Kepala Labor : Prof. Dr. Ir. Efrizal

Laboratorium Riset Struktur Perkembangan Hewan. Laboratorium ini bekerja dibidang struktural, analogi, anatomi dan teratologi (Kelainan) khusus pada hewan. Hewan yang diteliti berada dalam lingkupan aves, reptil, amfibi, dan mamalia kecuali manusia. 

Labor ini dibuka untuk seluruh mahasiswa jurusan Biologi Unand baik mahasiswa baru, pra penilitian/penelitian mapupun mahasiswa tugas akhir. Selain itu, laboratorium ini bisa juga digunakan oleh dosen dan mahasiswa yang ingin membuat preparat. Tidak hanya riset, laboratorium ini juga menghasilkan mahasiswa berprestasi diantaranya beberapa mahasiswa yang telah melanjutkan S2 di Universitas Indonesia, UGM, Gajah Mada dan Universitas Andalas sendiri. Tahun ini, laboratorium ini juga mengirim beberapa mahasiswa untuk exchange ke Jepang.

SOP & Instruksi Kerja Penggunaan Alat Laboratorium

 Kepala Lab. : Dr. Jabang Nurdin

Laboratorium Ekologi Perairan dibuka untuk kepentingan praktikum, penelitian dan jasa. Seluruh mahasiswa jurusan Biologi Unand baik mahasiswa baru, pra penilitian/penelitian mapupun mahasiswa tugas akhir. Selain itu, laboratorium ini bisa juga digunakan oleh dosen atau lembaga lain yang hendak melakukan penelitan dan identifikasi hewan perairan.

 SOP Instruksi Kerja Penggunaan Alat Laboratorium

Kepala Lab. : Prof. Dr. Erizal Mukhtar

Laboratorium Ekologi Tumbuhan dibuka untuk kepentingan praktikum, penelitian dan jasa. Seluruh mahasiswa jurusan Biologi Unand baik mahasiswa baru, pra penilitian/penelitian mapupun mahasiswa tugas akhir. Selain itu, laboratorium ini bisa juga digunakan oleh dosen atau lembaga lain yang hendak melakukan penelitan ekologi.

SOP & Instruksi Kerja Penggunaan Alat Laboratorium

Kepala Lab. : Dr. Putra Santoso

Laboratorium Fisiologi Hewan dibuka untuk kepentingan praktikum, penelitian dan jasa. Seluruh mahasiswa jurusan Biologi Unand baik mahasiswa baru, pra penilitian/penelitian mapupun mahasiswa tugas akhir. Selain itu, laboratorium ini bisa juga digunakan oleh dosen atau lembaga lain yang hendak melakukan penelitan bidang fisiologi hewan.

SOP & Instruksi Kerja Penggunaan Alat Laboratorium

Kepala Lab. : Dr. Zozy Aneloi Noli

Laboratorium Fisiologi Tumbuhan dibuka untuk kepentingan praktikum, penelitian dan jasa. Seluruh mahasiswa jurusan Biologi Unand baik mahasiswa baru, pra penilitian/penelitian mapupun mahasiswa tugas akhir. Selain itu, laboratorium ini bisa juga digunakan oleh dosen atau lembaga lain yang hendak melakukan penelitan bidang fisiologi Tumbuhan dan kultur jaringan tumbuhan.

SOP & Instruksi Kerja Penggunaan Alat Laboratorium

Kepala Lab. : Dr. Dewi Imelda Roesma, MS

Laboratorium Genetika & Biomolekuler dibuka untuk kepentingan praktikum, penelitian dan jasa. Seluruh mahasiswa jurusan Biologi Unand baik mahasiswa baru, pra penilitian/penelitian mapupun mahasiswa tugas akhir. Selain itu, laboratorium ini bisa juga digunakan oleh dosen atau lembaga lain yang hendak melakukan penelitan bidang Genetika & Biomolekuler.

SOP & Instruksi Kerja Penggunaan Alat Laboratorium

Kepala Lab. :Dr. Anthoni Agustien

Laboratorium Mikrobiologi dibuka untuk kepentingan praktikum, penelitian dan jasa. Seluruh mahasiswa jurusan Biologi Unand baik mahasiswa baru, pra penilitian/penelitian mapupun mahasiswa tugas akhir. Selain itu, laboratorium ini bisa juga digunakan oleh dosen atau lembaga lain yang hendak melakukan penelitan bidang Mirobiologi.

