa jurusan Biologi Unand baik mahasiswa baru, pra penilitian/penelitian mapupun mahasiswa tugas akhir. Selain itu, laboratorium ini bisa juga digunakan oleh dosen atau lembaga lain yang hendak melakukan penelitan bidang fisiologi hewan.

SOP & Instruksi Kerja Penggunaan Alat Laboratorium

Kepala Labor : Dr. Zozy Aneloi Noli

Laboratorium Fisiologi Tumbuhan dibuka untuk kepentingan praktikum, penelitian dan jasa. Seluruh mahasiswa jurusan Biologi Unand baik mahasiswa baru, pra penilitian/penelitian mapupun mahasiswa tugas akhir. Selain itu, laboratorium ini bisa juga digunakan oleh dosen atau lembaga lain yang hendak melakukan penelitan bidang fisiologi Tumbuhan dan kultur jaringan tumbuhan.

SOP & Instruksi Kerja Penggunaan Alat Laboratorium

Kepala Labor : Dr. Dewi Imelda Roesma, MS

Laboratorium Genetika & Biomolekuler dibuka untuk kepentingan praktikum, penelitian dan jasa. Seluruh mahasiswa jurusan Biologi Unand baik mahasiswa baru, pra penilitian/penelitian mapupun mahasiswa tugas akhir. Selain itu, laboratorium ini bisa juga digunakan oleh dosen atau lembaga lain yang hendak melakukan penelitan bidang Genetika & Biomolekuler.

SOP & Instruksi Kerja Penggunaan Alat Laboratorium

Kepala Labor :Dr. Fuji Astuti Febria

Laboratorium Mikrobiologi dibuka untuk kepentingan praktikum, penelitian dan jasa. Seluruh mahasiswa jurusan Biologi Unand baik mahasiswa baru, pra penilitian/penelitian mapupun mahasiswa tugas akhir. Selain itu, laboratorium ini bisa juga digunakan oleh dosen atau lembaga lain yang hendak melakukan penelitan bidang Mirobiologi.

SOP & Instruksi Kerja Penggunaan Alat Laboratorium

Kepala Labor : Prof. Dr. Syamsuardi

Laboratorium Taksonomi Tumbuhan dibuka untuk kepentingan praktikum, penelitian dan jasa. Seluruh mahasiswa jurusan Biologi Unand baik mahasiswa baru, pra penilitian/penelitian mapupun mahasiswa tugas akhir. Selain itu, laboratorium ini bisa juga digunakan oleh dosen atau lembaga lain yang hendak melakukan penelitan bidang Taksonomi Tumbuhan.

SOP & Instruksi Kerja Penggunaan Alat Laboratorium

Kepala Labor : Dr. Mairawita (ex. Officio)

Laboratorium Struktur & Perkembangan Tumbuhan dibuka untuk kepentingan praktikum, penelitian dan jasa. Seluruh mahasiswa jurusan Biologi Unand baik mahasiswa baru, pra penilitian/penelitian mapupun mahasiswa tugas akhir. Selain itu, laboratorium ini bisa juga digunakan oleh dosen atau lembaga lain yang hendak melakukan penelitan bidang Struktur & Perkembangan Tumbuhan.

SOP & Instruksi Kerja Penggunaan Alat Laboratorium

Kepala Labor : Dr. phil. nat. Nurmiati

Kepala Labor : Dr. phil. nat. Nurmiati

Laboratorium Pendidikan berfungsi untuk menunjang proses perkuliahan mahasiswa Jurusan Biologi. Terbagi atas empat labor yaitu Labor Teaching I, Teaching II, III, dan Teaching IV. Labor ini digunakan untuk praktikum mahasiswa reguler, dilengkapi dengan peralatan penujang seperti mikroskop, autoclave yang memadai untuk kelancaranpraktikum mahasiswa Jurusan Biologi.

Laboratorium Biologi adalah tempat/gedung atau ruangan di Jurusan Biologi yang digunakan untuk pelayanan akademis terutama pelayanan praktikum dan penelitian tugas akhir mahasiswa dan penelitian dosen serta kegiantan lain yang berhubungan dengan peningkatan dan pengembangan Tridarma Perguruan Tinggi. Laboratorium dipimpin oleh seorang Kepala Laboratorium yang di dalamnya terdiri dari beberapa Staf Pengajar/Dosen sebagai anggota laboratorium dan satu orang Analis/Teknisi laboratorium. Terdiri dari 12 Labor Riset yaitu Labor Riset Taksonomi Tumbuhan, Labor Riset Taksonomi Hewan, Labor Riset Struktur & Perkembangan Tumbuhan, Labor Riset Struktur & Perkembangan Hewan, Labor Riset Fisiologi Tumbuhan, Labor Riset Fisiologi Hewan, Labor Riset Mikrobiologi, Labor Riset Genetika & Biologi Molekuler, Labor Riset Ekologi Tumbuhan, Labor Riset Ekologi Hewan, Herbarium, Museum dan 4 Labor Pendidikan.