SOP & Instruksi Kerja Penggunaan Alat Laboratorium

Kepala Lab. : Prof. Dr. Syamsuardi

Laboratorium Taksonomi Tumbuhan dibuka untuk kepentingan praktikum, penelitian dan jasa. Seluruh mahasiswa jurusan Biologi Unand baik mahasiswa baru, pra penilitian/penelitian mapupun mahasiswa tugas akhir. Selain itu, laboratorium ini bisa juga digunakan oleh dosen atau lembaga lain yang hendak melakukan penelitan bidang Taksonomi Tumbuhan.

SOP & Instruksi Kerja Penggunaan Alat Laboratorium

Kepala Lab. : Dr. Tesri Maideliza

Laboratorium Struktur & Perkembangan Tumbuhan dibuka untuk kepentingan praktikum, penelitian dan jasa. Seluruh mahasiswa jurusan Biologi Unand baik mahasiswa baru, pra penilitian/penelitian mapupun mahasiswa tugas akhir. Selain itu, laboratorium ini bisa juga digunakan oleh dosen atau lembaga lain yang hendak melakukan penelitan bidang Struktur & Perkembangan Tumbuhan.

SOP & Instruksi Kerja Penggunaan Alat Laboratorium

Kepala Lab. : Dr. Nurmiati

Laboratorium Pendidikan berfungsi untuk menunjang proses perkuliahan mahasiswa Jurusan Biologi. Terbagi atas empat labor yaitu Labor Pendidikan (Teaching) I, II, dan III. Labor ini digunakan untuk praktikum mahasiswa reguler, dilengkapi dengan peralatan penujang seperti mikroskop, autoclave yang memadai untuk kelancaranpraktikum mahasiswa Jurusan Biologi.

Kepala Lab. : Suwirmen, M.Si.

Laboratorium Pendidikan berfungsi untuk menunjang proses perkuliahan mahasiswa Jurusan Biologi. Terbagi atas empat labor yaitu Labor Pendidikan (Teaching) 4 & Rumah Kaca

Laboratorium Biologi adalah tempat/gedung atau ruangan di Jurusan Biologi yang digunakan untuk pelayanan akademis terutama pelayanan praktikum dan penelitian tugas akhir mahasiswa dan penelitian dosen serta kegiantan lain yang berhubungan dengan peningkatan dan pengembangan Tridarma Perguruan Tinggi. Laboratorium dipimpin oleh seorang Kepala Laboratorium yang di dalamnya terdiri dari beberapa Staf Pengajar/Dosen sebagai anggota laboratorium dan satu orang Analis/Teknisi laboratorium. Terdiri dari 12 Labor Riset yaitu Labor Riset Taksonomi Tumbuhan, Labor Riset Taksonomi Hewan, Labor Riset Struktur & Perkembangan Tumbuhan, Labor Riset Struktur & Perkembangan Hewan, Labor Riset Fisiologi Tumbuhan, Labor Riset Fisiologi Hewan, Labor Riset Mikrobiologi, Labor Riset Genetika & Biologi Molekuler, Labor Riset Ekologi Tumbuhan, Labor Riset Ekologi Hewan, Herbarium, Museum dan 4 Labor Pendidikan.

Pelayanan Laboratorium : segala kegiatan akademis baik pelayanan praktikum dari matakuliah dan penelitian tugas akhir mahasiswa, dan penelitian dosen, mencakup pelayanan jasa laboratorium, jasa  konsultasi dan kerja sama penelitian dengan pihak luar jurusan Biologi yang dilakukan oleh satu atau beberapa anggota laboratorium baik yang di laboratorium atau di lapangan atau keduanya sesuai dengan bidang yang dilingkupi oleh laboratorium tersebut.  Pemeriksaan sampel, identifikasi maupun verifikasi sampel biologi bisa dilakukan pada unit-unit laboratorium sesuai kebutuhan. Beberapa lembaga yang menggunakan jasa laboratorium Biologi seperti dari Fakultas Farmasi UNAND, Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Batusangkar, Taman Nasional Siberut, BKSDA, Conservation Internasional, Siberut Conservation Project dan konsultan lingkungan.

Strategi Pengembangan Laboratorium

Perencanaan jangka pendek

Perbaikan pelayanan praktikum dan penelitian dengan cara :

  • Melengkapi prosedur operasional yang standar baik kelengkapan penuntun praktikum,penggunaan alatdankeamanan pengguna laboratorium serta prosedur operasional–lainnya yang menunjang
  • Memfasilitasi ketersediaan alat dan bahan yang diperlukan untuk praktikum dan penelitian
  • Peningkatan suasana akademik di laboratorium dengan cara melaksanakan seminar dan/atau diskusi proposal dan hasil penelitian

Peningkatan manajemen internal tentang efektivitas dan produktivitas kinerja analis dalam pelayanan praktikum dan penelitian serta tugas lainnya yang terkait dengan kegiatan laboratorium melalui :

  • Pengelolaan langsung terhadap absensi kehadiran harian analis
  • Pemberian pertimbangan terhadap Daftar Penilaian Pekerjaan Pegawai (DP3) kepada ketua jurusan
  • Peningkatan kompetensi bidang melalui pengembangan materi kuliah dan praktikum
  • Pendistribusian pembimbingan mahasiswa sesuai dengan persyarakatan kepangkatan dan jabatan serta bidang keahlian dosen
  • Peningkatan pendapatan tambahan laboratorium melalui pelayanan jasa praktikum, penelitian dan konsultasi bagi pihak yang berkepentingan

 Perencanaan jangka panjang

  • Pengembangan kualitas staf dosen yang diversifikatif untuk memperkuat visi dan misi Program Studi
  • Pengembangan kualitas analis untuk menunjang kelancaran praktikum dan penelitian
  • Peningkatan kualitas dan kuantitas peralatan yang menunjang praktikum dan penelitian

INNDIKATOR KEBERHASILAN

Keberhasilan manajemen suatu laboratorium dapat diukur dari indikator-indikator sebagai berikut :

  • Peningkatan nilai mahasiswa pada praktikum yang diselenggarakan di laboratorium
  • Penurunan masa penyelesaian skripsi mahasiswa
  • Peningkatan jumlah mahasiswa tugas akhir yang dilayani
  • Peningkatan jumlah pihak luar jurusan Biologi yang dilayanani
  • Peningkatan jumlah penelitian dosen
  • Peningkatan jumlah publikasi dosen
  • Peningkatan jumlah penghasilan tambahan laboratorium dari pelayanan jasa
  • Peningkatan jumlah kerja sama dengan instansi lain

Manajemen Laboratorium

Manajemen atau pengelolaan laboratorium mengacu kepada pengembangan jurusan dan dirancang oleh Kepala laboratorium berdasarkan rapat anggota dalam hal sebagai berikut :

  • Merencanakan dan megembangkan keahlian staf dosen dan analis
  • Merencanakan dan megembangkan sistem pelayanan praktikum dan penelitian serta jasa
  • Merencanakan dan megembangkan fasilitas pendukung laboratorium untuk pelayanan praktikum dan penelitian serta jasa

Tugas kepala laboratorium

  • Membantu ketua jurusan  dalam mengkoordinir/melakukan  pelayanan akademis  di labornya (pelayanan Praktikum mata kuliah untuk mahasiswa, pelayan penyelesaian tugas akhir mahasiswa, serta mengetahui/menyetujui penelitian dosen/anggota laboratoriumnya.
  • Membuat perencanaan kebutuhan aktivitas laboratorium bersama angota dan analis  baik untuk Praktikum mata kuliah, Penelitian tugas akhir mahasiswa, membuat perencanaan/melakukan penelitian  bersama anggota  serta membuat perencanaan/melakukan pengabdian pada masyarakat baik untuk jangka pendek maupun untuk jangka panjang agar menjaga kesinambungan (sustainability) kegiatan laborataoriumya.
  • Menginventarisasi peralatan dan bahan/zat yang ada dilaboratorium dan mengusulkan rencana kelengkapannya kepada Ketua Jurusan
  • Mengoptimalkan kinerja analis/teknisi termasuk mengontrol daftar kehadiran harian yang akan dilaporkan per bulan kepada Ketua Jurusan.
  • Membina analis laboratorium dan menerima laporan kerjanya serta memberikan pertimbangan DP3 analis/teknisi yang terkait.
  • Mengetahui dan menyetujui serta melegalisasi setiap orang yang akan bekerja atau beraktivitas di laboratorium berserta hasil kegiatannya.
  • Melayani permintaan masyarakat (stake holder) dengan  lingkup kegiatan labornya  sebagai income generating laboratorium serta melaporkan hasil kegiatan tersebut ke Ketua Jurusan.
  • Mengusulkan, memberikan penilaian  dan memberikan pertimbangan untuk promosi anggota laboratorium dan analis/teknisi labor ke Ketua Jurusan untuk mendapatkan reward (pergi seminar atau pelatihan atau penghargaan lainnya yang relevan dengan akademis).

Tugas Seorang Anggota/Dosen Laboratorium

  • Membantu Kepala Laboratorium dalam melakukan  pelayanan akademis  di laboratoriumnya (pelayanan Praktikum mata kuliah untuk mahasiswa, pelayan penyelesaian tugas akhir mahasiswa,  serta membuat dan melakukan  penelitian dalam lingkup kegiatan laboratoriumnya).
  • Membuat perencanaan kebutuhan aktivitas matakuliahnya untuk praktikum dan tugas akhri mahasiswa yang dibimbingnya  kepada kepala laboratorium.serta membuat perencanaan/melakukan penelitian ilmiah dan membuat perencanaan/melakukan pengabdian pada masyarakat baik untuk jangka pendek maupun untuk jangka panjang agar menjaga kesinambungan (sustainability) kegiatan laboratorium.
  • Melayani permintaan masyarakat (stakeholder) baik jasa maupun kerjasa penelitian dengan lingkup kegiatan labornya untuk membantu meningkatkan income generating laboratorium serta melaporkan hasil kegiatan tersebut ke Kepala laboratorium.
  • Membantu kepala laboratorium dalam mebina dan mengarahkan kerja analis/teknisi yang ada di laboratorium yang bersangkutan.
  • Mengkomunikasikan hasil penelitannya dan melaporkan hasilkan kegiatannya ke Kepala laboratorium.

 Tugas Analis /Teknisi Laboratorium

  • Membantu kepala laboratorium untuk mempersiapkan segala kebutuhan laboratorium.
  • Membantu kepala laboratorium dalam enginventarisasi peralatan dan bahan/zat yang ada dilaboratorium dan rencana kelengkapannya
  • Membantu dosen (anggota labor) atau dosen pengasuh mata kuliah untuk memperssiapkan segala kebutuhan untuk praktikum mata kuliah yang diselenggarakan laboratorium.
  • Memabantu dosen (anggota) labor dalam mempersiapkan kebutuhan tugas akhir (penelitian akhir) anak bimbingnya.
  • Melayani dan mengawasi segala bentuk kegiatan akademis yang telah disetujui kepada /anggota di
  • Melaporkan hasil kegiatannya ke kepala laboratorium setiap akhir semester/tahun.

DAFTAR KEPALA LABORATORIUM DEPARTEMEN BIOLOGI 

No.

KEPALA LABORATORIUM

LABORATORIUM

1

Prof. Dr. Syamsuardi

Riset Taksonomi Tumbuhan

2

Prof. Dr. Dahelmi

Riset Taksonomi Hewan

3

Dr. Zozy Aneloi Noli

Riset Fisiologi Tumbuhan

4

Dr. Putra Santoso

Riset Fisiologi Hewan

5

Dr. Tesri Maideliza

Riset Struktur Perkembangan Tumbuhan

6

Prof. Dr. Efrizal

Riset Struktur Perkembangan Hewan

7

Prof. Dr. Erizal Mukhtar

Riset Ekologi Tumbuhan

8

Dr. Jabang Nurdin

Riset Ekologi Hewan

9

Dr. Anthoni Agustien

Riset Mikrobiologi

10

Dr. Dewi Imelda Roesma

Riset Genetika & Biologi Sel

11

Dr. Nurainas

Herbarium

12

Dr. Henny Herwina

Museum Zoologi

13

Dr. Nurmiati

Laboratorium Pendidikan (Teaching 1, 2, & 3)

14

Suwirmen, M.Si.

Laboratorium Pendidikan (TeachinG 4 & Rumah Kaca

 

 

Kepala Labor : Dr. Nurainas

Herbarium Universitas Andalas ANDA dikelola di bawah otoritas Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Andalas, diprakarsai oleh Prof. Dr. Meijer (1954-1958), didirikan sejak 20 Desember 1980 oleh Rusdi Tamin sebagai kurator pertama. Herbarium Universitas Andalas ANDA merupakan salah satu laboratorium di Jurusan Biologi, yang merupakan 1 dari 4 Jurusan yang ada pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Andalas yaitu, Jurusan Biologi, Jurusan Kimia, Jurusan Fisika, dan Jurusan Matematika.

Herbarium berfungsi untuk penyimpanan koleksi specimen tumbuhan dan dokumentasi keanekaragaman tumbuhan tingkat tinggi daerah tropika. Herbarium dibuka untuk kepentingan praktikum, penelitian dan jasa. Seluruh mahasiswa jurusan Biologi Unand baik mahasiswa baru, pra penilitian/penelitian mapupun mahasiswa tugas akhir. Selain itu, laboratorium ini bisa juga digunakan oleh dosen atau lembaga lain yang hendak melakukan penelitan dan identifikasi tumbuhan.

Herbarium Universitas Andalas (ANDA) merupakan Herbarium tertua di Sumatera yang menyimpan data dokumentasi flora Sumatera khususnya Sumatera Barat dalam bentuk material spesimen baik kering ataupun basah. Herbarium Universitas Andalas (ANDA) didirikan pada 20 Desember 1980 yang merupakan salah satu laboratorium di Jurusan Biologi FMIPA Universitas Andalas sekaligus Herbarium ke dua terbesar di Indonesia setelah Herbarium Bogoriense di Bogor dan sudah meyimpan sekitar 60.000 sheet spesimen. Herbarium Universitas Andalas telah terdaftar Index Herbariorum of The New York Botanical Garden sejak Oktober 2010 dengan kode herbarium ANDA.

Spesimen yang tersimpan pada Herbarium Universitas Andalas (ANDA) sebagian berasal dari Sumatera Barat, Jambi, dan Riau. Koleksi ini umumnya hasil dari kegiatan-kegiatan mahasiswa baik dalam bentuk penelitian tugas akhir maupun tugas mata kuliah tertentu. Disamping itu beberapa koleksi dari staf pengajar (dosen) ataupun peneliti lain di luar Universitas Andalas yang mengadakan penelitian di Sumatera, beberapa spesimennya telah disimpan di Herbarium Universitas Andalas (ANDA). Koleksi spesimen herbarium yang ada pada saat ini terdiri dari; 70% kelompok tumbuhan dikotil, 15% monokotil, 3% Gymnospermae, 10% paku-pakuan, dan 2% lumut.

SOP & Instruksi Kerja Penggunaan Alat Laboratorium

Kepala Labor : Dr. Henny Herwina

Laboratorium Taksonomi Hewan dibuka untuk kepentingan praktikum, penelitian dan jasa. Seluruh mahasiswa jurusan Biologi Unand baik mahasiswa baru, pra penilitian/penelitian mapupun mahasiswa tugas akhir. Selain itu, laboratorium ini bisa juga digunakan oleh dosen atau lembaga lain yang hendak melakukan penelitan bidang Taksonomi Hewan.

SOP & Instruksi Kerja Penggunaan Alat Laboratorium

Kepala Labor : Dr. Wilson Novarino

Museum Zoologi berfungsi untuk penyimpanan koleksi dan dokumentasi keanekaragaman hewan daerah tropika. Museum dibuka untuk kepentingan praktikum, penelitian dan jasa. Seluruh mahasiswa jurusan Biologi Unand baik mahasiswa baru, pra penilitian/penelitian mapupun mahasiswa tugas akhir. Selain itu, laboratorium ini bisa juga digunakan oleh dosen atau lembaga lain yang hendak melakukan penelitan dan identifikasi hewan.

SOP & Instruksi Kerja Penggunaan Alat Laboratorium